Apa Saja Faktor Yang Bikin Tidur Tidak Berkualitas?

Akhir-akhir ini badan saya gampang capek, ini semua karena saya melalaikan kesehatan. Ya saya tahu, ini karena saya tidak memperhatikan bantal yang baik untuk tidur. Padahal kesehatan adalah investasi terpenting dan utama untuk masa depan saya nantinya namun saya mengabaikannya. Selagi tubuh sehat seharusnya saya harus menjaga agar tidak sampai ngedrop sehingga lambat laun bisa fatal jadinya. Dengan tubuh yang sehat pastinya saya akan bebas bergerak walaupun usia makin bertambah. Salah satu faktornya adalah menjaga agar tidur berkualitas dengan memilih bantal yang baik untuk tidur.

Bantal yang baik untuk tidur


Beberapa hal yang menunjukkan alarm tubuh saya bahwa kesehatan saya perlu dijaga. Saat duduk dilantai atau duduk jongkok beberapa menit saja area kaki sudah mulai kesemutan. Jujur, nggak enak banget dan sakit semua. Setelah sarapan nasi dipagi hari selalu bawaannya ngantuk dan akhirnya tertidur, bangun tidur badan sakit semua. Konsentrasi kurang fokus dan mudah sakit kepala, badan rasanya mudah lelah setelah melakukan aktivitas. Padahal aktivitas yang dikerjakan terbilang tidak berat loh, hanya jalan kaki dari rumah ke warung depan gang perumahan. Gendong si kecil sudah ngos-ngosan, apalagi saat sore hari dengan membawa si kecil dengan stroller aja sudah bikin capek banget. Rasanya badan nggak kuat, bawaannya ingin duduk terus.

Itulah gunanya menerapkan pola hidup sehat terutama olahraga dan menjaga pola makan. Jujurly padahal olahraga bisa saya lakukan kapan saja loh, tapi ya itu... rasa malas yang lebih dominan. Cukup bangun pagi, gerakkan tubuh secara sederhana. Bergegas minum air putih 1 gelas, melaksanakan sholat Subuh dan segera olahraga seperti jalan pagi. Ya, hanya jalan pagi saja sudah menggerakkan tubuh. Jika rutin dilakukan setiap pagi, insyaallah manfaatnya akan kita rasakan sendiri. Gampang loh ternyata... Sehat itu mudah tapi menjadi mahal saat kita sudah sakit. Selain olahraga menjaga pola makan juga penting sekali bagi kesehatan tubuh. Makan secukupnya dengan kebutuhan zat yang dibutuhkan oleh tubuh seperti karbohidrat, protein, mineral, vitamin, zat besi, serta zat-zat lainnya.

Olahraga dan pola makan sangat berkaitan erat satu sama lainnya untuk tubuh. Memenuhi asupan gizi yang sehat dan seimbang seperti buah dan sayuran, minimal konsumsi air putih 2 liter setiap hari, jangan begadang, hindari stress, usahakan tidur/istirahat tepat waktu.

Contohnya dengan tidur tepat waktu dalam durasi yang cukup sehingga tidur menjadi berkualitas. Tidur yang berkualitas seperti apa sih? Yaitu segera pergi tidur pukul 9 malam dan bangun jam 5 pagi. Melakukan kegiatan dipagi hari seperti jalan pagi, lari pagi ataupun aktivitas lainnya yang menggerakkan anggota tubuh.

Bantal yang baik untuk tidur


Bangun tidur akan nyaman jika tidur pulas. Tidur pulas pastinya karena kita kecapekan, tidak mengkonsumsi makanan/minuman yang mengandung cafein, dan tentunya alas tidur yang nyaman.

Tips tidur berkualitas

Kebayang nggak sih kalau bantal ataupun kasur yang kita gunakan tidak nyaman. Pastinya tidur tidak nyenyak dan bangun tidur badan akan sakit semua dan kadang bikin sakit kepala. Ini pengalaman saya pribadi saat pulang kampung. Jujurly bantal yang dipakai ternyata tidak memenuhi standar kenyamanan. Keras banget dan bikin sakit leher dan berujung sakit kepala saat bangun tidur. Mau gimana lagi, namanya juga rumah ortu sendiri dan dari situ kadang saya berpikir antara bawa bantal yang baik untuk tidur dari rumah dan kasih oleh-oleh bantal buat ortu agar tidur ortu lebih nyaman dan pastinya berkualitas.

Tips Memilih Bantal Agar Tidur Lebih Berkualitas

1. Sesuaikan bantal dengan postur tubuh saat tidur

2. Pilih bantal yang sesuai dengan kasur

3. Pilih bantal yang berbahan nyaman


Untuk itulah pilihlah bantal maupun kasur yang nyaman dan nggak bikin sakit leher, kepala dan bagian tubuh lainnya.

Tidak sengaja menemukan Domi Bed saat scroll sosial media. Iseng mencari tahu tentang Domi Bed untuk menjawab kekepoan saya. Domi Bed salah satu perlengkapan tidur yang sangat nyaman, terdiri dari kasur, bantal, guling, matras, dan perlengkapan lainnya. Bantal premium dengan harga yang affordable bakalan menopang kepala dengan baik saat tidur sehingga tidak ada drama tidur nggak nyenyak dan sakit kepala.

Bantal yang baik untuk tidur


Dengan cara sederhana ini pastinya akan berdampak pada kegiatan lainnya. Tidur nyaman dan pulas, bangun tepat waktu, tubuh rileks dan bisa mengerjakan kegiatan lainnya seperti olahraga, belajar bekerja, dan aktivitas positif lainnya bersama keluarga, teman-teman, sahabat maupun kolega.

Nah, buat teman-teman semua ternyata kesehatan itu penting banget ya. Cek lagi faktor apa saja yang bikin tubuh merasa lelah, capek dan bawaannya malas melakukan aktivitas. Selain makanan dan minuman yang dikonsumsi juga cek apakah tidur kita sudah berkualitas dan pilih bantal yang baik untuk tidur.

Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a Comment

Yuk berkomentar :)