Jagalah Alam Madura

Madura terkenal dengan pulau kecil yang dikelilingi oleh lautan. Tak ayal lagi jika pulau Madura ini tempat wisatanya dominan dengan pantai melulu. Dari ujung barat Bangkalan sampai dengan ujung timur Sumenep semua tempat wisatanya pantai.
Namanya pantai Camplong. Dikasih nama itu soalnya letaknya di Desa Dharma Camplong Kecamatan Camplong. Masuk Kabupaten Sampang, namun pantai ini berada di antara Kabupaten Sampang dan Kabupaten Pamekasan. Tepatnya 8 km ke arah timur dari kota Sampang.


Pantai Camplong merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Madura. Tempat ini selalu ramai pengunjung jika akhir pekan. Apalagi jika musim liburan tiba seperti liburan sekolah, dan libur lebaran. Mudah sekali bagi kalian yang ingin berwisata ke pantai ini, karena letaknya yang sangat strategis yang dilalui jalur arteri lintas kota dan pulau. Jika kalian dari arah Surabaya, maka letak pantai ini berada di kanan jalan.

Kita akan disuguhi banyak pohon cemara saat akan menuju pantainya. Untuk yang ingin menikmati keindahan sunset maupun sunrise kalian tak perlu khawatir, karena di tempat ini menyediakan tempat penginapan berupa hotel berbintang 1. Selain itu kita bisa menikmati jajanan pasar seperti rujak petis Madura yang ada di pinggiran hotel.



Kita bisa menikmati suara deburan ombak, sepoinya angin, dan kita juga bisa bermain sepak bola di hamparan pasir putihnya. Kita bisa bermain kejar-kejaran dengan orang tersayang, bapak, ibu, om, tante, kakak, dan adik ataupun dengan teman-teman kita. Setelah puas menikmati dan menyusuri pantai tersebut kita bisa beristirahat sejenak sambil memesan es degan atau semangkok bakso. Harga yang ditawarkan mungkin sedikit agak mahal jika dibandingkan kita beli di luar area pantai ini.


Tempat wisata ini merupakan salah satu pantai kebanggan orang Madura, walaupun kadang banyak wisatawan yang pada mengeluh dengan keadaan nyata yang ada di pantai ini yaitu sampah yang berceceran dimana-mana. Iyah, sampah. Pemerintah daerah setempat sudah mengupayakan dalam pelestarian dan kebersihan di tempat wisata ini.

Semuanya dari kita, dari penduduk sekitar dan para pengunjung yang mana jika akan membuang sampah buanglah sampah pada tempatnya. Kita bersama-sama menjaga ekosistem serta keindahan alam ini dengan kesadaran yang kita miliki.


Jangan salahkan pemerintah daerah dalam masalah ini, karena mereka sudah berupaya keras agar pantai ini bisa dikenal ke seluruh pelosok antero negeri ini. Sampah-sampah itu tanggung jawab kita bersama. Hendaknya kita tanamkan "Kebersihan separuh dari Iman" maka "Buanglah Sampah pada Tempatnya". Dari itu mungkin hati kita bisa tergerak untuk mencintai alam sekitar, jika belum ada respon dari kita, maka kita termasuk orang yang kolot. Yuk kita sama-sama peduli dengan potensi alam yang ada di daerah kita.


No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)