9 Macam Kuliner Enak Menurut Saya

Ngomong-ngomong Surabaya nih...pastinya pada bilang panasss, macettt, kota besarrr, polusiii, padat merayappp. Aih...jangan salah, walaupun Surabaya kota besar dan merupakan ibukota propinsi di Jawa Timur tapi nggak separah itu kaleee #siapa dulu Walikotanya :)

Banyaknya pohon dan taman pastinya akan mengurangi rasa panas di Kota Surabaya ini.Jalan-jalan ke suatu tempat tanpa adanya "kuliner" tuh kurang afdol. Kaki bergoyang tapi perut dibiarkan membuncah karena nafsu yang membara. Membuncah karena nafsu yang harus dituruti dan pastinya sangat mendalam untuk menahan lapar. Nggak adil rasanya, jalan-jalan tanpa makan dan incip-incip camilan lainnya. Yuk mari apa saja kuliner yang ada di Kota Surabaya. Siapa tau suatu hari nanti yang dari luar Kota Surabaya pengen kulineran :) 

Letaknya yang strategis di kawasan dan lingkup ruko dan kantor, menjadikan bakso bonet ramai pengunjung. Tempat bernaungnya bakso ini di daerah Manyar Kertoarjo di daerah pertokoan. Sayangnya aku nggak bisa menyebutkan nomor berapa si abang bakso mendirikan tendanya ini. Pokoknya di daerah Supermarket Bonet atau di belakang kantor PD Pasar Surya Kota Surabaya. 


Banyak sekali yang ngandok makan disitu, dari tua muda, remaja, anak kuliah, pekerja, pada seliweran silih berganti di tempat itu. Sayangnya disini kita nggak bisa nongkrong terlalu lama. Soalnya masih banyak yang ngantri dibelakang kita. Jadi setelah makan dan minum kita harus dan harus cap cus. Biasanya yang rame itu sekitar pukul 11 siang sampe pukul 1 siang. Yah, jam-jam istirahat kerja gitu. Biasanya aku kesini pukul 12 siang bersama teman-teman kantor untuk mengisi perut yang sudah mulai keroncongan.

Beralamat di Jln. Citarum No. 2 sebelah Masjid Al Falah lagi dibuka cabang baru Mie Akhirat, yang ini adalah pindahan dari Jl. Progo 10 yang dulunya ada di belakang Taman Bungkul. Mie Akhirat satunya lagi ada di depan kampus UPN Veteran Surabaya. Biasanya hari Minggu pagi sehabis car free day di Taman Bungkul aku langsung cap cus ke tempat ini. 


Ada berbagai menu, tapi yang fenomenal adalah Mie Neraka dan Mie Surga. Dengan Level 1-10, dimana 1 level itu sama dengan 5 cabe jadi kalo 10 level sama dengan bunuh diri hahahaha.....Bagi kalian yang pengen bibirnya memble langsung saja rasakan rasa yang berbeda di Mie Akhirat yang ada di Jln. Citarum No. 2 Surabaya. Yuk buruan kesana :)

Kudapan yang satu ini super duper mantafff, udah pedesnya nggak ketulungan dan pastinya rasanya nyes di lidah. Setiap gigitan memberikan sensasi yang nendang-nendang. Siomay Mercon yang hanya ada di Surabaya ini adalah bisnis baru milik gadis muda lulusan dari Universitas Kristen Petra, Lydia Rosalia. 


Awalnya satu kali gigitan nggak percaya kalo siomaynya ada rasa pedesnya dan ternyata setelah aku gigit seuprit aja bikin bibirku memble. Busyettt ngalah-ngalahin cabe satu ons aja pedesnya. Eits, tapi bagi kalian yang nggak suka pedes bisa kok request yang cabenya cuma se upil, dan ini hanya cocok bagi bukan penggila pedas. Kalian yang ingin merasakan kuliner ini langsung saja datang ke Mall Royal Plaza. Kudapan yahud ini sudah menunggu kalian pas di depan Fun World. 


4. Tempe Penyet Kedai Cangkir
Kedai cangkir yang ada disebelah kantor tepatnya di Jalan Arief Rahman Hakim Sukolilo Surabaya menawarkan berbagai pilihan menu. Mulai dari gado-gado, rawon, nasi campur, dan lainnya. Yang aku suka adalah menu tempe penyetnya, soalnya sambelnya itu bikin melek. Maklum siang-siang gini kalo nggak makan yang pedes-pedes mata berasa ngantuk banget :) Selain itu kita bisa mesen minum, mulai dari air putih, kopi, capucino, sampai soda gembira. Tempatnya juga dijamin cozy deh, soalnya ada halaman belakang yang hening dan hanya ada kolam ikan.



5. Kebab King's
Kalau Kebab King's nih biasanya mudah banget ngedapetnya, biasanya sih standnya tuh mangkal di Al**mart atai In**mart. Harganya 1 biji tuh paling murah 12ribu. Rasanya aku suka banget, rasa dagingnya kerasa, biasanya aku beli yang rasa daging sapi, dimana dagingnya tuh banyak banget. Cuma bayar 14ribu nafsuku laparku terobati :) Mungki di tempat kalian yang beginian juga banyak ya :)



Sebenarnya aku nggak tau alamat lengkapnya Warung Padang Mang Jooo ini dimana, ini sih gegara aku langsung berhenti aja ngelihat warungnya yang bersih dengan cat warna kuning menyala. Walaupun ukuran warungnya kecil, tapi peletakan meja dan kursinya rapi banget jadi berasa luas gituh. Pokoknya di daerah Jalan Kenjeran Surabaya, sebelum menuju Jembatan Suramadu. Ntar kalian tolah toleh aja dan pastinya ada Warung Padang dengan warna kuning menyala. Itulah Warung Padang Mang Jooo yang uenak tenan :)



Resto yang memiliki nuansa khas pedesaan dilengkapi dengan lampu yang remang-remang dengan pramusaji baik laki-laki maupun perempuan memakai busana khas petani di desa lengkap dengan capilnya. Setiap tamu datang gong di depan pintu akan ditabuh dan semua pramusaji serempak akan mengucapkan "sugeng rawuh" yang artinya selamat datang. Resto yang beralamat di Jalan Basuki Rahmat No. 72 Surabaya ini setiap harinya selalu ramai pengunjung. Menyajikan menu-menu desa yang bener-bener endesss banget. Kalian mau kan, datang aja langsung kesini...



8. Ikan Asap khas Kenjeran
Jika kalian bermain-main, melipir, jalan-jalan, lewat saja, ataupun yang lainnya disekitar kawasan pantai Kenjeran, pasti akan menemukan pedagang yang berjejer menjual ikan asapnya. Ikan asap yang sudah dipotong dan ditusuk dengan ukuran sama dapat kita beli seharga 2ribu rupiah pertusuknya untuk jenis ikan manyung. Boleh ditawar, asalkan yang masuk akal ya kalau mau nawar, misal kita beli 8 tusuk ikan asap, maka boleh kita tawar dengan harga 15ribu. 


Jadi, kita sudah dapat potongan harga seribu rupiah. Atau, kita mau beli 10 tusuk ikan bakar, kita bayar 20ribu dan kita dapat gratis 1 tusuk ikan asap. Begitulah cara menawarnya. Ikan asap yang dijual juga beraneka ragam. Mulai dari tengiri, pari, tongkol, bandeng, manyung, dan sembilang. Harga yang dijual juga beraneka ragam tergantung jenis ikannya. Jadi, kalau kalian melipir ke Kenjeran, selain fota foto jembatan Suramadunya jangan lupa untuk membeli ikan asap ini ya :)


9. Sate Kerang khas Kenjeran
Nyarinya gampang banget, di sepanjang Pantai Kenjeran pasti deh nemu sate ini. Selain sate kerang ada juga loh lontong kupang...rasanya ajibbbb banget.


Gak afdol juga kalo cuma ditunjuki makanan muluuu...nih ada tempat-tempat yang cozy yang wajib juga kalian sambangi pas lagi liburan ke Surabaya. Pastinya tempat yang amat sangat membuat pikiran fresh ya...yuk mariii :)


No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)