Wisata Sejarah di Jakarta Pusat

Sebenarnya tinggal di Surabaya membuat saya belajar bagaimana kerasnya hidup di kota besar, apalagi yang hidup di Jakarta pasti sudah menjadi makanan sehari-hari menikmati kerasnya untuk tetap bertahan hidup. Jujur, saya baru dua kali menginjakkan kaki ke Jakarta, ibu kota yang memang benar-benar mengajarkan manusia untuk tetap bertahan hidup bagaimana pun caranya. Melihat kota Jakarta yang padat dengan pemukiman dan juga banyaknya perantau dari berbagai daerah merupakan hal yang sangat wajar karena Jakarta merupakan kota yang selalu hidup baik siang dan malam. Segala aktivitas tak pernah berhenti sehingga kota ini akan tetap memberikan nyawa pada setiap manusia yang mencari rezeki.

Terlepas dari itu, Jakarta menyimpan banyak hal terutama wisatanya. Salah satu tempat wisata sejarah Jakarta Pusat akan memberikan warna bagi kalian yang melancong ke daerah ini. Banyak sekali sejarah Jakarta yang perlu teman-teman ketahui agar lebih mencintai negara tercinta ini.

Wisata sejarah jakarta pusat



Dikutip dari blog cove.id wisata sejarah yang ada di Jakarta Pusat antara lain :

1. Galeri Nasional Indonesia

Jika teman-teman ingin berwisata sejarah sambil berburu spot foto Instagramable, maka berkunjunglah ke Galeri Nasional Indonesia yang merupakan bangunan milik pemerintah yang memajang berbagai macam karya seni rupa, mulai dari lukisan, pahatan, seni instalasi dan patung bisa teman-teman temukan di sini. Sambil berkeliling di sekitar bangunan galeri, teman-teman dapat menikmati karya seniman lokal hingga mancanegara.

Galeri Nasional Indonesia beralamat di Jl. Medan Merdeka Timur No. 14, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat. Teman-teman bisa berkunjung ke tempat ini setiap Senin - Minggu pukul 09.00 - 15.25 WIB. Jangan khawatir karena harga tiket masuk ke tempat ini gratis.

2. Museum Nasional Indonesia

Museum Nasional Indonesia disebut juga Museum Gajah Indonesia, karena di halaman depannya terdapat patung gajah dari perunggu sebagai hadiah dari Raja Thailand Chulalongkorn pada tahun 1871.

Teman-teman dapat melihat sekitar 140 koleksi benda bersejarah setiap hari di Museum terbesar di Asia Tenggara ini. Di antara banyak koleksi benda bersejarah ini, teman-teman dapat melihat secara langsung benda-benda kuno seperti arca, artefak, benda-benda cagar budaya hingga benda-benda di zaman purbakala.

Museum Nasional Indonesia beralamat di Jl. Medan Merdeka Barat No. 12, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat. Teman-teman bisa datang berkunjung setiap Selasa - Minggu, pukul 09.00 - 15.00 WIB. Harga tiket masuknya Rp 5.000 (dewasa), Rp 2.000 (anak-anak), Rp. 10.000 (turis luar negeri).

3. Monumen Nasional

Siapa sih yang nggak kenal dengan Monas, salah satu icon ibu kota Jakarta ini pastinya sudah banyak yang mengenalnya. Memang benar, jika berkunjung ke Jakarta rasanya kurang lengkap kalau tidak mampir ke Monas. Monumen bersejarah ini dibangun pada tahun 1961 dan memiliki tinggi 132 meter, dengan Ir. Soekarno sebagai pelopornya.

Letak Monas juga berseberangan dengan Istana Negara, sehingga lokasinya sangat mudah untuk dijangkau. Monas sendiri terbagi menjadi beberapa area, diantaranya adalah halaman depan, area di dalam monumen, serta puncak monumen. Saya rasa sore hari ke Monas sangat mengasikkan karena cuaca tidak terlalu panas.

Monumen Nasional beralamat di Jl. Medan Merdeka Barat No. 12, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat. Jam operasional untuk mengunjungi tempat ini hari Senin - Minggu, pukul 08.00 - 22.00 WIB. Harga tiket masuk: Museum - Cawan Monas: Rp 5.000 (dewasa), Rp 3.000 (mahasiswa), Rp 2.000 (pelajar/anak-anak). Harga tiket ke Puncak Monas: Rp 15.000 (dewasa), Rp 8.000 (mahasiswa), Rp 4.000 (pelajar/anak-anak).


4. Museum Taman Prasasti

Tempat wisata sejarah di Jakarta Pusat yang satu ini tidak boleh teman-teman lewatkan. Bangunan ini sendiri didirikan di bekas pemakaman kuno yang telah beroperasi sejak 1795. Maka dari itu, bangunannya yang vintage dan sangat khas Belanda ini memiliki koleksi yang cocok untuk dijadikan latar belakang foto.

Koleksi yang dapat teman-teman temukan di museum ini beragam, mulai dari nisan, miniatur makam, prasasti, hingga kereta jenazah yang menjadi karya seni kuno.

Museum Taman Prasasti beralamat di Jl. Tanah Abang I No. 1, Petojo Selatan, Gambir, Kota Jakarta Pusat. Jam operasional untuk berkunjung ke Museum Taman Prasasti hari Selasa - Minggu, pukul 09.00 - 15.00 WIB. Harga tiket masuk sangat terjangkau, Rp 5.000 (dewasa), Rp 3.000 (mahasiswa), dan Rp 2.000 (pelajar/anak-anak).

Masih banyak lagi wisata sejarah Jakarta Pusat yang bisa teman-teman kunjungi jika liburan ke Jakarta. Banyak sekali yang bisa kita nikmati di ibu kota, mulai dari sibuknya aktivitas para pekerja, kota yang selalu hidup baik siang atau malam dan pastinya Jakarta akan memberikan banyak kenangan untuk kalian.

Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a Comment

Yuk berkomentar :)