Surabaya North Quay, destinasi kongkow baru di Surabaya



Surabaya North Quay, sudah pada tau belum? Itu lho, kawasan wisata baru di lantai dua dan lantai tiga yang ada di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara, Tanjung Perak. Wisata bahari terbaru yang ada di Surabaya plus bisa menikmati kuliner khas Surabaya serta pameran produk komunitas lokal (UKMK di Surabaya). Hari Minggu saat acara pre launchingnya aku kesana bareng suami dan anakku tercinta. Pre launchingnya sendiri selama 3 hari mulai tanggal 27, 28, dan 29 Februari 2016. Kabarnya pada tanggal 29 akan ada kapal pesiar internasional MS Rotterdam, dan sayangnya aku nggak bisa datang pada hari itu karena nggak ada yang nganterin aku kesana.



Surabaya North Quay yang terletak di Tanjung Perak ini dekat dengan PT. Pelindo III dan PT. DOK Perkapalan Surabaya. Hari Minggu sore saat aku kesana, parkiran mobil sudah penuh dan terpaksa deh parkir di luar gedung. Bagi kalian yang membawa mobil pribadi tiket masuknya cukup membayar 7500 rupiah saja gaes. Hmmm... harga yang relatif bisa dibilang mahal dan bisa dibilang murah tergantung uang didompet ya :)


Dilantai satu kami melihat kursi-kursi dengan tatanan yang rapi. Ruangan yang ber AC dan masih terlihat bersih serta lengang. Duduk sebentar sembari melihat semua fasilitas yang ada di lantai ini. Kesan pertama saat aku melihat suasana di lantai satu sangat mewah, betah deh duduk berlama-lama disini soalnya kursinya empuk, masih bersih, dan adem banget ruangannya. Nggak percaya kalau ini adalah terminal penumpang untuk transportasi laut soalnya hampir sama dengan bandara.
 


Selanjutnya untuk menuju ke lantai dua kita bisa memilih memakai eskalator, tangga, ataupun lift. Di lantai dua terdapat beberapa UKM dengan produk-produk unggulan mereka. Batik Madura juga tampak disana serta batik-batik lainnya. Saat aku kesana ada perlombaan permainan dakon dan bola bekel. Pemenangnya bakalan dapat kaos dari UKM kaos tersebut. Selain pameran produk kita bisa menikmati hiburan live music dan atraksi seni pun disana kita bisa memandang lautan lepas, melihat kapal-kapal besar yang masih berada di tengah lautan, melihat Pulau Madura, Selat Madura dan terserah apa yang bakalan kalian lihat disana :)


Lanjut ke lantai tiga kita akan dimanja dengan adanya pilihan kuliner khas Surabaya antara lain rujak cingur, kreco rebus, lontong balap, bebek Harisa, soto, bakso, dim sum, jajanan kampung, jamu, kopi, teh, pokoknya banyak deh. Untuk masalah harga relatif ya gaes, karena setiap orang bakalan memiliki pemikiran berbeda :)

Pilihan tempat duduknya pun suka-suka kalian, bisa di dalam atau di luar ruangan asalkan yang di luar ruangan nggak keduluan orang lain. Intinya siapa cepat dia dapat, dapat tempat duduk buat tempat makan :)
 

Suasananya sangat rame banget waktu aku pergi kesana. La wong beli es teh aja antrinya udah seperti ular, jalan kesana kesini udah dusal-dusel dengan pengunjung lainnya. Gimana bisa selfie kalo jalan udah mepet dengan pengunjung lainnya. Waktu aku kesana saja beberapa penjual es teh sudah kehabisan tehnya gegara banyaknya pengunjung, menu makananpun banyak yang sudah habis, ya sudah cuma pesan teh anget dan kopi aja deh jadinya :(
 



Di lantai tiga pun kita bisa jalan-jalan dan mengelilingi gedung tersebut. Memandang semua yang bisa kita lihat, parkiran mobil, gedung Pelindo III, lautan lepas Selat Madura, Pulau Madura, kapal di tengah laut, Jembatan Suramadu, dan puas-puasin photo selfie maupun welfie bersama teman, sahabat, maupun keluarga. Pokoknya mau-mau kita disana, asalkan satu hal " Buanglah Sampah Pada Tempatnya"

Eman banget kan kalau tempat yang menarik ini kotor gara-gara ulah tangan yang tak bertanggung jawab dengan membuang sampah sembarangan. Yuk pelihara bangunan ini agar selalu menarik seperti saat pre launchingnya.

Pokoknya, Surabaya North Quay ini bisa dijadikan alternatif wisata keluarga yang ingin mengenalkan pada putra putrinya tentang dunia bahari. Siapa tau putra putri suatu saat bisa menjadi seorang Kapiten... hehehe
Apalagi buat anak muda, asik banget nih buat tempat kongkow. Sembari memandang Selat Madura dan kapal yang berada di tengah lautan.

Yuk ah... jalan-jalan ke Surabaya North Quay, tempat kongkow asik sembari menikmati pemandangan laut :)

No comments:

Post a Comment

Yuk berkomentar :)