Inilah Rahasia Cara Promosi Website Yang Efektif Agar Ramai Pengunjung

Inilah Rahasia Cara Promosi Website yang Efektif agar Ramai Pengunjung


Saat ini, website adalah salah satu alat pemasaran secara online yang sudah banyak dikembangkan dan digunakan. Biasanya, website berisikan konten-konten informatif dan bermanfaat atau bahkan menampilkan produk dengan deskripsi yang lengkap layaknya sebuah toko. Sehingga, banyak sekali orang memanfaatkan website untuk meningkatkan bisnisnya.




Ketika membuat website baru, tentunya anda tidak langsung mendapatkan pengunjung yang banyak. Diperlukan waktu yang panjang serta kerja yang gigih untuk mendapatkan pengunjung. Akan ada banyak sekali usaha yang dilakukan untuk membuat website tetap hidup. Maka dari itu, perlu dilakukan promosi website yang efektif agar pengunjung website terus meningkat dari waktu ke waktu tanpa mengalami penurunan.

6 Cara Melakukan Promosi Situs Website Paling Efektif

Dalam usaha mempertahankan kehidupan situs website, selain rajin melakukan promosi, tentunya diperlukan juga kreativitas agar website terlihat lebih menarik di mata pengunjung. Berikan konten-konten yang memang bermanfaat untuk kebanyakan orang dan buat semenarik mungkin. Konten yang dibuat juga harus berkaitan dengan tema website. Jika tema website adalah bisnis online, maka konten yang dibuat juga harus berkaitan dengan itu.

Setelah ada konten, langkah selanjutnya adalah melakukan promosi. Beberapa cara promosi website yang efektif agar ramai dikunjungi adalah sebagai berikut.

1. Promosi melalui media sosial

Saat ini, orang bisa menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk membuka sosial media. Saling berinteraksi dan berkumpul di beberapa platform mulai dari facebook, twitter, instagram dan lainnya. Maka dari itu, melakukan promosi website melalui sosial media adalah langkah yang sangat efektif.


Promosi bisa dilakukan dengan membagikannya di timeline atau bisa juga menggunakan fans page yang sudah dibuat. Ketika pengguna media sosial merasa konten yang dibagikan menarik dan bermanfaat, maka mereka akan dengan sendirinya membagikan ke orang lain dan mulai mengunjungi website anda. Semakin sering promosi dilakukan, maka semakin banyak yang akan melihat bahkan mengunjungi website yang dipromosikan. 

2. Melakukan email broadcast

Cara kedua ini akan lebih mudah dilakukan ketika anda memiliki database dari alamat email customer. Promosi bisa dilakukan dengan membuat broadcast ke semua alamat email customer, sehingga semakin banyak alamat email yang dituju maka semakin banyak orang yang akan menerima informasi mengenai website anda. Mengirimkan email ke customer membuat kesan lebih pribadi dan meningkatkan ketertarikan akan website yang dipromosikan, sehingga kunjungan website akan terus meningkat.

3. Promosi menggunakan facebook ads

Selain menggunakan sosial media, cara lain yang efektif adalah melakukan promosi menggunakan fitur ads yang facebook sediakan. Keuntungan menggunakan fitur ini adalah dapat membuat target orang yang dituju sesuai dengan usia, jenis kelamin, kebiasaan, dan lainnya. Sehingga, situs web dipromosikan ke orang yang tepat.


Di dalam facebook ads, terdapat fitur custome audience dimana anda dapat mengunggah daftar email customer ke facebook dan email tersebut akan dicocokkan dengan akun facebook milik Anda. Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan website kepada customer dengan cara yang cepat dan efektif.

4. Menggunakan mesin pencari Google

Cara promosi website berikutnya adalah menggunakan mesin pencarian Google. Tidak bisa dipungkiri, bahwa Google adalah mesin pencarian paling populer saat ini. Oleh karena itu, banyak blogger maupun webmaster yang menggunakan mesin pencarian Google untuk mempromosikan webstienya.

Cara yang dilakukan adalah dengan menggunakan SEO (Search Engine Optimization), sebuah upaya untuk mengoptimasi website agar disukai Google dan ditampilkan di halaman pertama Google untuk setiap frasa kata target yang dimasukkan.


5. Promosi menggunakan artikel review

Selanjutnya adalah menggunakan artikel review. Cara ini juga sama efektifnya dengan cara-cara sebelumnya. Pemilik blog akan me-review website Anda secara lengkap dan dengan sangat bagus. Beberapa keuntungan ketika melakukan promosi website menggunakan artikel review diantaranya adalah mengedukasi market dengan baik, otoritas website naik karena mendapatkan backlink kontekstual, dan bertambahnya pengunjung website dari waktu ke waktu.

Akan tetapi, menggunakan artikel review ini tidak gratis, Anda harus menyiapkan anggaran untuk membayar blog yang mereview. Besarnya dana yang dikeluarkan pun bergantung blog review yang dipilih mereview website Anda.

6. Menggunakan iklan banner

Cara promosi selanjutnya adalah menggunakan iklan banner yang dapat dipasang di website Anda sendiri atau di blog orang lain. Karena melakukan promosi pada blogger lain, maka cara ini memerlukan uang untuk membayar mereka. Kecuali jika Anda mampu melakukan lobi ke teman-teman blogger untuk menggratiskan promosi. Agar banyak yang tertarik mengunjungi website yang dipromosikan, maka desain dari banner harus dibuat semenarik mungkin.

Nah, itulah beberapa cara promosi website yang efektif dan bisa dilakukan secara online agar ramai dikunjungi. Masih banyak cara-cara lainnya yang dapat dipraktekkan agar pengunjung website dapat meningkat terus dari waktu ke waktu. Yuk, lakukan cara-cara di atas, supaya pengunjung website Anda semakin meningkat!


Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)