Berbagai Macam Furniture Kantor yang Sering Digunakan

Fasilitas yang ada di kantor berguna untuk memudahkan dan menunjang pekerjaan yang dilakukan. Fasilitas kantor meliputi furniture, teknologi, serta perlengkapan kantor. Furniture kantor merupakan bagian penting yang harus diperhatikan karena berkaitan langsung dengan kenyamanan aktivitas di dalam kantor. Pemilihan furniture yang ideal berfungsi agar bisa menunjang pekerjaan orang-orang di kantor. Berikut beberapa macam furniture yang biasanya sering digunakan di kantor.

Beberapa Macam Furniture yang Ada di Kantor

Meja Kantor

Furniture kantor yang wajib ada di sebuah perkantoran sudah pasti meja kantor. Anda bisa melakukan segala aktivitas yang berhubungan dengan pekerjaan di meja kantor. Ada berbagai jenis meja yang biasanya digunakan pada sebuah ruangan kantor, yaitu mulai dari yang berbahan kayu, besi, plastik, dan banyak lainnya. Permukaan meja kantor berbentuk datar, dengan bagian yang rata sehingga bisa digunakan untuk menulis, mengetik, dan meletakkan segala macam perlengkapan kerja. Meja kantor yang ideal juga memiliki laci pada bagian bawah yang berfungsi sebagai penyimpanan.




Partisi Ruangan Kantor

Partisi merupakan sekat atau pemisah antara satu meja kantor dengan meja lainnya. Memang tidak semua kantor terdapat partisi, tapi idealnya perlu ada batas yang memisahkan antar meja sehingga tampak lebih rapi dan antar karyawan bisa bekerja secara lebih fokus. Furniture perkantoran satu ini umumnya terbuat dari bahan kayu atau besi yang berbentuk segi empat dengan kaki di bagian bawahnya. 


Lemari Arsip

Lemari arsip menjadi salah satu furniture kantor yang memiliki fungsi penting. Lemari arsip berguna sebagai tempat penyimpanan berkas-berkas yang ditata rapi agar suatu saat jika dibutuhkan bisa didapatkan dengan mudah. Pada sebuah kantor, lemari arsip biasanya terbuat dari bahan besi atau kayu yang ukurannya bervariasi, mulai dari kecil ramping, berukuran sedang, hingga berukuran tinggi dan besar jika memang perlu untuk menyimpang berkas dalam jumlah banyak. Pada lemari arsip terdapat pintu penutup yang terbuat dari besi, kayu, atau kaca, menyesuaikan bahan lemari tersebut. 


Kursi Kantor

Kursi mungkin dianggap sebagai furniture kantor yang sepele, karena sering tidak disadari keberadaan dan fungsinya. Namun kursi kantor nyatanya memiliki kegunaan yang sangat penting di sebuah ruangan perkantoran. Oleh karena itu jangan sampai Anda lewatkan untuk memilih kursi kantor kualitas terbaik. Jenis-jenis kursi kantor beraneka ragam, misalnya kursi kantor eksklusif yang terbuat dari jok kulit dengan bagian punggung lebih tinggi sehingga nyaman dijadikan sandaran saat lelah bekerja. Selain itu, ada juga kursi kantor standar pada umumnya yang memiliki bentuk lebih simpel tapi tetap nyaman digunakan.





Kursi Tamu

Selain kursi kantor, kursi tamu juga perlu ada di sebuah ruangan kantor. Fungsinya sebagai tempat untuk menerima tamu atau untuk melakukan meeting dalam skala kecil. Kursi tamu yang biasanya digunakan di kantor bermacam-macam jenisnya, mulai dari sofa eksklusif, sofa standar, hingga kursi minimalis. Sofa eksklusif umumnya diletakkan di ruangan atasan yang sering menerima tamu penting. Sofa standar maupun kursi minimalis lazimnya berupa tiga kursi yang saling melingkar dengan meja pada bagian tengahnya. 


Itulah 5 macam furniture yang idealnya terdapat di sebuah ruangan kantor. Masih ada banyak lagi furniture lain yang biasanya digunakan, tapi 5 macam tersebut menjadi yang paling penting. Jika Anda sedang mencari furniture kantor kualitas terbaik dengan harga yang terjangkau bisa mendapatkannya di Arkadia Furniture, tersedia berbagai model furniture untuk kebutuhan perkantoran.


Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)