Daftar Resep Makanan Indonesia Yang Mendunia

Daftar Resep Makanan Indonesia Yang Mendunia


Makanan Indonesia di negara sendiri mungkin tidak begitu hype di kalangan anak muda. Namun di belahan dunia lain makanan Indonesia sangat mendunia. Apa yang menyebabkan makanan Indonesia dianggap makanan yang biasa saja di negara sendiri? Hal ini dikarenakan masuknya budaya asing akibat teknologi menyebabkan makanan Indonesia tidak begitu populer di kalangnan anak muda.

Anak muda lebih merasa keren jika nongkrong di makanan wester seperti steak atau pizza. Padahal makanan Indonesia di negara lain sangat banyak peminatnya. Sebenarnya jika pengusaha makanan Indonesia bisa membuat kreasi yang kekinian bisa membuat makanan Indonesia tetap diminati oleh anak muda Indoesia. Nah, anda pasti penasaran makanan Indonesia apa yang mendunia? Berikut daftarnya!

Rendang

Makanan lezat khas minang kabau ini memang menjadi makanan mendunia. Setelah ditetapkan sebagai makanan terlezat di dunia membuat rendang makin melambung. Banyak turis asing yang berdatangan ke Indonesia untuk mencicipi resep makanan Indonesia yang satu ini. Berbeda memang dari rendang yang dijual di Amerika dengan rendang asli masakan Indonesia. Nah, rendang sendiri adalah makanan yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah yang khas. 


Nasi Goreng

Makanan yang satu ini juga sudah mendunia bahkan banyak penggemarnya. Sebenarnya nasi goreng di berbagai kota di Indonesia hampir mirip rasanya. Hanya saja yang membedakan topingnya atau campuran di dalamnya. Ada yang menggunakan seafood sebagai campurannya. Ada yang menggunakan daging, sayuran dan sebagainya. Nasi goreng adalah nasi yang di goreng dengan bumbu khas dan biasanya ditambahkan kecap. Dimakan dengan kerupuk akan menambah nikmat makan nasi goreng. 


Mie Goreng

Selain nasi goreng, mie goreng menjadi resep masakan Indonesia yang tetap unggul. Mie goreng di berbagai daerah berbeda rasanya. Hal ini terkadang mie goreng ada yang menggunakan kecap atau tidak. Mie goreng jawa misalnya yang menggunakan kecap. Nah, mie goreng sebenarnya bumbunya hampir sama dengan nasi goreng. Hanya saja yang membedakan adalah bahan bakunya. Terkadang ada yang menggunakan mie bihu, mie telor atau juga kwetiaw. 


Baso

Makanan atau jajanan yang satu ini enak sekali disantap saat musim hujan sudah melanda Indonesia. Makanan yang satu ini berkuah dan terdapat bola daging yang enak. Baso terbuat dari daging sapi yang digiling lali dicetak bulat-bulat dan direbus. Kuahnya sendiri terbuat dari bumbu khas. Dimakan dengan mie dan sayuran akan membuat baso semakin sedap saja.




Sate

Makanan khas Indonesia yang sangat mendunia selanjutnya adalah sate. Sate terdiri dari daging sapi, kambing atau domba, dan ayam yang dibakar menggunakan arang. Sate ayam, sate sapi atau sate kambing rasanya tentunya berbeda-beda. Nah, tergantung selera anda suka yang mana. Sate bisa dimakan dengan bumbu kacang. Sate juga bisa hanya dimakan dengan kecap saja yang dinamakan sate maranggi. Selanjutnya ada sate pada dengan bumbu yang khas dan lebih encer.


Soto

Resep makanan Indonesia yang tidak kalah dengan baso enaknya adalah soto. Sama-sama berkuah hanya saja yang membedakan bumbu yang digunakan untuk memasak kuahnya dan juga isinya. Jika soto bening yang banyak dijual terdiri dari bumbu kunyi, bawang merah dan putih, merica, ketumbar, jahe, lengkuas, sereh dan daun jeruk. Kemudian isinya ayam. Jika soto bandung, kuahnya bening dan tidak menggunakan kunyit. Isiannya juga daging.

Nah, itulah beberapa makanan khas Indonesia yang sudah mendunia dan pastinya menjadi makanan favorit kita juga.

Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)