Komunitas Ibu Hamil Popmama.com Untuk Calon Bunda

Komunitas merupakan kelompok sosial yang ada di masyarakat yang terdiri dari 2 orang atau lebih yang berinteraksi di lingkungan tertentu dan mempunyai ketertarikan yang sama. Bisa dikatakan juga jika komunitas merupakan kelompok dalam masyarakat dengan anggota yang mempunyai kesamaan kriteria sosial seperti kesamaan minat. 




Di Indonesia sendiri, banyak sekali komunitas yang bisa ditemukan. Salah satunya adalah komunitas ibu hamil popmama.com. Di komunitas tersebut, akan ditemui berbagai macam manfaat yang bisa Anda terima. 

Manfaat Bergabung Komunitas Ibu Hamil Popmama.com

Salah satunya adalah mengenai perkembangan si kecil, terutama untuk Anda yang baru pertama kali hamil. Saat baru pertama kali, umumnya orang akan merasa senang dan bahkan ada yang merasakan senang yang berlebihan apalagi, hamilnya tersebut sudah ditunggu hingga bertahun-tahun. 

Ketika Anda hamil, akan ada banyak hal yang harus Anda ketahui terutama terkait dengan kondisi tubuh yang berbeda dengan sebelumnya, misalnya perkembangan untuk per trimesternya. Di trimester awal (0-3 bulan) bisa dikatakan sebagai masa yang paling rawan untuk ibu hamil. Ini disebabkan karena janin sedang mengalami perkembangan awal, seperti di bagian organnya. 

Di trimester pertama, janin masih memiliki ketahanan tubuh yang sangat rendah apalagi dengan kondisi ibu yang kurang sehat, dapat menyebabkan Anda mengalami keguguran. Di 3 bulan pertama ini, wanita hamil juga biasanya mengalami morning sickness. Morning sickness sendiri merupakan kondisi mual dan muntah yang dialami saat hamil dan umumnya terjadi sepanjang hari. 

Biasanya, yang mengalami morning sickness adalah wanita yang sedang hamil. Namun, banyak juga suami yang justru mengalami morning sickness tersebut. Istilah untuk fenomena tersebut disebut dengan sindrom couvade. Dalam kondisi tersebut, suami bisa mengalami gejala yang sama seperti halnya Anda saat hamil. Seperti insomnia, mood swing, ngidam, mual, berat badan naik. Bahkan, ada juga yang ikut merasakan nyeri di perut seperti saat wanita melahirkan. 

Bahasan dalam Komunitas Ibu Hamil Popmama.com

Dalam komunitas ibu hamil popmama.com, Anda akan tahu lebih lanjut mengenai hal tersebut. Kok bisa sang suami yang mual dan muntah sedangkan Anda sendiri sehat dan tidak merasakan apapun. Atau mengenai cara untuk mengatasi mual dan muntah agar janin tetap dapat memperoleh asupan gizi yang maksimal. 

Di trimester kedua, akan masuk ke fase yang dapat dikatakan jauh lebih baik dari sebelumnya dan umumnya para ibu akan sangat menikmati fase ini. Namun, hal yang harus Anda ketahui adalah masing-masing wanita hamil memiliki kondisi yang berbeda satu dengan yang lainnya. 

Ada yang sudah dan masih dapat melakukan pekerjaan yang cukup berat. Akan tetapi, ada juga wanita hamil yang masih mengalami morning sickness dan harus bed rest. Pada bulan ke 3-6 inilah, akan muncul banyak perubahan pada tubuh Anda. Seperti perut yang semakin terlihat membuncit sehingga harus mulai melakukan perawatan, misalnya agar tidak terjadi stretch marks. 

Di masa ini, Anda juga harus bersiap untuk menggunakan baju khusus ibu hamil apalagi dengan kondisi perut yang akan semakin membesar. Tentunya Anda tidak mau jika pakaian yang Anda kenakan menekan bagian perut sehingga membuat Anda sesak dan tidak fashionable. 

Di trimester ketiga, Anda akan merasakan perubahan kesehatan dan perasaan yang tidak bisa dijelaskan seperti kecemasan. Di komunitas ibu hamil popmama.com, Anda akan diberitahu bagaimana cara untuk mengatasi rasa cemas tersebut terutama saat Anda hendak melahirkan. Pada trimester ini, Anda harus mempersiapkan stamina dan mental Anda terutama saat menjelang HPL.


Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)