Mengenal Lebih Dekat Dengan Penjernih Air RO

Penjernih air berjenis Reverse Osmosis atau biasa disebut filter air sumur RO adalah alat penjernih air yang memiliki sistem kerja yang mengaplikasikan membran semipermeable untuk menjernihkan air. Sistem Reverse Osmosis merupakan sistem filter air sumur yang bekerja dengan cara memberikan tekanan pada air yang mempunyai kandungan kontamin yang tinggi ke konsentrasi kontamin rendah, sehingga kontamin dalam air bisa tersaring dan menghasilkan air bersih yang dapat langsung diminum. Berpikir untuk membeli filter air sumur Reverse Osmosis (RO)? Ingin tahu cara kerja RO? Pada artikel ini, kami akan menjelaskan mengenai dasar-dasar yang perlu Anda ketahui tentang filter air sumur RO.


Apa itu Filter Air Sumur Reverse Osmosis?

Filter air sumur reverse osmosis adalah proses yang menghilangkan kontaminan asing, zat padat, molekul besar dan mineral dari air dengan menggunakan tekanan untuk mendorongnya melalui membran khusus. Sistem ini meningkatkan air untuk minum, memasak, dan penggunaan penting lainnya.


Bagaimana Filter Air Sumur Reverse Osmosis (RO) Bekerja?

Sesuai namanya, RO mengambil osmosis, proses alami yang terjadi di setiap organisme berbasis sel—tanaman, hewan, dan bahkan manusia—dan membalikkannya. Untuk memahami reverse osmosis, Anda harus terlebih dahulu mengetahui apa itu osmosis? Selama proses osmosis biasa, larutan melewati membran semipermeabel dan mengalir ke yang lebih pekat. Sekarang, inilah cara kerja filter air sumur reverse osmosis:

  • Tidak seperti osmosis, yang merupakan proses pasif, reverse osmosis membutuhkan kekuatan eksternal (tekanan) untuk bekerja.
  • Tekanan diterapkan pada larutan dengan konsentrasi tinggi, seperti air garam, untuk melewati membran ke larutan berkonsentrasi rendah.
  • Membran memungkinkan air mengalir, tetapi menghalangi molekul yang lebih besar, seperti kontaminan.
  • Proses reverse osmosis meninggalkan konsentrasi zat terlarut yang lebih tinggi di satu sisi dan hanya pelarut, atau air tawar, di sisi lain.


Bagaimana Sistem Penjernih Air Reverse Osmosis (RO) Bekerja?

Reverse osmosis adalah metode yang dapat diterapkan pada penyaring air untuk membantu menghilangkan mineral, zat, molekul, dan kotoran lain dari air yang mengalir di seluruh rumah Anda. Sistem penyaring air RO bervariasi tergantung pada merek dan desain, tetapi secara umum, mereka melakukan fungsi berikut: pra-filtrasi, reverse osmosis, drainase, dan penyimpanan. Berikut langkah-langkah penyaring air melalui sistem air minum reverse osmosis.

Langkah 1: Pra-Filtrasi

Sistem ini terhubung ke saluran air minum dan menggunakan pompa bertekanan tinggi untuk mengalirkan air. Air melewati serangkaian filter, biasanya berbasis karbon, yang dirancang untuk "menangkap" endapan dan endapan mineral sebelum mengalir ke ruang reverse osmosis.

Langkah 2: Reverse Osmosis

Di sini, air didorong melalui membran semipermeabel. Bayangkan membran sebagai sepotong kain yang ditenun rapat—yang terlihat hampir kedap air oleh mata telanjang. Untuk memberi Anda gambaran tentang seberapa ketat membran itu, diameter sehelai rambut manusia kira-kira lebarnya 100 mikron.

Langkah 3 + 4: Drainase & Penyimpanan

Sistem penyaring air reverse osmosis mengalirkan semua kontaminan yang tidak terperangkap dalam filter pada setiap tahap, dan air yang diolah disimpan dalam tangki kecil sampai digunakan.


Penyaring air



Apa Kontaminan Umum yang Dihilangkan Dengan Penyaring Air Reverse Osmosis (RO)?

Sistem penyaring air RO berperforma tinggi dapat mengurangi sejumlah kontaminan umum yang ditemukan di air sumur. Ini dapat mencakup:

  • Garam
  • Partikel
  • Koloid: Molekul berbasis minyak dan lemak
  • Bakteri organik
  • Pirogen: Zat berbasis protein yang diproduksi oleh bakteri yang dapat menyebabkan demam ketika dimasukkan ke dalam tubuh manusia


Apakah Air Hasil Filter Air Sumur Reverse Osmosis Aman Untuk Diminum?

Air hasil filter sumur Reverse Osmosis adalah pilihan yang lebih sehat dan aman untuk Anda, dan kesehatan keluarga Anda. Sistem reverse osmosis membantu mengurangi partikel, bakteri, dan mineral terlarut yang biasa ditemukan di air sumur. Selain itu, ini membantu menghilangkan beberapa kontaminan yang sulit dideteksi yang dapat berbahaya bagi kesehatan Anda, seperti timbal dan arsenik. Minum air hasil filter sumur reverse osmosis dapat membantu meminimalkan risiko kesehatan yang terkait dengan air minum dengan kontaminan yang berpotensi berbahaya, seperti:

  • Tekanan darah tinggi
  • Kesuburan rendah
  • Masalah kulit
  • Peningkatan kreasi karsinogen

Saat Anda meminum air hasil filter air sumur reverse osmosis, Anda akan dapat mencium dan merasakan perbedaannya.


Berapa Lama Umur Sistem Penjernih Air Reverse Osmosis?

Umur panjang sistem penjernih air reverse osmosis Anda akan tergantung pada servis dan pemeliharaan rutin. Pemeliharaan sistem filtrasi air sumur reverse osmosis Anda akan membutuhkan:

  • Mengganti suku cadang yang aus secara rutin, seperti tangki penyimpanan
  • Penggantian filter dan pembuangan
  • Perawatan rutin

Itulah dia sistem penjernih air RO. Bagi Anda yang sedang mencari filter air berkualitas, maka Anda dapat mempercayakannya pada kami. Untuk informasi lebih lengkap bisa klik Disini.

Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a Comment

Yuk berkomentar :)