Thursday, September 08, 2016

Inspirasi Menu Masakan di Hari Raya Idul Adha

Idul Adha sebentar lagi, hari raya ini identik dengan hari raya kurban dan hari raya haji. Hari Raya Kurban karena sebagian dari umat muslim yang merasa dirinya mampu diwajibkan untuk berkurban, membersihkan atau mensucikan harta mereka. Disebut Hari Raya Haji karena di bulan ini umat muslim di dunia sedang melaksanakan ibadah haji di tanah suci. Semua umat Islam di seluruh dunia akan merayakan Hari Raya ini pada tanggal 10 Dzulhijah dengan rasa syukur.


Baca juga : Menu Favorit di Hari Raya Lebaran dan Tradisi Lebaran Lainnya



Hari Raya Idul Adha juga seperti Hari Raya Idul Fitri, yaitu sama-sama dinanti oleh umat muslim. Sebelum Hari Raya Idul Adha di sunnahkan puasa pada tanggal 8 dan 9 Dzulhijah. Puasa pada tanggal 8 Dzulhijah dinamakan puasa Tarwiyah sedangkan pada tanggal 9 Dzulhijah dinamakan puasa Arafah.
Keutamaan puasa Tarwiyah adalah menghapus dosa 1 tahun uang lalu dan keutamaan puasa Arafah adalah menghapus dosa 2 tahun (1 tahun yang lalu dan 1 tahun yang akan datang). Subhanallah... Yuk ah berlomba-lomba puasa sunnah 2 hari itu, semoga kita ikhlas menjalankannya karena Allah. Semoga amal perbuatan baik kita diterima Allah dan terhindar dari segala macam musibah. Amiiin.

Umat muslim berkurban dengan hewan-hewan yang ditetapkan antara lain : domba, sapi, unta, kambing, dan kerbau. Biasanya ditempatku yang menjadi hewan kurban adalah sapi dan kambing. Beraneka macam olahan daging sapi dan kambing di Hari Raya Idul Adha. Antara lain :

1. Sate Kambing
2. Tongseng Kambing
3. Gulai Kambing
4. Kambing Rica-Rica
5. Nasi Goreng Kambing
6. Bistik Kambing
7. Sate Goreng Kambing
8. Iga Bakar Kambing



Baca juga : No Ayam No Unggas


9. Iga Bakar Sapi
10. Sate Sapi
11. Semur Daging Sapi
12. Sop Buntut
13. Sop Iga
14. Sapi Lada Hitam
15. Tumis Sapi Kecap Pedas
16. Sapi DagingnTumis



Inspirasi menu masakan diatas bisa dijadikan referensi untuk Hari Raya Idul Adha. Biasanya menu masakan yang paling banyak menjadi favorit adalah sate. Selain mudah mengolahnya (tak perlu bumbu khusus) pun cepat masaknya. Tinggal cuci bersih daging, potong dadu (atau sesuai selera) dan tinggal siapkan tusuk satenya terus dibakar dech. Selagi hangat bisa kita nikmati sajian lezat ini.
Eits...tapi ingat. Makan berlebihan juga tak baik ya... ingat kesehatan. Imbangi dengan olahraga agar tubuh tetap bugar baik sebelum atau sesudah Hari Raya Idul Adha. Gaya hidup dan pola makan yang tak teratur juga bisa menimbulkan penyakit loh gaes.


Baca juga : Agar Terhindar Dari Kolesterol

Selamat Hari Raya Idul Adha.


Related Posts

Inspirasi Menu Masakan di Hari Raya Idul Adha
4/ 5
Oleh

20 komentar

Duh jan ueanak temenan dehmbak klo sate kambing.semua anggota keluarga pada suka

pengennya alangsung jadi aja ga usah masak mba hehe

Aku si yg gampang2 aja mak..klo ada kaambing di sate klo sapi bikin steak aja tinggal di marinate bumbu steak trs dibakar.tambahin sayur2 rebus. Udah deh siap makan :)

kalau dpt daging sapi, ku rawon atau bikin bumbu spagheti

Paling favorit itu kambing rica-rica Mbak. Nggak ada bosennya.

di tempat saya, kebanyakan kalo dapat daging kambing di sate atau dibikin rabeg :)

Cant wait to bakar2 te sateeeeeeeeee :D

Kalo daging sapi biasaanya kubiat bakso mbak... soalnya itu yang semua doyan, kalo kambingnya aku masak suka-suka aku aja resep andalan wlwkwk pake bamer, baput tomat cabe... dikecapin juga enak...

Kalo di rumahku mau kambing mau sapi diabrekin satu presto, terus dikasih bumbu rendang *biar cepet* hihi

Wuah menunya enak-enak semua itu. Tapi kalo daging kambing aku nggak begitu suka, lebih suka sapi atau ayam :)

Kalo sate emang enak mbak...hehehe

Hahaha...langsung hao ya mbak kania...

Kalo sate emang suoer gampang ya nggak repot bumbunya juga

Rawonan itu enak sekali mbak tatit

Wih enak, tapi bumbunya rada ruwet mbak

Rabeg? Baru denger masakan rabeg mbak

Te sateeee...enak sekali sateku

Kalo bakso aku masih rada ribet mbak, soale masih ada bocah...rewel..minta gendong terus jd nggak sempat dech

Wuhuuu...bumbu rendang...ajib banget

Aku ayam nggak mau, aku cuma suka daging sapi mbak...hehehe

Yuk berkomentar :)