Tips Menghindari Mabuk Saat Perjalanan Darat

Apakah kamu salah satu orang yang sering melakukan perjalanan darat dan punya kondisi mabuk perjalanan? Mabuk perjalanan bisa terjadi karena berbagai alasan, namun bukan berarti hal ini tidak bisa dihindari dengan berbagai strategi tepat. Salah satunya dengan memilih bus paling nyaman untuk tiap rute perjalanan.

Misalnya kamu ingin berangkat dari Jakarta ke Surabaya maka wajib membeli tiket bus promo Jakarta Surabaya, yang tidak hanya hemat tapi juga nyaman dinaiki. Untuk tiket bus ini sendiri bisa kamu beli secara online, di situs booking transportasi terbaik Traveloka Lifestyle SuperApp.

Tips mengatasi mabuk darat


Tips Hindari Mabuk Perjalanan

Untuk yang sering mabuk perjalanan terutama ketika naik mobil atau bus, berikut ini beberapa strategi yang bisa kamu coba.

1. Jangan Makan Berat

Strategi pertama yang wajib kamu lakukan yaitu dengan menghindari makan makanan berat sebelum perjalanan. Apalagi bagi kamu yang ingin melakukan perjalanan tidak terlalu jauh, maka sebaiknya jangan terlalu banyak makan makanan. Jika takut lapar selama perjalanan, kamu bisa mengkonsumsi makanan ringan saja atau memilih makanan berat dengan porsi yang kecil.

Di dalam mobil tentu kamu akan merasa sedikit terguncang, lalu dengan kondisi perut yang penuh hal ini bisa meningkatkan risiko mabuk perjalanan. Peningkatan risiko ini juga bisa terjadi ketika kamu melakukan perjalanan yang tidak terlalu jauh. Jadi jika tidak terlalu lapar maka sebaiknya tunda makan hingga sampai di tujuan agar menghindari kondisi mabuk.


2. Cari Posisi Tempat Duduk Paling Nyaman

Saat melakukan perjalanan jauh maka kamu harus mencari posisi tempat duduk yang nyaman. Kamu wajib memilih posisi duduk yang searah dengan pergerakan kendaraan. Karena ketika memilih model jok mobil yang berlawanan arah, maka bisa memicu mual dan mabuk.

Posisi kamu yang berlawanan dengan arah kendaraan, akan membuat efek seolah-olah tubuh tertarik ke arah berlawanan. Posisi nyaman ini juga berlaku ketika kamu memilih untuk menggunakan transportasi berbeda, seperti misalnya kereta atau pesawat. Untuk tempat duduk yang paling nyaman di bus kamu bisa memilih bagian depan atau dekat jendela.


3. Jangan Bermain Gadget

Bermain gadget saat perjalanan menggunakan mobil, bisa menjadi salah satu cara ampuh untuk mengusir kebosanan. Apalagi jika kamu sedang menempuh jarak jauh. Tapi perlu diketahui bahwa menggunakan gadget saat naik mobil bisa menimbulkan rasa pusing dan juga mual. Jika kamu tetap memaksakan untuk menggunakan gadget terus-menerus selama perjalanan bisa memicu timbulnya mabuk perjalanan.

Tips mengatasi mabuk darat naik mobil


Mengapa bisa begitu? Ternyata saat menggunakan gadget bisa menyebabkan ketidakselarasan antara mata dan telinga. Tidak hanya penggunaan gadget saja, sebaiknya hindari juga membaca buku saat naik bus atau mobil pribadi. Kamu bisa melakukan aktivitas lain yang tak kalah menyenangkan seperti misalnya mendengarkan musik.


4. Tidur Yang Cukup

Saat ingin melakukan perjalanan jauh maka kamu bisa mencoba untuk tidur lebih lama atau minimal tidur cukup. Tidur yang cukup sebelum melakukan perjalanan, akan membuat badan kamu terasa segar. Jika badan terasa segar maka kamu akan terhindar dari mamanya rasa mual dan memicu kondisi mabuk.

Beberapa orang memang menyepelekan waktu tidur yang cukup, malah merasa bahwa ketika di perjalanan adalah waktu yang tepat untuk tidur. Padahal bagi yang sering mengalami kondisi mabuk, tidur cukup sangat penting untuk menghindari mabuk perjalanan.


5. Mengonsumsi Obat Anti Mual

Jika berapa cara di atas belum bisa membuat kondisi mabuk kamu hilang ketika perjalanan darat maka pilih alternatif lain yaitu dengan minum obat anti mual. Ada banyak merk obat anti mual atau anti mabuk perjalanan yang bisa kamu konsumsi. Tapi sebelum mengkonsumsinya, sebaiknya jangan beli sembarangan. Meski membeli obat anti mual di apotek, kamu tetap harus menanyakan fungsi obat hingga efek sampingnya.

Biasanya obat anti mabuk perjalanan akan membuat kamu terlelap selama di perjalanan. Saat terlelap di perjalanan maka kamu tidak akan merasakan mual ataupun pusing. Namun, tentu saja cara ini membuat kamu tidak bisa menikmati bepergian dengan senyaman mungkin.


Itu tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari mabuk perjalanan baik untuk perjalanan dekat maupun perjalanan jauh. Untuk kamu yang memang sudah mencoba menerapkan beberapa cara diatas namun belum berhasil, bisa juga konsultasi dengan dokter. Dokter tentu akan membantu kamu untuk mengetahui apa saja penyebab rasa mual selama perjalanan. Mungkin saja kamu akan diberi resep anti mual.

Melakukan perjalanan naik bus, jangan lupa beli tiketnya secara online hanya di Traveloka. Traveloka akan membantu kamu untuk membeli tiket bus, kereta api, rental mobil, hingga pesawat lebih mudah dan juga terpercaya. Jangan lupa untuk menikmati berbagai promo yang disediakan oleh Traveloka untuk menghemat biaya transportasi selama perjalanan.

Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a Comment

Yuk berkomentar :)