Pentingnya Zat Besi Untuk Ibu Hamil

Suatu hari saya ditanyain teman, gimana rasanya punya dua anak dengan jarak 5 tahun? Pasti bahagia, mau jarak berapa pun itu Insyaallah saya bahagia dengan rezeki yang Allah titipkan pada saya untuk (nantinya) menjadi anak yang sholeh dan sholehah. Alhamdulillah, kami memang tidak merencanakan agar jaraknya terlalu dekat dan juga tak terlalu jauh. Selain usaha dan do'a yang kami panjatkan pada Allah agar selalu diberikan yang terbaik kedepannya nanti. Nggak nyangka juga bisa dapat anak laki-laki dan perempuan, kebahagiaan yang begitu lengkap bagi pasangan suami istri.

ibu hamil perlu zat besi


Masih ingat pengalaman saat hamil anak pertama. Saya selalu rutin mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi tentunya juga yang dibutuhkan oleh janin. Pada waktu itu pula saya masih bekerja jadi harus prima dan nggak boleh capek. Untungnya saya tidak pilih-pilih makanan, pokoknya makanan yang halal, sehat, bergizi apalagi lezat pasti deh akan saya lahap. Alhamdulillah juga saya tidak merasa mual, penyakit saya waktu hamil memang pusing kadang sampai mimisan. Dari kejadia tersebut saya mulai lebih menjaga diri dan selalu mengkonsumsi makanan yang memang sangat dibutuhkan ibu hamil.

Terutama saya selalu mengkonsumsi zat besi karena zat ini sangat penting buat ibu hamil. Pengalaman saya saat hamil dan pernah mengalami pusing, ternyata disebabkan oleh anemia. Segera saya mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi pada waktu itu. Zat besi memiliki nutrisi penting untuk imunitas janin di dalam kandungan. Memenuhi kebutuhan asupan nutrisi ibu hamil sangat disarankan agar tidak terjadi hal-hal yang membahayakan keduanya, baik si ibu maupun janinnya.

Dari kehamilan anak pertama ini saya banyak belajar pentingnya zat besi, sehingga saat kehamilan anak kedua saya akan siap dan jangan sampai kekurangan zat besi ini. Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat zat besi untuk ibu hamil :
  1. Mencegah anemia atau biasa disebut kekurangan darah sehingga menyebabkan pusing dan berkunang-kunang.
  2. Mencegah resiko terjadinya kelelahan pada ibu hamil, ibu hamil harus fit dan harus bahagia agar janin yang dikandungnya sehat.
  3. Memperkuat daya tahan tubuh apalagi di masa sekarang yang mana imunitas tubuh penting sekali.
  4. Mencegah bayi lahir prematur
  5. Mendukung proses tumbuh kembang janin dalam kandungan agar optimal baik berat dan tingginya saat dilahirkan.
  6. Mencegah keguguran pada ibu hamil
  7. Mencegah berat badan lahir rendah pada bayi
Kekurangan zat besi yang parah dapat berisiko kematian pada bayi, baik saat masih dalam kandungan ataupun setelah dilahirkan. Oleh sebab itu ibu hamil harus rajin mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Kini ada suplemen makanan untuk kekurangan zat besi terutama ibu hamil, wanita menstruasi, anak-anak dan lansia. Salah satu suplemen makanan yang mengandung zat besi adalah Tonikum. Tidak hanya untuk wanita hamil, namun Tonikum untuk seluruh anggota keluarga mulai dari anak-anak usia di atas 6 tahun, orang dewasa, dan lansia. Terutama wanita yang sedang menstruasi juga bisa mengkonsumsinya.
tonikum bayer

Tonikum Bayer merupakan multivitamin dengan kandungan zat besi, kalsium, mangan, zinc, vitamin B1, B2, B3, B6, dan B12. Untuk lebih efisien waktu, teman-teman bisa memesan secara online hal ini pun sangat mempermudah bagi mereka yang malas keluar rumah. Tonikum Bayer pastinya banyak sekali manfaatnya untuk seluruh anggota keluarga apalagi masa panemi seperti sekarang ini. Suplemen makanan yang membantu memenuhi kebutuhan multivitamin dan mineral yang dibutuhkan selama kehamilan, menstruasi, pada masa pertumbuhan, usia lanjut, dan juga untuk membantu menjaga kesehatan secara umum.


Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a Comment

Yuk berkomentar :)