Mengkonsumsi Ikan Gabus Saat Hamil Trisemester Ketiga

Assalamualaikum sahabat www.dwipuspita.com, semoga teman-teman dalam keadaan sehat. Kali ini saya mau cerita saat kondisi kehamilan saya sudah memasuki trisemester ketiga. Sebulan dua kali saya selalu rutin periksa kehamilan ke dokter kandungan. Sayangnya kalau periksa ke dokter bikin bete karena antriannya lama banget. Pernah sih saat periksa ke dokter dan pada akhirnya saya pulang karena antriannya banyak dan lama.

cek kehamilan semester tiga


Biasanya kalau antri menunggu giliran periksa saya gunakan untuk main sosmed kadang juga iseng lihat harga dan spesifikasi HP Infinix terbaru.

hp infinix terbaru

Sebenarnya saya mendapatkan rekomendasi langsung dari dokter kandungan pada waktu itu, saat kehamilan saya 32 minggu dan berat si janin masih terbilang kurang. Jadinya, dokter menyuruh saya untuk mengkonsumsi ikan gabus agar perkembangan janin bagus terutama untuk otaknya. Ikan gabus ternyata memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil dan janinnya.

Segera saya memesan dua ekor ikan gabus ukuran sedang ke tukang sayur langganan di komplek perumahan. Dua ekor ikan gabus sedang saya dapatkan dengan harga 55ribu rupiah saja. Cukup terjangkau bagi saya jika dibandingkan saya harus mencari sendiri ke pasar atau memancing di sungai, rawa-rawa atau habitat si ikan gabus.

Bentuk ikan gabus ini sepintas seperti lele, kepalanya agak pipih dengan kulit yang berwarna agak hitam. Ukurannya pun macam-macam, ada yang kecil, sedang, dan besar tergantung usia dari ikan gabus itu sendiri. Jujur, saya gak kolu makan... Pengen nangis deh rasanya.

Ikan gabus milik saya berukuran sedang dan jika dipotong bisa menjadi 3-4 bagian. Saat memotong bagian per bagian harus hati-hati karena tubuh ikan gabus licin, semacam ada lendirnya. Setelah ikan gabus dicuci bersih hingga lendirnya berkurang baru deh siap untuk saya goreng. Saya menggoreng ikan gabus dengan menggunakan bumbu bawang putih dan garam, namun sebelum digoreng saya baluri dengan perasaan air jeruk nipis agar bau anyirnya hilang.

Dagingnya cukup tebal menurut saya dengan duri ikan yang sedikit tapi perlu hati-hati juga saat menyantap ikan ini karena ada duri yang berukuran kecil. 

Manfaat ikan gabus untuk ibu hamil ternyata banyak sekali loh, diantaranya :

1. 100 gram ikan gabus mengandung protein 25,2 gram, zat besi 0,9 gram, kalsium 62 mg, fosfor 76 mg, vitamin A 150 mg, dan vitamin B 0,05 mg.

2. Mengadung protein sebagai sumber energi, membantu metabolisme tubuh, dan pembentukan sel dan jaringan tubuh janin.

3. Kandungan albumin yang tinggi dapat mengurangi resiko pembengkakan dan pre-eklampsia.

4. Kaya akan asam lemak omega-3 tak jenuh ganda rantai panjang (PUFA), yang penting untuk perkembangan otak janin.


Nah, setelah membaca manfaat ikan gabus untuk ibu hamil di atas pasti ibu-ibu yang sedang hamil ingin segera mencobanya juga bukan?

Olahan ikan gabus banyak sekali macamnya loh, selain di goreng bisa juga dibuat kuah asam manis yang rasanya sedep gurih. Atau bisa juga diolah menjadi kuah santan kuning yang menggoda sekali untuk disantap selagi hangat dan pastinya bakalan nambah nasi terus nih jadinya. Kalau saya mending langsung beli jadi saja, soalnya saya pribadi selain gak pintar memasak pun gak kolu kalau melihat bentuk ikan gabus secara langsung.


Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a Comment

Yuk berkomentar :)