Yuk para wanita, perangi kanker payudara sejak dini

Setiap orang pasti ingin sehat, jauh dari segala penyakit maupun musibah. Tapi, Allah punya rencana lain dibalik itu semua. Yang penting intinya kita selalu bersyukur di setiap keindahan yang kita terima dan selalu bersabar dan istighfar di setiap cobaan yang kita terima pula.


Untuk para wanita, yuk mulai sekarang kita periksa kesehatan kita terutama payudara kita. Mengapa? karena kanker payudara masuk urutan kedua dari 5 top kanker di Indonesia. Untuk itu, yuk mari kalau bisa kita mencegahnya sejak dini agar penyakit itu tidak sampai pada kita, ibu kita, saudara perempuan kita, dan teman-teman kita. Dengan memberikan edukasi kepada mereka dan pastinya support agar kita selalu menjaga kesehatan sejak dini.


Dari pengalaman seminar kemarin, aku mendapatkan banyak ilmu tentang kanker payudara (bisa dibaca disini). 


Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan SADARI (periksa payudara sendiri).
Pemeriksaan payudara dapat dilakukan sendiri dan sebaiknya secara berkala (minimal sebulan sekali) untuk mendeteksi kanker payudara sejak dini. Apabila cepat terdeteksi, maka peluang kesembuhan akan semakin besar.


Sadari sebaiknya dilakukan antara 7 hari hingga 10 hari setelah hari pertama menstruasi. Pada masa ini, kepadatan payudara berkurang. Sadari dilakukan minimal satu kali dalam periode satu hingga tiga bulan. Sadari tidak seharusnya menggantikan jadwal pemeriksaan payudara fisik oleh dokter dan mammography.


Yuk kita SADARI dengan cara :
  1. Berdiri tegak di muka cermin dan cermati bila ada perubahan pada bentuk dan permukaan kulit payudara atau pembengkakan atau perubahan pada puting.
  2. Angkat lengan kanan ke atas dan tekuk siku sehingga tangan kanan memegang leher bagian belakang. Gunakan 3 ujung jari tangan kiri, raba dan tekan area payudara. Cermati seluruh bagian payudara kanan hingga ke area ketiak. Lakukan gerakan menekan dan meraba dengan cara membuat lingkaran-lingkaran kecil dengan arah naik dan turun
  3. Lalu lakukan gerakan membentuk lingkaran-lingkaran kecil dari bagian luar ke dalam payudara.
  4. Kemudian lakukan gerakan lurus dari arah tepi payudara ke puting dan sebaliknya. Ulangi gerakan yang sama pada payudara yang sebelah kiri.
  5. Pencet kedua puting satu persatu. Puting kanan dengan telunjuk dan ibu jari kiri, begitu juga sebaliknya. Cermati bila ada cairan yang keluar dari puting. Konsultasikan dengan dokter seandainya terdapat cairan yang keluar dari puting.


Untuk para wanita yuk mumpung ada cek Lab PAP SMEAR dan SARARI secara gratis dari Laboratorium Prodia, kita gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya. Untuk wilayah Surabaya dan Sidoarjo hingga tanggal 30 November 2015. 

Syaratnya :
  1. Cukup membawa fotocopy KTP dan fotocopy BPJS
  2. Pap Smear hanya bisa dilakukan minimal setelah 7 hari bersih dari menstruasi. Puasa hubungan seksual sehari sebelum pemeriksaan.
  3. Untuk di Surabaya dan Sidoarjo bisa dilakukan di Lab Prodia 
  • Diponegoro (031-28953900)
  • Darmo Permai (031-7322020)
  • Mega Galaxy (031-8961010)
  • Wilayah Sidoarjo (031-8961010)

Kita dukung wanita Indonesia agar selalu sehat dan bersemangat memerangi kanker payudara. Dari diri kita, sekitar kita, dan semua wanita-wanita yang perlu support dari sesama.

Yuk kita sama-sama perangi kanker payudara sejak dini.





No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)