Asiknya Berwisata Ke Taman Budaya Dago Tea House Bandung

Saat berada di Bandung, mendengar nama Dago tentu tidak asing lagi. Kawasan ini memang sangat terkenal di Bandung karena menyimpan banyak pesona, mulai dari banyaknya jenis kuliner yang bisa dicoba, wisata unik nan menarik hingga pemandangan kota Bandung yang sangat sayang jika dilewatkan. Dago berada di sebelah utara Bandung dan memang sejak jaman dulu, sudah menjadi tempat primadona yang paling disukai banyak orang, tidak terkecuali oleh kolonial Belanda pada masa itu. Hingga kini, Dago masih ramai dikunjungi karena berbagai tempat wisata dan kuliner terbaru terus hadir.


Salah satu daya tarik yang ada di kawasan Dago adalah Dago Tea House. Pernah mendengar tempat ini belum??? Bagi yang baru pertama kali mengetahuinya, mungkin akan penasaran mengenai tempat ini. Yuk, kulik lebih jauh mengenai Dago Tea House!

Pada Mulanya…

Dulunya, Dago Tea House disebut dengan Dago Thee Huis oleh orang Belanda. Nama ini dibuat bukan tanpa sebab, melainkan memang karena pada jaman dulu, orang-orang Belanda sering menggunakan tempat ini untuk bersantai sambil minum teh. Lokasi Dago Tea House berada di ketinggian 600 meter di atas permukaan laut. Tidak heran, jika saat berada disini, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan dan keindahan kota Bandung. Pada malam hari, dari tempat ini, bisa kita lihat kerlap-kerlip lampu kota serta udara gunung yang dingin.

Ikon Kota Bandung

Dari perjalanan yang cukup panjang, pemerintah setempat akhirnya memilih Dago Tea House sebagai rumah budaya yang kerap menyajikan berbagai pertunjukan seni budaya. Awalnya, inspirasi untuk membuat sebuah taman budaya datang dari Dirjen Kebudayaan Depdikbud pada tahun 1970 lalu, ia ingin ada sebuah pusat kebudayaan dan seni yang mana tempat tersebut harus memenuhi beberapa kriteria seperti adanya gedung pertunjukan, ruang workshop, teater terbuka, galeri dan taman. Melalui berbagai pertimbangan dan proses yang cukup memakan waktu lama, akhirnya dipilihlah Dago Tea House sebagai pusat kebudayaan. Tujuannya tidak lain untuk tempat pertunjukan berbagai seni tradisional, mengenalkan kepada banyak orang mengenai seni dan budaya serta agar kota Bandung tampak maju dan hidup.

Kegiatan Wisata Yang Bisa Dilakukan

Pengunjung yang datang ke Dago Tea House, bisa melakukan berbagai jenis kegiatan, mulai dari menikmati pemandangan, berwisata kuliner, fotografi hingga menikmati pagelaran seni yang biasanya dilakukan sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Selain itu, untuk mengembangkan minat masyarakat terhadap seni, pihak pengelola memberikan pembinaan dan pelatihan seni bagi mereka yang tertarik. Ada seni musik, tari, teater hingga karawitan. Pembinaan dan pelatihan seni ini dilakukan setiap hari pada saat jam kerja.

Lokasi 

Dago Tea House atau Taman Budaya Dago Bandung berada di Bukit Dago Selatan No.53 A. Untuk mencapai lokasi, dapat menggunakan berbagai alat transportasi seperti mobil baik mobil pribadi atau mobil sewaan hingga bus, namun tetap pastikan untuk berhati-hati saat dalam perjalanan karena lokasinya yang berada di dataran tinggi, memungkinkan risiko terjadinya kecelakaan. 


Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)