Yuk Ketahui Gejala Demam Berdarah Dengue dan Dapatkan Solusi Bunda di Panduan Bunda Sehat

Yuk Ketahui Gejala Demam Berdarah Dengue dan Dapatkan Solusi Bunda di Panduan Bunda Sehat


Punya anak yang super aktif memang memberikan kebahagiaan tersendiri bagi orang tua, termasuk saya. Anak laki-laki yang sebentar lagi akan berusia 5 tahun ini benar-benar membuat hari saya tambah berwarna. Ada saja hal baru yang saya dapatkan darinya pun pengalaman yang luar biasa saat berdua bersamanya. Celotehannya, pertanyaannya, dan cara dia mengkreasikan barang sesuai dengan imajinasinya.


Kadang saya berpikir betapa sepinya rumah tanpa celotehannya setiap hari, sempat tak ingin si anak cepat tumbuh besar agar saya bisa selalu bisa melihat tingkah lucu dan menggemaskan darinya. Rutinitas tiap hari memang belajar dan bermain, hal ini untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangannya.

Tak hanya mengajaknya belajar dan bermain di dalam rumah, terkadang saya menyuruhnya untuk bermain di luar rumah agar si anak belajar bersosialisasi. Dia pun suka sekali bermain sepeda dan bermain bola bersama anak komplek yang seumuran dengannya. Yupz, pastinya bahagia sekali jika anak sehat dan bisa menjalankan segala aktivitasnya baik diluar maupun didalam rumah.


Sayangnya, musim hujan membuat saya gelisah. Bagaimana tidak, tanpa sepengetahuan saya si anak main hujan-hujanan dengan teman bermainnya. Mau gimana lagi, nggak mungkinlah saya marah, karena marah bukan solusi yang terbaik untuk anak saya. Namanya juga anak-anak pasti penasaran dengan yang namanya mandi hujan termasuk anak saya. Namun tak saya biarkan terlalu lama anak saya mandi hujan, saya ajak dia masuk dan membilasnya dengan air bersih dari keran yang cukup hangat agar dia tidak kedinginan.


Ya bukannya gimana ya, secara saya khawatir banget dengan yang namanya penyakit. Tahu kan dengan demam berdarah, gejala ini akan muncul saat musim hujan seperti yang terjadi akhir-akhir ini. 

Menurut informasi yang saya baca di artikel Panduan Bunda nih, para orang tua harus waspada saat musim hujan karena wabah Demam Berdarah Dengue pastinya akan mengancam kesehatan anak-anak kita.
Nah, berikut ini siklus penularannya.



Biasanya genangan air akan menjadi koloni si nyamuk untuk berkembang biak dan menyebarkan beberapa penyakit. Nah disitulah kadang demam berdarah dengue mulai menyerang nih.

Demam berdarah dengue ini ada yang ringan dan ada yang parah loh. Untuk itu para orang tua harus mengenali gejalanya karena DBD ini menyerang anak-anak dan balita. Mengapa menyerang anak-anak dan balita? Karena sistem imun anak-anak dan balita masih lemah jika dibandingkan sistem imun orang dewasa.


Awalnya anak akan demam disertai suhu badan yang cukup tinggi, sekitar 40 derajat celsius. Selain itu anak akan mengeluh kepala pusing dan muntah. Gejala lainnya dari DBD ini anak akan mengalami ruam merah (bintik merah) di sekujur tubuh anak.

Bagaimana nih penanganan yang tepat jika hal tersebut terjadi pada anak kita. Pastinya orang tua nggak perlu cemas, bawalah segera ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan yang tepat, seperti cek darahnya apakah benar-benar terkena DBD.

Sistem imunitas anak sangat diperlukan loh, untuk itu sebelum sakit atau gejala menyerang hendaknya si anak diberikan :
  1. Obat penurun panas sesuai resep dokter.
  2. Jika anak demam, kompres di bagian dahinya.
  3. Anak harus istirahat yang cukup.
  4. Berikan cairan yang cukup untuk mencegah dehidrasi pada anak.
  5. Perhatikan makanannya, pastikan asupan nutrisinya lengkap dan seimbang.

Dan, sebelum DBD menyerang anak-anak dan balita kita nih ada beberapa tips nih untuk para orang tua.
  • Lakukan 3M. Menguras bak mandi, menutup penampungan air, dan mengubur barang bekas.
  • Gunakan lotion anti nyamuk, tujuannya agar mencegah gigitan nyamuk langsung ke kulit.
  • Selalu sedia Termorex, sebagai antisipasi saat muncul gejala demam tinggi pada anak.

Termorex adalah sirup obat turun panas tanpa alkohol dengan rasa jeruk manis yang disukai anak-anak. Efektif membantu meredakan panas dan demam pada bayi dan anak-anak. Tersedia dalam kemasan 30 dan 60 ml dan 2 pilihan yaitu Termorex Plus dan Termorex Baby.


Lebih lengkapnya para orang tua bisa mengunjungi laman sosial media dan website Panduan Bunda. Karena disana segala informasinya lengkap mengenai Demam Berdarah.
  • Instagram : @panduanbunda
  • Facebook: https://www.facebook.com/panduanbunda/
  • Official website : https://www.panduanbunda.com
  • Twitter : https://twitter.com/panduanbunda 

Salam,
Dwi Puspita

1 comment:

  1. Kalau Pontianak memang termasuk rawan dalam hal penyakit untuk anak anak. Cuaca di Pontianak itu unik Sekarang hujan lebar, nesok panas terik, besok lagi Hujan lebat begitu Untuk demam berdaRah Alhamdulillh kota Pontianak masih rendah. Data dari Dineks Kalbar

    ReplyDelete

Yuk berkomentar :)