Cerita 10 Hari Pertama Ramadahan 1444 H

Assalamualaikum...

10 Hari Pertama Ramadahan 1444 H tahun ini benar-benar hari yang sedih bagi saya. Anak-anak gantian pada sakit semua, apalagi A2 yang sakitnya lumayan lama. Sedih banget hati saya, ngerjain apapun rasanya nggak fokus karena mikirin A2. Ibadahpun kurang maksimal, memilih tidak sholat tarawih karena jagain A2 dan A3. Alhamdulillah A1 rajin banget cari takjil dan sholat Maghrib berjamaah di Masjid. Pulang sebentar ke rumah kemudian kumandang adzan Isya' A1 langsung berangkat untuk menunaikan sholat Isya' dan lanjut Taraweh. Walaupun puasanya setengah hari, Mama bangga sama kamu Nak. Terus belajar dan semangat ya...

Cerita bulan ramadan


A1 memang puasa setengah hari dan kami tidak memaksa untuk puasa sampai Maghrib. Tidak baik memaksa anak, anak sedang belajar untuk memahami puasa. Tugas orangtua selain mengajari, menasehati pun memberi contoh yang baik. Semoga tahun depan A1 sudah bisa puasa sampai Maghrib ya Nak.

Cerita ramadan


Lain cerita dengan si suami yang kadang harus merelakan tidak berjamaah sholat Isya' dan Taraweh karena jagain anak-anak. Sebelumnya, beberapa hari pertama masih rajin sholat berjamaah ke masjid bareng A2, nah karena A2 sakit ya sudah jadinya bolong-bolong ke masjid. Suami jagain A2 yang sakit dan saya jagain A3 yang lagi aktif-aktifnya. Jujurly kadang saya nggak mampu karena capek, mereka terlalu aktif, saat nangis bareng kadang bikin saya arghhh, pokoknya saya nggak bisa ngemong mereka berdua kalau moodnya lagi jelek semua termasuk mood saya. Sekuat-kuatnya seorang ibu ada rasa capek yang kadang nggak bisa diungkapkan loh.

Cerita bulan ramadan


Selama bulan puasa keluarga kami belum ada acara keluar, baik buka bersama di luar, jalan-jalan, ngabuburit ataupun cari hiburan. Kami dirumah sepanjang hari karena A2 sakit. Sedih banget loh, asli saya sampai males buat ngapa-ngapain kalau anak sakit terlebih A2 karena anak ini bener-bener butuh perhatian.

Puasa tahun ini sudah berlima saja, rumah terasa ramai dan pastinya ada saja kegiatan anak-anak yang menguras emosi di bulan Ramadan. Mau nggak mau ya harus sabar walaupun sabar ada batasnya.

Berbeda dari Ramadan tahun lalu yang masih berempat, menjalani puasa dengan kondisi hamil besar (trisemester ketiga), aktif jualan online dan sembarang kalir saya jual yang intinya bisa menghasilkan uang. Ramadan tahun ini malah istirahat jualan online karena fokus jagain anak-anak. Saya nggak bisa mengatur waktu dengan baik, pasti deh kalau saya paksa bakalan ada yang terbengkalai dan itu nggak baik.

Capek... iya. Tapi harus saya nikmati karena anak-anak butuh saya dan waktu saya dengan mereka hanya sebentar. Jika mereka sudah memiliki dunia sendiri pasti sudah tidak akan mencari saya. Oiya, di daerah saya menjelang sore hampir hujan terus loh, udah deras gelap pula. Di daerah teman-teman bagaimana?

Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a Comment

Yuk berkomentar :)