Manfaat Colocation untuk Pengelolaan Data Perusahaan IT

Bagi perusahaan, data adalah hal yang sangat penting untuk dijaga. Khususnya jika perusahaan tersebut adalah perusahaan Informatika. Perusahaan yang bergerak di bidang informatika memiliki data yang lebih banyak dibandingkan dengan perusahaan lainnya. Istilah data juga lebih banyak dimiliki oleh perusahaan IT. Faktanya di perusahaan IT banyak sekali istilah-istilah seperti hosting, server, komutasi awan dan masih banyak lagi. Namun, yang menjadi permasalahan adalah, tidak semua perusahaan bisa mengelola datanya dengan baik dan maksimal. Untuk itu, diperlukan layanan pusat perlindungan data, yakni Colocation. Layanan tersebut merupakan pihak ketiga yang dapat menjaga data dengan baik dan maksimal.



Manfaat Menggunakan Colocation

Sebenarnya, setiap perusahaan bisa mengelola datanya sendiri, akan tetapi masalahnya adalah terletak pada tingkat kemaksimalan. Nah, maka dari itu dibutuhkan tempat atau rak untuk menyimpan data di pusat server. Berikut adalah manfaat yang bisa diperoleh apabila menggunakan Colocation.


Efektif dan Efisien

Dalam suatu perusahaan dibutuhkan sebuah wadah yang dapat menyimpan data dengan baik. Akan tetapi membuat sebuah wadah untuk data bukanlah hal yang mudah, apalagi murah. Dibutuhkan dana yang tidak sedikit untuk bisa menyimpan data dengan aman di dalam server. Namun, jika Anda menggunakan rak penyimpanan data pihak ketiga, maka akan lebih efisien dan efektif. Biaya yang dibutuhkan juga tidak terlalu mahal, sehingga Anda juga bisa menghemat dana perusahaan.

Tingkat Keamanan Maksimal

Dalam memilih layanan Colocation, tentunya Anda tidak mungkin sembarangan karena mempertimbangkan berbagai hal. Salah satu yang paling penting adalah tingkat keamanannya. Layanan wadah data tersebut dinilai lebih memiliki tingkat keamanan tinggi dibandingkan Anda mengandalkan server yang ada di perusahaan. Namun, yang terpenting adalah selektif dalam memilih pusat datanya. Masalah lokasi, listrik, dan kemungkinan bencana lainnya harus Anda perhitungkan untuk mendapatkan layanan penyimpanan data yang maksimal.


Teknologi Mutakhir

Jika Anda memilih menggunakan layanan Colocation, maka akan lebih efektif karena teknologi yang digunakan sudah sangat mutakhir. Biasanya, mereka akan menggunakan teknologi server tingkat tinggi yang dapat mencegah segala gangguan yang mungkin akan muncul. Seluruh perangkat yang digunakan adalah sistem terbaru dan mutakhir. Anda tidak perlu khawatir dalam mempercayakan masalah data.

Tidak Terikat

Meskipun menggunakan layanan penyedia hosting tersebut, Anda tidak akan terikat sepenuhnya. Nantinya, pihak penyedia akan memberikan akses sebebasnya serta semudahnya agar Anda tidak perlu rumit dalam mengelola data. Karena memang fungsi adanya layanan tersebut adalah semakin memudahkan dalam penyimpanan serta pengelolaan data. Hal-hal seperti mengakses data, menginstall sebuah software, semua bisa dilakukan secara mandiri.


Penjagaan 24/7

Sebenarnya manfaat yang paling terasa dari penggunaan layanan tersebut adalah penjagaannya yang maksimal. Kelemahan dalam sebuah perusahaan adalah tidak bisa melakukan penjagaan maksimal selama 24/7kecuali memang memiliki tenaga yang profesional. Jika menggunakan layanan tersebut semuanya akan menjadi lebih efisien. Data akan selalu dijaga selama 24/7 dengan lebih maksimal. Selain itu, jasa penyedia layanan penyimpanan data biasanya sudah memiliki tenaga yang profesional di bidangnya.


Tak dapat dipungkiri jika menggunakan layanan colocation maka ada banyak manfaat yang bisa didapatkan. Anda tidak perlu bingung-bingung dalam memilih tempat terbaik yang menyediakan layanan tersebut, yakni NEX. Pusat data tersebut memberikan layanan terbaik dan dijamin aman untuk menyimpan data-data berharga yang dimiliki oleh perusahaan IT. Teknologi serta tenaga ahli yang dimiliki tidak perlu diragukan lagi, karena pusat data tersebut sudah sangat berpengalaman dalam bidang pengelolaan data.

Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)