Wednesday, May 28, 2014

Analisis harga tukang (bangunan) #bagian 1

Analisis harga tukang ini mungkin juga dibutuhkan untuk kalian yang tinggal di daerah Surabaya dan sekitarnya (Sidoarjo dan Gresik). Beberapa minggu kemarin aku punya tukang, tukang untuk memperbaiki plafonku dan mengecat sebagian tembok rumahku.

Sebelumnya bapak tukang ini sudah pernah mengerjakan pondasi rumah bagian depan dan tembok pagarku plus kanopi dari asbes dan aku membayarnya sebesar 2 juta rupiah dengan waktu 7 hari tanpa memberi makan dan rokok. Bapak tukang ini dibantu oleh seorang temannnya, jadi jumlah tukangku ada dua.

Nah, sekarang aku mau menceritakan analisis harganya ya, berdasarkan luasan yang digarap oleh bapak tukang.
#catatan bahan-bahan sudah aku sediakan.

Mengerjakan plafon.







Luasan plafon yang dikerjakan oleh 2 tukang seperti gambar di atas.

Luas total plafon yang dikerjakan sebesar 17,25 m2.
Dan, aku membayar 2 tukang ini sebesar 500 ribu untuk 11 jam kerja (selama sehari).
Untuk permeter persegi, tukang ini memperoleh ongkos sebagai berikut :
500 ribu : 17,25 m2 = 28.985,51 dibulatkan menjadi 30 ribu
30 ribu : 2 tukang = 15 ribu

Jadi, per tukang mendapatkan ongkos 15 ribu setiap dia mengerjakan 1 m2 plafon.

Nah, yang aku tanyakan. Ongkos ini kira-kira mahal apa murah ya teman-teman?
Sharing ya...


Related Posts

Analisis harga tukang (bangunan) #bagian 1
4/ 5
Oleh

11 komentar

Waah, saya sih nggak paham soal pertukangan, Mbak. Kalo memang dirasa mahal, semoga deh kerjaanna bagus :)

Kalo di tempatku sih biasanya ongkos itu per hari. Eh tapi, aku gak ngerti juga sih. Biasanya bapak mertuaku yang ngatur. Hehehehehe... :D

sama kayak Mak Nia. Biasanya orang tua sama suami saya ongkosnya per hari

Kemarin pas masang kemarik dibayar per meter 20.000 itu sudah semuanya. Maksudnya terserah tukangnya mau bantuan satu orang atau enggak. Tetap dibantu seorang tapi sudah urusan tukang. Untuk makan memang enggak dapat mbak. Tapi terkadang akunya yang enggan tegaan. Setiap hari aku ngasih makan sekali, cemilan, pagi teh, siang es teh kadang kopi, malah kalau ada suamiku dibelikan rokok.

iya mak,,betul,,makasih ya mak :)

iya mak,,biasanya perhari juga,,kalo disini perhari 75 ribu,,tapi ini aku ambil borongan tukangnya :)

iyah,,,mendingan per hari sih,,,lebih hemat di itung2

makasih mbak nunu,,,bisa buat masukan nih kalo masang keramik ntar :)

Ngga tau Mbak, uda lama ngga perbaiki rumah. Heheh.. :p

hu'um,,,makacih Beby :)

bener2 dicatet ya mbak hehehe..aku dulu tak serahin suami,aku bagian konsumsi sama satpam aja xixixi

Yuk berkomentar :)