Saturday, March 07, 2015

Doyan sayur dan buah karena tanda-tanda kolesterol

Karena aktifitasku yang super duper padat, aku jarang sekali memasak. Aku selalu beli makan (makan pagi dan makan siang) di luar saat ngantor, pun sama halnya dengan suamiku Tweety. Aku sampai nggak punya waktu untuk memasak dirumah karena satu dua tiga alasan yaitu selalu berangkat pagi pulang malam jadi nggak sempet, nggak ada waktu lah, inilah, itulah, bla bla bla.

Walaupun emang sempat memasak aku hanya sempat menggoreng telur ceplok atau kadang tahu tempe tanpa sayuran apalagi buah jangan ditanya. Karena seringnya membeli tahu tempe pada bapak penjual tahu tempe keliling yang ada diperumahan, tanpa dipanggilpun si bapak itu berhenti untuk menawarkan jualannya padaku :)

Tiba-tiba suamiku mengeluh sakit di area lehernya. Dia nggak bisa noleh ke kanan dan ke kiri, Jadi kalau dia mau noleh, semua badannya ikut serta seperti robot gitu. Kadang sesekali aku ejek dia sebagai robot, habisnya parah sih cara nolehnya.

Akhirnya karena tak kunjung sembuh juga tuh sakit lehernya aku searching aja di internet. Astaghfirullah...ternyata itu tanda-tanda kolesterol, ini tanda-tanda apa sudah terkena ya? Aku nggak mau ambil pusing akhirnya aku mencari makanan sehat yang paling nggak bisa nurunin kolesterol suamiku.

Memang sih kami makannya jarang pake sayuran, apalagi suamiku...parah banget dia. Sayuran masih pilih-pilih, kalau nggak enak nggak dimakan...kalau pahit langsung dibuang...contohnya saja daun kemangi...padahal daun kemangi itu sehat banget, dan sangat banyak manfaatnya walaupun rasanya pahit.

Brokoli, tomat, buncis, kemangi, dan bumbu dapur alami

Akhirnya setelah searching, makanan yang bisa mengurangi kadar kolesterol, aku menemukan makanan-makanan sehat itu antara lain mengkonsumsi sayuran seperti brokoli, sayuran yang bervitamin A seperti wortel, sayuran yang bervitamin C seperti tomat, dan kemangi. Jangan lupa, harus membatasi penggunaan minyak goreng dan lebih baiknnya mengkonsumsi makanan yang direbus atau dikukus saja.

Dioseng-oseng tanpa menggunakan minyak

Akhirnya dengan modal 20ribu rupiah aku sempatkan pergi ke pasar hanya untuk membeli sayur-sayuran yang aku butuhkan. Brokoli, wortel, buncis, tomat, kecambah, kemangi, dan beberapa bumbu dapur lainnya. Tak lupa aku membeli 1 kg jeruk seharga 15ribu perkilonya untuk mendapatkan vitamin C dari buah ini. Dengan lahapnya dan berusaha ingin hidup sehat walaupun rasa pahit daun kemangi menggangunya suamiku selalu mengatakan makanan sayuran ini enak. Padahal aku tau, dia tak begitu doyan sayur, dan karena penyakit itu pula dia menjadi doyan sayur.
Brokoli, wortel, buncis, dan kemangi dikukus setengah matang.

Selama 3 hari mengkonsumsi sayuran dan buah ditambah hanya sedikit nasi sebagai energi sakit leher suamiku berangsur-angsur sembuh. Alhamdulillah, ternyata tanda-tanda penyakit kolesterol itu bisa diobati dengan cara bagaimana kita memperlakukan tubuh kita sendiri, bagaimana kita bisa menerima makanan sehat dalam tubuh kita.

Siap disantap :)

Semenjak itu aku sudah mulai mengurangi penggunaan minyak goreng, aku selalu mengukus atau merebusnya. Semoga penyakit yang ada ditubuh kami perlahan-lahan menjauh dengan cara hidup sehat kami.

https://wyuliandari.files.wordpress.com/2015/02/bannergiveaway1.jpg


Related Posts

Doyan sayur dan buah karena tanda-tanda kolesterol
4/ 5
Oleh

48 komentar

Saya juga ingin pola makan seperti itu, cuma masih belum bisa dijalani :D
Suami suka protes >.< Padahal suami badannya gemukan.
Moga cepet kolesterol turun ya bu...

halo salam kenal, saya mampir ya :) selalu ada yg positif dibalik sesuatu yg kurang baik ya mbak. justru skrg mbak jd berusaha banyak makan sayur dan buah. sedikit repot memang ya kalau belanja dan masak, tapi efek sehatnya insyaallah lama. :)

brrti skrg hrus sring2 makan syur ow mbk dwi ,,hehe biar leher suaminya gk kek robot lg klo mw tengok kanan kiri ,,,jjejeeeee

Padahal syur dan buah itu enak lho mbak. Nadia aja doyan sayur kafang digadoin gtu aja. Yuk mkn sayur biar sehat.
Semoga suaminya segera sehat ya.mb.dwi jg :)

Aku juga suka sayur mak, kalau tanda-tanda kolesterol yg lain itu apa ya Mak? takut juga si sayah,, soalnya pola makannya *agak* kurang sehat. Suka makan gorengan dan lain-lain.

Emang beratnya makan organik dan sayur setiap hari itu harus sering belanja dan harus sering masak yaa.. Padahal itu pola makan yg sehat ya... makasih mba udah sharing

Saya juga lg kumpul resep serba kukus, Mak.. Maklum usia...:)

Aduh saya jarang sekali makan sayur, musti dirubah nih kebiasaannya....

Cara masaknya sangat simpel dan menyehatkan ya Mba...
patut dicoba nih :D

bukan salah tidur ya mbak ngak bisa noleh,
saya jarang makan sayur, malah kurang suka, tapi itu gambar diatas saya jadi lapar,

Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan ya mbak. kami suka sayur, tetapi juga suka minyak goreng. kalau bikin tumis sayur... langsung ludes sekali makan.

sudah mulai mengurangi goreng2an,nggak sebanter dulu hehehe...semogakita sehat selalu ya mbak^^
aku suka lalap kemangi hehehe

disempatin aja mbak masak makanan sehat yang simpel2, jadi gak butuh waktu lama memasaknya... :)

Gara-gara kesibukan, seringkali membuat pola makan gak teratur bahkan lebih condong memakan apa saja yang ingin di makan tanpa menyeleksinya terlebih dahulu.

Aku sudah terkena kolesterol Mak... Makanya aku skrg wanti2 terhadap makanan tertentu pemicu kolesterol..

aku juga lagi belajar masak mbak, biar bisa sesuka hati food & combining :))

Seminggu ini sy kurang makan sayur karna aktivitas lg padat & tiap beli makan di warteg, sayurnya sdh habis.. badan berasa banget nggak enaknya.. :)

gampang ya masaknya, sepertinya saya juga bisa tuh

Wah, sama banget Mba, akujuga sering banget beli diluar dan memang banyak ngga bagusnya sih kalau kita makan diluar

amiien makasih ya mak...suami sejak punya penyakit itu udah jarang protes :)

betul sekali, emang agak repot sih..tapi demi kesehatan harus dibela-belain :)

bhahahahaha..iya mas fiu..harus stok sayur sepertinya :)

amiien makasih mbak muna..wah nadia pinter ya..doyan sayur ama buah..tante dan om kalah nih... :)

iya, gorengan adalah salah satu penyebabnya..karena banyaknya minyak itu jadinya kumat deh kolesterolnya :)

hahaha..iya..beribet kalo belanja ama masak mbak mia...tapi ya itu..demi kesehatan emang harus berkorban :)

iya, dengan menu dikukus insyaallah bisa ngurangi penyakit :)

harus donk..harus dirubah mas biar nggak ada penyakit yg nempel :)

iya simpel banget, cuma dikukus :)

hahahaha..ayo dimakan makan sayurnya biar sehat...iya sih kadang salah tidur juga bisa menyebabkan sakit leher,,,tapi ini udah tanda2 kolesterol mas :)

hahaha iya..soalnya tumis pake minyak goreng tuh nikmat banget :)

wah..lalap kemangi emang enak mbak hanna..mantap deh..makasih ya mbak :)

iya sepertinya begitu deh mbak ninik, biar sehat lagi nih badan :)

betul ya begitulah kalo sok sibuk padahal sejujurnya pengen hidup sehat :(

betul sekali, emang harus jaga makanan ya mak agar kolesterol nggak kumat :)

iya..food combining itu harus dan wajib deh menurutku..soalnya manfattnya besar sekali :)

iya mbak, aku sih kadang gitu..baru kalo udah parah sakitnya lekas bertindak hahaha

pasti bisa deh, gampil banget,,,

iya nggak bagus banget, lebih sehat masak sendiri sepertinya :)

Aku suka sayur dan berminat banget sama sajian yg bisa dimasak tanpa digoreng. Ternyata bisa gitu ya masak bermacem sayuran dikukus seperti itu. Semoga sehat2 sekeluarga ya :)

amiien..iya mbak..semenjak tanda2 kolesterol udah rajin memakan makanan yg dikukus :)

Yukk..yukk mumpung masih muda, jaga pola makan. Biar ntar tua gak nyesel loo.
Thanks ya jeng udah ramein GA ini.dan smoga makin sehat. Smoga sukses Salam hangat.

amiien...makasih mbak wid :)

food combining is the best mak :)

yupz is the best banget mak :)

wah ajdi pengen makan mbak hehe...

Mba, sy suka bgt sayur dan buah.
Smg selalu sehat ya. Ayo hidup sehat.
Btw baru sadar kalo udah pake doamin sendiri, selamat ya mba.
Maaf lagi ngrapel nih :)

hahaha..iya gpp mbak..iya nih mbak sekarang udah doyan semuanya :)

Yuk berkomentar :)