Tentang Lovepink Indonesia

Jujur saja, aku baru tahu tentang komunitas ini pada acara kemarin. Tentunya, dengan ada kata pink nya, berarti komunitas ini diperuntukkan hanya untuk kaum perempuan. Sebuah komunitas yang menurutku sangat luar biasa, karena didalamnya ada perempuan-perempuan yang luar biasa untuk berjuang melawan penyakit yang mematikan. Penyakit mematikan itu adalah kanker payudara.




Sekilas tentang Lovepink Indonesia

Lovepink adalah komunitas yang digagas oleh dua orang sahabat, Shanti Rosa Persada dan Madelina Mutia, pada tahun 2010. Mereka berdua adalah survivor yang pada saat itu harus melalui puluhan kemoterapi dan juga menghadapi perubahan emosional serta kehilangan bagian tubuh yang sangat berharga. Berbekal pengalaman perjuangan mereka selama melawan kanker payudara, Shanti dan Mutia berinisiatif untuk berbagi dengan sesama wanita penderita kanker payudara dalam wujud membangun komunitas yang dinamakan "lovepink" di tahun 2012.


Madelina Mutia dan Samantha Barbara

Komunitas "Lovepink" yang saat ini merupakan sekumpulan warriors dan survivors yakni para wanita dengan pengalaman kanker payudara dan mereka yang masih berjuang menjalani serangkaian perawatan. Karena mereka perlu untuk memberikan dukungan dan semangat bagi para penderita kanker secara terorganisir, maka 2014 lovepink dibentuk menjadi "Yayasan Daya Dara Indonesia" yang kegiatan utamanya adalah memberikan pendampingan kepada para survivor di saat mereka menjalankan terapi serta upaya-upaya lain yang dimaksudkan untuk memperluas kesadaran akan pentingnya deteksi dini, melaui edukasi dan sosialisasi.


Lovepink berpusat di Jakarta dan tidak menutup kemungkinan untuk melakukan pendampingan dan dukungan bagi para survivor kanker di seluruh Indonesia.

Lovepink mendedikasikan diri dalam bentuk pendampingan dan dukungan secara mental dan emosional bagi siapapun yang terkena kanker payudara. Lovepink mencanangkan pentingnya dukungan, kasih dan atensi bagi wanita dengan kanker payudara serta mengajak setiap wanita untuk menyadari pentingnya deteksi dini.

Madelina Mutia (tengah), Sari (kanan), dan Samantha Barbara (kiri)


  1. Beberapa kegiatan yang dilakukan oleh Lovepink adalah : Kampanye Kesadaran pentingnya Pemeriksaan Dini selama sebulan penuh di bulan Oktober
  2. Bincang-bincang dan pameran tentang kesehatan di rumah sakit, klub komunitas, asosiasi, sekolah, perusahaan pribadi, dan organisasi pemerintah khususnya mengenai kanker payudara dan korban yang selamat membagikan pengalaman mereka serta memberdayakan dan mendukung para wanita yang menderita kanker dengan kualitas hidup yang pantas mereka miliki, serta memberikan dukungan emosi maupun informasi lewat Kelompok Pendukung Lovepink.
Dari kiri ke kanan : Madelina Mutia, aku, Samantha Barbara, dan Sari

Lovepink diharapkan dapat menjadi satu wadah untuk saling mendukung agar setiap perempuan dengan kanker payudara dapat melalui perjuangannya serta saling menjaga saling mengingatkan agar lebih banyak perempuan Indonesia terbebas dari kanker payudara.


Sekarang kita juga bisa mengunduhnya lewat Google Play



Jika ingin lebih jelas tentang Lovepink Indonesia kita bisa ceki-ceki tengokin websitenya di www.lovepink.indonesia.org

Selain itu, kita juga bisa memesan buku dengan judul "THE POWER OF PINK BREAST CANCER SURVIVAL KIT". Buku yang dikarang oleh Samantha Barbara yang mana pada bulan April 2013 dia terdeteksi kanker payudara dan telah menjalani mastektomi pada Mei 2013. Dalam buku ini dia berbagi bagaimana menjalani hidup bersama kanker payudara, menjadi pasien pintar untuk mengelola penderitaan selama menjalani kemoterapi dan bagaimana memaafkan diri sendiri. Buku yang bisa dipesan di Lovepink nantinya sebagian dari hasil penjualan buku akan digunakan untuk mendukung kegiatan Lovepink Indonesia.


Dapat buku "THE POWER OF PINK BREAST CANCER SURVIVAL KIT hasil jawab pertanyaannya mbak Samantha Barbara 

Lovepink Indonesia
www.lovepinkindonesia.org
Twitter : @LovepinkID

No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)