Agar Terhindar Dari Kolesterol

Gaes... Selamat Idul Adha ya...Maaf ya telat sehari.
Gimana, udah puas makan-makannya? Daging kurbannya diapain aja nih? Dibikin sate, digule, direndang, ditumis, dioseng-oseng, digoreng, dikukus, dilodeh, diapa-apain pokoknya? Terserah kalian deh mau diapain aja, yang penting jangan banyak-banyak makan dagingnya.


Eits... awas. Awas jaga kesehatan. Katanya sih, beberapa penyakit muncul setelah hari raya kurban ini gegara kebanyakan makan daging, salah satunya adalah kolesterol. Iyupz, kolesterol. Kabarnya, jika kita nggak mengontrol makanan sedini mungkin, siap-siap umur 20 tahunan pasti kalian bakalan terserang juga.





Sebagai ibu beranak satu dan umur dikit lagi berkepala tiga kini tanda-tanda itu sudah aku rasakan. Sakit bagian kaki (lutut kebawah)... sakit banget. Lebih enak sehat ternyata.

Memang benar, sehat itu adalah anugerah dan rezeki terbesar dalam hidup selain dikarunia keturunan. Bayangkan saja jika kita tidak sehat, berapun banyak harta dan uang kita pasti tak ada gunanya. Sehat, memang keinginan semua orang.




Btw, kalian udah pada kena kolesterol belum gaes? Semoga aja nggak ya...
Tanda-tanda kolesterol tuh diantaranya :
1. Kram tiap malam
2. Nyeri di kaki
3. Kulit dan kuku yang berubah akibat aliran darah yang tersumbat


Gaes... curcol aja nih. Kalo kram tiap malam sih nggak juga, tapi aku pernah mengalaminya. Berasa cekot-cekot nih kaki saat kram...ampun deh. Semoga aja nggak tiap malam... eh tapi aku pengen nggak kram lagi, selamanya. Hush hush sana...


Nyeri di kaki, sudah mulai aku rasakan, sekarang sudah mulai menjalar ke bagian betis. Semoga saja jangan sampai ke paha dan menjalar ke bokong. Untuk itu aku ingin membuang penyakit ini, mumpung belum parah. Mumpung belum menjalar ke paha dan ke bokong. Untuk itu aku ingin hidup sehat.



Salah satu diantaranya agar terhindar dari kolesterol adalah :

1. Olahraga
2. Jaga makanan, jangan makan makanan berlemak tinggi
3. Rajin konsumsi buah dan sayur
4. Tidak minum minuman beralkohol
5. Berhenti merokok bagi mereka yang merokok
6. Jaga berat badan



Intinya, yang paling murah tapi berat melaksanakannya adalah olahraga dan menjaga pola hidup. Melihat makanan enak duh pasti nggak tahan, tergoda, dan besok dietnya. Begitupun seterusnya... besok aja dietnya.
Sama dengan olahraga, pasti deh malas buat melakukannya. Apalagi olahraga dipagi hari... mending tarik selimut lagi sehabis sholat Shubuh. Semuanya, jika ingin sehat... mulailah menjalani kehidupan yang sehat juga. Niat dan komitmen tinggi agar penyakit tersebut menjauh dari dalam tubuh kita.

Semoga kita selalu diberikan kesehatan dan niat sehat harus dibuktikan hari ini juga.



No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)