Forbes 30 Under 30 Asia 2022, Prestasi Seorang Vina Muliana

Assalamualaikum kali ini saya mau menuliskan artikel tentang Vina Muliana. Jujurly, kenal dengan Vina Muliana gara-gara prestasi Vina Muliana Forbes yang viral di TikTok dan waktu itu juga saya kepoin TikTok Vina Muliana tenyata ia rajin memberikan tips membuat CV yang benar agar dilirik oleh HRD perusahaan. Nggak hanya itu, tips untuk mendapatkan kerja yang tepat sesuai kemampuan, tips wawancara dibagikan semuanya di sosmednya. Kalau saya pribadi sih biasanya lihat di TikToknya, banyak sekali ilmu tentang karir yang saya dapatkan.

Prestasi vina muliana forbes


Selain menjadi konten kreator, Vina Muliana pernah memenangkan Abang None Jakarta pada tahun 2014. Memiliki karir profesional di salah satu Badan Usaha Milik Negara sebagai pegawai di Mining Industry Indonesia dan mendapatkan banyak inspirasi yang kemudian dia bagikan kepada rekan-rekan muda lain di sosial media miliknya. Vina Muliana membahas khusus mengenai isu karier dan ketenagakerjaan untuk para pencari kerja, fresh graduate atau siapapun yang membutuhkan masalah karir saat itu. Pada tahun 2021, Vina Muliana meraih penghargaan platform media sosial TikTok untuk kategori “Best of Learning & Education”. Tidak hanya itu, ternyata prestasi dari Vina Muliana juga masuk dalam daftar elit, ‘Forbes 30 Under 30 Asia 2022’, keren banget ya. Konten yang dibuatnya pun sering viral dan yang banyak ngelike adalah para anak kuliah, fresh graduate dan pencari kerja yang butuh informasi tentang karir.

Prestasi vina muliana forbes


Lucunya, Vina Muliana pernah menyampaikan bahwa dia kuliah salah jurusan. Loh, kok bisa? Mengutip di website pak Arsjad Rasjid bahwa saat kuliah, Vina Muliana mengambil kuliah pertanian. Pekerjaan pertamanya justru menjadi jurnalis. Alasannya mengambil kuliah di bidang pertanian karena saat SMA ia menyukai pelajaran Biologi. Tetapi walaupun ia sadar bahwa salah jurusan namun ia berpikir bahwa kondisi akan semakin rumit bila ia mengulang kembali proses kuliah dari awal. Akhirnya dengan terpaksa Vina meneruskan pilihannya yaitu meneruskan kuliah di jurusan Agroteknologi di mana ia mengenal teknologi dan budidaya pertanian.

Ia menemukan passion baru, yang ternyata di bidang komunikasi dan sumber daya manusia. Hal ini disadarinya setelah merasa nyaman saat bertemu dan ngobrol dengan banyak orang setelah empat semester mengenyam pendidikan di Agroteknologi.

Walaupun menemukan hal yang disukainya, Vina Muliana tetap meneruskan kuliah Agroteknologi. Di luar waktu kuliah ia aktif dengan berbagai kegiatan yang mengasah kemampuan komunikasi, seperti mendirikan pers mahasiswa, ikut klub fotografi, dan berbagai hal yang berhubungan dengan media dan komunikasi. Sehingga saat lulus kuliah dari jurusan Agroteknologi ini pekerjaan pertamanya adalah Jurnalis.

Prestasi vina muliana forbes


Namun, siapa bilang kuliah salah jurusan tak bisa sukses? Justru Vina Muliana bisa menjadi salah satu inspirasi para anak muda loh. Keberhasilannya sangat populer bagi generasi muda zaman sekarang karena konten-konten yang ‘relate’ dengan kehidupan masa kini, terutama di dunia kerja. Konten Vina Muliana sangat bermanfaat dan membantu para anak muda, para pencari kerja, fresh graduate, dan masih banyak lainnya.

Saat di tanya Pak Arsjad Rasjid di kanal YouTube beliau, Vina Muliana menyampaikan, “Finding purpose is a journey, bahwa menemukan apa yang benar-benar kita inginkan merupakan suatu perjalanan." Saat perjalanan tersebut, yaitu di usia muda sangat penting untuk melakukan eksplorasi terhadap apa pun yang menarik minat dari diri sendiri. Bereksplorasi dan mencari bakat sesuai yang disukai kita tanpa ada paksaan dan keberanian untuk bisa mencoba hal baru itu penting banget. Karena kalau kita tidak mencoba, kita tidak akan pernah tahu. Apakah kita cocok di bidang itu atau tidak.

Dari eksplorasi yang kita lakukan dari berbagai hal tersebut, tentunya kita bisa menemukan satu atau beberapa hal yang jika dikembangkan akan menjadi passion sekaligus purpose di dunia kerja.

Prestasi vina muliana forbes


Melihat Vina Muliana yang awalnya salah jurusan namun dia tetap mencari celah dengan mengeksplorasi kemampuan yang dimilikinya sehingga sukses seperti sekarang ini, benar-benar suatu contoh yang bisa ditiru oleh anak muda untuk terus berusaha semaksimal mungkin mendapatkan passion yang pas.

Dari website Pak Arsjad Rasjid saya mendapatkan informasi dan berita yang menarik salah satunya berita tentang prestasi Vina Muliana Forbes ini. Semoga teman-teman juga mendapatkan kesempatan seperti Vina Muliana, sukses di karir dan selalu berbagi ilmu untuk teman-teman lainnya yang membutuhkan.

Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a Comment

Yuk berkomentar :)