Loker Medan Jurusan Kesehatan Masyarakat

Medan menjadi salah satu daerah di Indonesia yang mempunyai banyak industri serta perusahaan. Ada banyak jenis perusahaan serta industri yang kini berkembang pesat di Medan. Termasuk salah satunya loker Medan untuk Jurusan Kesehatan Masyarakat.

Jurusan Kesehatan Masyarakat merupakan ilmu yang melakukan pengorganisasian masyarakat untuk mempelajari tentang peningkatan taraf hidup dan kesehatan masyarakat itu sendiri. Jurusan Kesehatan Masyarakat menggabungkan dua ilmu penting di dalam kehidupan, yakni ilmu medis dan ilmu sosial.

Sehingga, dalam prakteknya nanti, lulusan jurusan Kesehatan Masyarakat akan bisa terjun di berbagai loker Medan dengan gaji yang cukup tinggi. Apa saja loker Medan tersebut? Berikut penjelasan singkatnya:

Lowongan kerja di medan



1. Administrator Layanan Kesehatan (Health Administrator)

Administrator layanan kesehatan menjadi salah satu loker Medan yang sangat diminati oleh lulusan dari jurusan kesehatan masyarakat. Namun, untuk menjadi seorang administrator, Anda harus terlebih dahulu menyelesaikan pendidikan minal S1 terlebih dahulu.

Nah, setelah lulus dari S1, Anda sudah bisa mendaftar sebagai administrator dengan dilanjut program pendidikan untuk S2. Pendidikan yang dilanjutkan sangat berguna agar nantinya Anda bisa mendapatkan posisi yang lebih baik di loker Medan administrator layanan kesehatan.

Untuk tugasnya sendiri, seorang administrator layanan kesehatan mempunyai tugas untuk memastikan keefektifan serta kualitas dari layanan yang diberikan tenaga medis kepada masyarakat atau pasien.

Nantinya, seorang administrator layanan kesehatan akan menganalisis kondisi ekonomi lingkungan sekitar fasilitas kesehatan dan merencanakan program kesehatan lapangan.

Biasanya administrator layanan kesehatan bekerja di rumah sakit serta institusi pemerintah di bidang terkait, dengan penghasilan kisaran 3 hingga 5 juta rupiah.


2. Epidemiologi

Loker Medan untuk lulusan jurusan Kesehatan Masyarakat yang berikutnya adalah menjadi seorang ahli epidemiologi. Epidemiologi sendiri adalah salah satu cabang yang ada di bidang kesehatan dan berhubungan dengan insiden, penyebaran, serta pengendalian penyakit yang terjadi di populasi.

Sama seperti administrator layanan kesehatan, untuk terjun sebagai epidemiologi, Anda juga harus melanjutkan pendidikan S2 terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan seorang epidemiologi harus mempunyai keahlian untuk bisa melakukan penyelidikan penyakit menular serta mencari tahu bagaimana cara untuk mencegah dan mengobatinya.

Tidak sampai disitu, epidemiologi juga mempunyai tugas untuk membuat program perencanaan kesehatan dan juga melakukan pengawasan kesuksesan ketika program tersebut dijalankan. Berbicara soal gaji, seorang epidemiologi nantinya bisa mendapatkan penghasilan di kisaran 5 juta ke atas.


3. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Loker Medan sebagai ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) mempunyai peminat yang cukup banyak, apalagi untuk mereka yang paham dan berasal dari jurusan kesehatan masyarakat.

Menjadi seseorang yang berkarir di bidang keselamatan dan kesehatan masyarakat, membuat peluang yang cukup menjanjikan untuk bergabung di perusahaan-perusahaan besar. Pasalnya, perusahaan-perusahaan besar pasti akan menerapkan sistem keselamatan dan kesehatan masyarakat (K3).

Jika Anda ingin berkarir di bidang ini, nantinya Anda akan mempunyai tugas untuk melakukan desain sistem dan prosedur yang tepat. Dengan tujuan agar para pekerja terhindar penyakitnya ataupun kecelakaan dalam melakukan pekerjaan. Selain itu, seseorang yang berkarir di bidang K3 juga berhak untuk menerapkan kebijakan keselamatan serta kesehatan di lingkungan perusahaan.

Seseorang yang bekerja di bidang K3 juga bertugas untuk mengidentifikasi bahaya yang mungkin terjadi, serta melakukan investigasi terhadap insiden yang terjadi di perusahaan. Untuk gajinya, seorang ahli K3 akan mendapatkan penghasilan dengan kisaran 4 hingga 6 juta perbulannya.


Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a Comment

Yuk berkomentar :)