Begini Cara Menjaga Kondisi Rantai Motor Agar Selalu Prima

Tentu saja merawat dan juga menjaga kebersihan sepeda motor Suzuki menjadi salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap pemilik kendaraan bermotor. Hal ini bertujuan agar kondisi dari sepeda motor tetap awet dan prima.

Nah salah satu bagian dari sepeda motor yang harus mendapatkan perhatian khusus adalah rantai motor, walaupun sekarang ini kebanyakan pengguna sepeda motor adalah motor matic.

Nah bagian dari motor ini memang mempunyai peran yang sangat penting. Jika rantai motor tidak diperhatikan, tentu saja dapat kendur dan juga mudah rusak karena berbagai macam hal.

Jika anda tetap membiarkan rantai motor, maka kerusakan rantai ini bisa merembet kemana-mana, bahkan bisa menimbulkan kerusakan pada keseluruhan motor.

Hal ini tentu saja bisa merugikan anda. Karena memang perjalanan dan juga kegiatan anda bisa berjalan dengan lancar, pastikan agar anda selalu merawat dan juga memeriksa rantai motor.

Untuk itu, pastikan anda membaca postingan ini sampai selesai agar tahu bagaimana sih tips menjaga kondisi rantai motor agar tetap awet.

Bagaimanakah Cara Menjaga Kondisi Rantai Motor?

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa rantai motor berguna untuk menjadi penggerak dari roda belakang ke roda depan.

Jika anda tidak memperhatikan kondisi dari rantai motor tentu saja bisa berdampak terhadap keselamatan anda dalam berkendara di jalan raya tersebut.

Nah untuk itu, agar bisa membantu anda dalam menjaga kondisi sepeda motor. Berikut dibawah ini sudah saya tuliskan informasi mengenai bagaimana sih cara merawat dan juga menjaga kondisi rantai motor agar selalu prima.

1. Periksa Kekencangan Rantai

Pertama, anda harus memeriksa kekencangan rantai dari sepeda motor anda. Dimana kondisi dari rantai sepeda motor tidak boleh terlalu kencang dan tidak boleh terlalu longgar. Dimana kekencangan rantai paling tidak harus berada di rentang 25-35 mm.

Hal ini karena memang rantai yang terlalu kencang bisa membebani mesin dan juga komponen lainnya. Sedangkan rantai yang terlalu longgar dapat menjadikan kondisi rantai menjadi mudah terlepas dan juga merusak komponen lainnya.

2. Menyetel Rantai Dan Memberikan Pelumas

Selanjutnya, anda juga harus menjaga kondisi kekencangan rantai agar bisa sesuai dengan batas yang sebelumnya sudah ditentukan.

Rantai juga harus diberikan pelumas agar dapat bergerak dengan lancar tanpa terganggu dengan keberadaan dari kotoran dan juga debu.

Dimana kotoran yang menempel di lantai akan membuat rantai bisa membuat rantai menjadi berkarat dan gerakannya menjadi terhambat dan gear dari rantai menjadi cepat aus.

Saya sarankan agar anda tidak melumasi lantai dengan menggunakan oli bekas, karena justru akan menjadikan rantai menjadi cepat berkarat, kaku, dan renggang sehingga gear menjadi cepat aus.

3. Memeriksa Kondisi Rantai Secara Rutin

Selanjutnya, dalam perawatan rantai motor anda juga harus bisa memeriksa kondisi rantai secara rutin. Dimana paling tidak anda harus selalu memeriksa kondisi rantai setiap 500 hingga 1000 km, atau paling tidak setiap anda sehabis mencuci motor.

Perawatan dan juga pergantian di bengkel resmi Suzuki tentu saja juga dibutuhkan untuk bisa memperbaiki dan juga merawat kondisi dari rantai motor.

4. Selalu Menggunakan Produk Asli Atau Sparepart

Terakhir, cara merawat rantai motor Suzuki yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan produk asli atau sparepart asli. Banyak yang bilang bahwa menggunakan produk asli sama dengan membuang-buang uang.

Padahal dengan menggunakan produk asli menjadi salah satu hal yang paling penting untuk anda perhatikan.

Dimana produk asli dari Suzuki tentu saja mempunyai spesifikasi yang mumpuni dan juga sudah disesuaikan dengan spesifikasi dari sepeda motor Suzuki yang anda gunakan.

Dengan begitu, merawat sepeda motor dengan menggunakan produk asli sama saja dengan melakukan perawatan rutin terhadap sepeda motor anda.

Jadi pastikan agar anda menggunakan rantai asli dan juga cairan rantai yang asli agar bisa merawat dan juga menjaga kualitas rantai sepeda motor yang anda miliki tersebut.

Cara merawat rantai motor


Walaupun anda harus merogoh kocek lebih dalam, namun tidak ada salahnya untuk menjaga sepeda motor Suzuki anda agar terhindar dari resiko yang berbahaya di jalan raya.

Nah itulah bagaimana cara menjaga kondisi rantai motor agar selalu prima, anda juga bisa merawat rantai motor yang anda miliki bersama cabang dealer resmi Suzuki di bawah ini :

Suzuki EPM Sumbar :

Suzuki Jambi :

Suzuki Bengkulu :


Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a Comment

Yuk berkomentar :)