Keanekaragaman Flora Indonesia yang Membanggakan

Indonesia, negeri yang membuat saya bangga, tinggal dan besar serta menjadi warga negaranya. Indonesia yang kaya dengan kekayaan alamnya, hasil laut yang melimpah, hasil perkebunan, pertanian, hasil hutan, keberagaman flora dan fauna, perbedaan suku, budaya, bahasa dan adat istiadat. Hal ini menjadi bukti bahwa Indonesia memang negara yang menyimpan banyak kekayaan, perbedaan, keragaman, kerukunan dan toleransi yang tinggi.Teman-teman pun pasti tahu, kalau Indonesia menyimpan keanekaragaman flora dan fauna. Mungkin yang akan saya ceritakan pada artikel ini adalah keanekaragaman flora di Indonesia.


Indahnya alam Indonesia, bisa kita nikmati salah satunya keanekaragaman flora yang dimilikinya. Saya suka memotret tanaman unik yang belum pernah saya lihat sebelumnya. Sebelum pandemi saya suka mencatat tempat-tempat mana saja yang akan saya kunjungi saat liburan. Biasanya tempat yang akan saya kunjungi daerah pegunungan, karena saya suka sekali mengamati berbagai tumbuhan unik atau tanaman liar yang tumbuh di daerah gunung. Daerah Trawas, Prigen dan Tretes di Jawa Timur adalah daerah pegunungan yang sangat dekat dengan tempat tinggal saya. Kurang lebih 2 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan mobil saya bisa menikmati udara pegunungan yang sejuk.

Keberagaman flora di indonesia

Biasanya saya akan membeli beberapa tanaman unik dalam pot yang bisa saya bawa pulang ke rumah. Entahlah, mengapa setiap saya membawa tanaman dari daerah gunung selalu tak bertahan lama alias mati. Faktor cuaca menjadi alasan mengapa tanaman ini tak bertahan lama didaerah saya. Menurut artikel yang saya baca pada website http://ilmuhutan.com/keanekaragaman-tumbuhan-di-indonesia/ menjelaskan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki keanekaragaman tumbuhan (flora) terbesar di dunia dan memiliki sekitar 40.000 jenis tumbuhan. Salah satunya adalah lumut (Bryophyta).

Keberagaman flora di indonesia


Hal ini karena kondisi dasar hutan yang basah dan lembap pada hutan hujan tropis merupakan habitat yang sangat cocok untuk habitat Bryophyta. Indonesia merupakan negara yang beriklim tropis dan memiliki hutan hujan tropis yang sangat luas, sehingga dapat menampung cukup banyak spesies anggota Bryophyta.

Keberagaman flora di indonesia

Selain tumbuhan lumut, ada juga tumbuhan jenis paku-pakuan, dan tumbuhan biji. Tumbuhan biji banyak ditemukan di Indonesia yaitu sekitar 25.000 jenis atau lebih dari 10% dari flora dunia. Bisa nggak teman-teman membayangkan jenis yang beraneka ragam tersebut?

Keberagaman flora di indonesia

Selanjutnya pada artikel https://www.kelaspintar.id/blog/edutech/mengintip-keragaman-flora-di-indonesia-4809/amp/ menjelaskan bahwa keragaman flora di Indonesia dipengaruhi oleh faktor iklim tropis yang terdiri dari suhu, angin, curah hujan, dan kelembapan udara. Disamping itu ada faktor lainnya yang mempengaruhi keragaman flora baik dari sisi tanah maupun biotik. Dimana, tanah merupakan media tumbuh bagi tumbuhan, dengan tingkat kesuburan yang berbeda-beda sehingga tanaman yang akan tumbuh juga berbeda-beda.

Keberagaman flora di indonesia


Flora di Indonesia pastinya membutuhkan habitat yang sesuai, jika tempat hidup mereka dirusak pastinya kelestarian mereka pun akan berpengaruh pada kehidupan yang lainnya.

Keberagaman flora di indonesia

Menjaga lingkungan hidup sudah menjadi kewajiban kita semua. Lingkungan hidup yang bersih, sehat, dirawat dan dilestarikan pastinya akan berpotensi pada semua makhluk. Misalnya seperti menjaga, melestarikan dan melindungi flora Indonesia dapat berkontribusi dalam memelihara keanekaragaman flora yang ada di Indonesia. Keanekaragaman ini tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi kita sebagai negara Indonesia cukup kaya dengan kekayaan flora yang dimiliki. Dengan menjaga, melindung, dan melestarikan hutan akan berdampak pada keberlangsungan hidup makhluk hidup lainnya tidak hanya flora namun juga fauna.

Selain itu kini sudah mulai muncul produk ramah lingkungan yang bertujuan agar lingkungan tetap sehat dan lestari. Banyaknya sampah dan menjadi permasalahan lingkungan, masyarakat kini masih berupaya mengatasinya, karena semakin banyak dan sulit untuk diurai, seperti botol plastik atau kemasan plastik lainnya. Pastinya hal ini akan mengganggu keberlangsungan makhluk hidup lainnya.

Alam Indonesia yang begitu memukau, ayo kita jaga bersama dengan cara menjaga dan tetap melestarikan lingkungan dimanapun kita berada. Pasti dampaknya akan sangat besar dan terasa sekali bagi kita yang selalu menjaga lingkungan.

Keberagaman flora di indonesia


Berwisata tanpa merusak alam, sudah menjadi kewajiban kita semua. Sebelum pandemi datang biasanya saya dan keluarga selalu berlibur ke daerah pegunungan. Kami selalu memilih daerah pegunungan untuk berlibur karena sangat sejuk dan melampiaskan kekaguman saya dengan keragaman tanaman disana. Saya sangat mencintai keindahan alam Indonesia ini, tak bisa saya deskripsikan dengan kata-kata saat melihat deretan tumbuhan yang beranekaragam. Keanekaragaman Indonesia yang membanggakan ini semoga bisa dijaga dan dilestarikan oleh generasi bangsa.

Salam,
Dwi Puspita

1 comment:

  1. Iya adem rasanya ya kalau lihat keindahan alam sekitar kita semoga lingkungan kira selalu terjaga kelestariannya

    ReplyDelete

Yuk berkomentar :)