Penyebab Asam Urat yang Wajib Diketahui

Penyakit asam urat yang menyebabkan nyeri dan pembengkakan pada sendi disebabkan karena banyaknya asam urat didalam tubuh, sehingga ginjal tidak mampu membuang seluruh asam urat pada tubuh. Akhirnya menyebabkan kegagalan fungsi ginjal, kemudian asam urat mengkristal dan menyebabkan rasa nyeri, serta radang pada sendi, dan adanya ruam serta pembengkakan.

Banyak hal yang menjadi penyebab asam urat. Apabila kamu merasakan gejala seperti tiba-tiba merasakan nyeri pada sendi yang tidak tertahankan kamu harus segera memeriksakan kondisi kamu tersebut.

Untuk kamu yang tidak memiliki banyak waktu kamu bisa mendownload aplikasi dan konsultasi dengan dokter di sini, untuk dapat mengkonsultasikan gejala-gejala asam urat yang kamu rasakan dan kamu dapat mengetahui penyebab asam urat yang kamu derita.

Penyakit asam urat tidak bisa disepelekan. Kamu wajib mengetahui hal-hal apa saja yang menyebabkan asam urat terjadi, silahkan simak pembahasannya dibawah ini!

Penyebab asam urat



Penyebab Umum Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat dapat terjadi pada siapa saja. Berikut adalah penyebab umum terjadinya penyakit asam urat, yaitu:

  • Berusia 30-50 tahun, terutama pria
  • Wanita yang memasuki waktu menopause
  • Adanya keluarga yang memiliki riwayat asam urat
  • Tingginya konsumsi makanan yang memiliki banyak zat purin, seperti jeroan, makanan laut, daging merah, dan lainnya.
  • Sering mengkonsumsi minuman tinggi gula dan beralkohol
  • Mengonsumsi obat-obatan
  • Obesitas
  • Pernah mengalami cedera
  • Baru saja menjalani operasi
  • Adanya kondisi medis tertentu seperti diabetes, penyakit jantung, penyakit ginjal, leukemia, anemia, hipertensi, sleep apnea, penyakit tiroid, dan kolesterol tinggi.

Penyebab Asam Urat Eksternal

Agar kamu semakin memahami tentang penyebab dari penyakit asam urat maka akan dibagi menjadi dua penyebab yaitu penyebab eksternal dan penyebab internal.

Penyebab eksternal yang menyebabkan penyakit asam urat yaitu pola makan yang kurang sehat sehingga menyebabkan sintesis purin berlebih pada tubuh.

Contoh pola makan yang kurang sehat adalah mengonsumsi makanan yang memiliki tinggi purin, karena makanan tinggi purin merupakan salah satu penyebab utama mengapa asam urat menjadi berlebih.

Penyebab asam urat eksternal lainnya yaitu mengalami stress, mengkonsumsi obat diuretic, terpapar pestisida, dan mengkonsumsi alcohol.

Penyebab Asam Urat Internal

Penyebab asam urat internal yaitu disebabkan karena kondisi tubuh yang tidak ideal. Gejala umum yang dirasakan biasanya proses gangguan ketika pengeluaran asam urat dari tubuh.

Bisanya asam urat akan dikeluarkan melalui saluran pencernaan dan ginjal, yang sebagiannya akan dikeluarkan tubuh bersama urin, dan sebagian lainnya akan dikeluarkan bersama tinja.

Penyebab asam urat internal lainnya disebabkan karena tubuh memiliki penyakit seperti diabetes mellitus, gagal ginjal, leukemia, hipertensi, hipertiroid, dan obesitas.

Makanan-makanan Penyebab Asam Urat

Setelah kamu mengetahui penyebab umum, faktor eksternal, dan factor internal. Kini, kamu mengetahui salah satu penyebab asam urat berlebih yaitu karena mengonsumsi makanan tinggi purin.

Lantas apa sajakah makanan yang mengandung tinggi purin? Silahkan simak pembahasan dibawah ini!

1. Jeroan

Makanan penyebab asam urat tinggi yaitu jeroan. Tidak dipungkiri jeroan memiliki rasa yang nikmat, gurih, serta tekstur khas yang akan membuat siapa saja langsung jatuh cinta.

Jeroan yang biasa dikonsumsi seperti hati, otak, usus, jantung, paru, dan ginjal. Jeroan-jeroan tersebut merupakan makanan yang menyebabkan asam urat tinggi.

Oleh karenanya untuk menghindari asam urat tinggi jeroan harus bisa dihindari atau mulai dikurangi. Makanan penyebab asam urat satu ini juga akan membuat peradangan asam urat semakin parah, dan akan memicu asam urat kambuh.

2. Udang

Udang merupakan salah satu penyebab asam urat tinggi karena dalam setiap 100 gram mengandung 9-10 mg purin. Oleh karenanya untuk kamu yang memiliki riwayat asam urat wajib untuk menghindari makanan penyebab asam urat tinggi ini.

Parahnya penderita asam urat dapat mengalami komplikasi jantung serta stroke apabila mengonsumsi satu porsi udang yang didalamnya mengandung 200 mg kolesterol.

3. Daging Merah

Daging merah seperti daging kambing, daging sapi, daging kerbau, daging domba, dan daging kuda merupakan makanan penyebab asam urat tinggi karena memiliki kandungan purin yang tinggi.

Apabila terus mengkonsumsi daging merah, purin yang masuk ke tubuh akan membuat asam urat terus bertambah yang akhirnya menyebabkan asam urat menumpuk dan tidak dapat diproses oleh ginjal. Asam urat akan terus tertimbun dan kemudian menyebabkan perdagangan yang membuat penyakit asam urat semakin parah.

4. Daging Ayam

Daging ayam juga merupakan salah satu makanan penyebab asam urat. Karena dari bagian dada hingga kulit ayam di dalamnya memiliki kandungan purin.

Sebenarnya daging ayam masih bisa dikonsumsi dalam porsi yang sewajarnya, karena daging ayam mengaung 100 gram zat purin. Oleh karenanya jangan dikonsumsi secara berlebihan.

5. Nanas

Ternyata ada beberapa buah juga yang menyebabkan asam urat salah satunya adalah nanas. Nanas memiliki gizi yang tinggi dan sangat menyegarkan serta memiliki rasa yang manis.

Sayangnya, buah ini wajib dihindari oleh penderita asam urat karena merupakan salah satu penyebab asam urat.

Pada buah nanas terdapat senyawa yang menyebabkan pembentukan alkohol, yaitu ketika proses pencernaan. Nanas yang dimakanan akan berfermentasi dalam saluran penceranan dan berubah menjadi alkohol.

6. Durian

Selain Nanas, Durian juga wajib dihindari oleh para penderita asam urat. Durian dikenal sebagai rajanya buah karena memiliki rasa yang khas dan sangat lezat.

Sayangnya, kelezatan buah Durian ini didalamnya terdapat kandungan purin yang tinggi, yang menyebabkan asam urat berjumlah tinggi pada tubuh.

Bukan hanya purin, di dalam durian juga terdapat kandungan kolesterol yang tinggi. Apabila Durian yang merupakan makanan penyebab asam urat dikonsumsi oleh para penderita asam urat maka akan memicu terjadinya komplikasi seperti penyakit jantung, stroke, hipertensi, dan radang.

Demikianlah informasi penyebab asam urat yang wajib kamu ketahui agar dapat menghindari penyebab-penyebab tersebut dengan menjaga pola hidup yang sehat, dan menghindari makanan tinggi purin.

Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a Comment

Yuk berkomentar :)