Jalan-jalan murah meriah di Kota Surabaya



Siapa yang belum pernah ke Surabaya? Siapa yang udah pernah jalan-jalan ke Surabaya? Siapa yang udah menikmati tempat wisata Surabaya yang super duper gratis?
Hayo siapa yang demen ama gratisan... :) 

Aku salah satunya yang demen gratisan :) Kalau liburan telah tiba biasanya ritual yang selalu aku kerjakan adalah jalan-jalan mengelilingi kota Pahlawan. Dengan bermodal uang pas-pasan didompet aku akan mengelilingi Kota Surabaya yang penuh ramai dengan manusia dan kendaraan. Selain kendaraan, padatnya manusiapun di Kota ini bisa membuat geleng-geleng kepala. Kalau aku pribadi, nggak afdol rasanya jika di hari libur nggak jalan-jalan. Yah paling tidak merileksasikan pikiran aja biar nggak suntuk sepekan di rumah. Maklum beginilah nasib mama kurang piknik... hehehe

Maklumlah aku kan super pecicilan, kaki diam dikit udah nggak bisa. Maunya jalan-jalan tapi nggak ngeluarin duit...hahahaha. Kemana saja sich kalau mau jalan-jalan di Kota Surabaya yang gratis itu? Tenang saja, pastinya tetap murah meriah dan hemat ongkos gaes.
Bagi kalian semua nih ya, yang lagi atau akan liburan ke Surabaya, luangkanlah waktu untuk mampir ke salah satu tempat ini.


House of SampoernaNah, di tempat ini terdapat museum Sampoerna dari yang memamerkan foto-foto keluarganya pada zaman dahulu, dari si buyut-buyutnya. Kita akan disajikan foto-foto menarik dan sangat bersejarah, selain itu di tempat ini gratis pula naik bis-nya plus dapat ilmu lagi tentang tempat-tempat sejarah di Surabaya. Dengan bis tersebut kita bisa melihat tempat sejarahnya langsung, dan kita bakalan tahu kalau ternyata banyak tempat bersejarah yang ada di Surabaya. 

Masjid Nasional Al – Akbar SurabayaIni adalah tempat religius, selalu mampir untuk sholat kalau kebetulan lewat masjid ini. Paling nggak sudah pernah sholat di Masjid Nasional Kota Surabaya ini. Ada menara setinggi 99 meter disana, kalau sempat mampir aja karena memang dibuka untuk umum.








Danau Unesa merupakan tempat asik untuk mengejar senja. Spot yang asik buat para muda mudi. Kulineran disini juga asik, banyak para pedagang di sebelah kanan dan kiri bahu jalan. Kita pun bisa menikmati bapak dan mas-mas yang lagi asik mancing.





NgeMall. Yapz ini sudah menjadi langganan tua muda remaja anak kecil hingga balita. Nge-Mall emang asyik, udah adem bisa memilih banyak item belanjaan yang disukai. Kalau lapar, tinggal ke food court nya saja. Kalau kere, cukup jalan-jalan saja ya, itung-itung olahraga bakar kalori gaes.


Pantai Kenjeran, salah satu pantainya ada yang berbatu dan disana banyak sekali PKL yang menjual berbagai jenis makanan. Salah satunya adalah lontong kupang dan sate kerang. Sambil melihat panorama pantai yang terhampar di depan mata, nggak ada salahnya donk memesan 1 porsi lontong kupang dan 1 porsi sate kerang.


Sebenarnya masih banyak tempat-tempat asik buat jalan-jalan di Kota Surabaya. Selain asik pastinya nggak bikin kantong jebol. Seperti Taman yang bertebaran di Surabaya, salah satunya yang terkenal adalah Taman Bungkul, Taman Prestasi, Taman Mayangkara, Taman Lansia, Taman Pelangi dan masih banyak taman-taman lainnya.



Tugu Pahlawan boleh juga tuh bagi mereka yang cinta ama sejarah dan ingin melihat foto-foto sejarah zaman kemerdekaan dulu. 
Semoga perjalanan wisata kalian ke Surabaya menyenangkan ya gaes. Jangan lupa juga buat incip-incip kuliner khas Surabaya yang pastinya bikin nagih.

40 comments:

  1. Saya baru beberapa hari kemaren dari Surabaya, mbak.. Wisata Religi.
    Salah satunya saya mengunjungi Sunan Ampel. Dan saya baru tahu kalau tempat parkir bis jauh dengan lokasi makamnya. Biasanya sih pakek mobil pribadi dan lewat belakang masjid. Hehe

    Salam hangat dari Bondowoso..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yach...kok nggak mampir mas...ato ketemuan gitu...

      Delete
  2. Yuk makan nasi bebek tugu pahlawan

    ReplyDelete
  3. Besok ke Malang, tapi kayaknya nggak bakal mampir di Surabaya deh -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mampir po'o mbak...aku kan pengen ketemu mbake

      Delete
  4. Hiks....kangen berat sama Surabaya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kangen kamu makkkk...sueerrrr

      Delete
  5. pernah ke Surabaya waktu tahun 2007 silam. saat itu cuman sempat ke pasar turi dan tunjungan plaza :(

    btw sunset di Danau Unesa cantik banget Mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu di danau unesa mbak, dekat dengan perumahan citraland

      Delete
  6. Ah mupeng pengen ke Surabaya :D

    ReplyDelete
  7. baru sekali ke Surabaya, tapi lupa mampir ke Tugu Pahlawan... :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...padahal ikonnya kota surabaya ...bisa buat poto2...hehehe

      Delete
  8. Padahal malang - surabaya deket tapi belum sempat kesana, sampai udah mau lulus, lain kali menyempatkan diri kesana ah ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma 2jam ya padahal, kapan2 deh mampir

      Delete
  9. Aku semua taman di surabaya sudah pernah di kunjungi.
    Dan paling suka itu kalau ke surabaya sarapan segi betek di sekitar ampel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih keren...semua taman...aku belum semua...masih beberapa saja

      Delete
  10. Masjid Akbarnya cakep ya,

    ReplyDelete
  11. Aku kapan ya bisa jalan jalan bersama mbak Dwi... eh, jalan -jalan ke Surabaya :)

    ReplyDelete
  12. gimana bisa dibilang murah kalau ngajakin jalan-jalan di kota Surabayanya ke sayah mah bu...ongkos pesawatnya dri Cilembu juga berapa, coba?
    nggak ikutan ah saya mah jalan-jalan di kota surabayanya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkkw...iya juga sih...mahal di ongkos ya mang...

      Delete
  13. Kalo ke surabaya biasanya anak-anakku ngajain ngemall, maklum di kota kecilku nggak ada mall yg gede2 seperti di surabaya hehe.
    Museum Sampoerna aku pernah masuk Desember lalu, kalo pantai Kenjeran belum pernah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku yo doyan ngemall juga kok mbak, padahal tiap minggu ngemall tp tetep nggak bosen

      Delete
  14. wah aku jadi penasaran ama pendiri pendiri legendaris sampoerna hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada poto2nya di hos nya mbak...lengkap

      Delete
  15. Udah 10 tahunan nggak ke Surabaya. Pengin sih sekalian ke Madura.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekalian ke madura ntar mbak Lus...

      Delete
  16. Kayaknya harus stay lebih dari 3 hari kalo ke Surabaya biar bisa ke semuanya
    aku kalo ke surabaya cuman pengen sambel bu rudi hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sambel bu rudi emang top...iyo mbak...paling gak di surabaya harus stay 3 hari biar puas jalan2

      Delete
  17. aku belum pernah ke danau unesaa... jauuuh dr rumahkuu..

    btw, beneran apik yaa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apik pas lihat sunsetnya mbak eda...lunggoh ndelok wong mancing sekalian

      Delete
  18. Mangrove wonorejo juga keren mba :D

    ReplyDelete
  19. Itu di menara masjidnya, pengunjung bisa naik sampai atas nggak? Kayak yg di Masjid Agung Jawa Tengah gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bosa, tahun lalu karcisnya cuma 5ribu

      Delete

Yuk berkomentar :)