UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Kalimat di atas sebenarnya bikin saya iri ingin kuliah lagi. Maklum saat zaman kuliah saya dulu belum ada yang namanya cyber. Dulu saja pengen punya laptop harus merengek pada orang tua demi mendukung mata kuliah yang nilainya jeblok. Terpaksa harus ngulang semester berikutnya deh dengan harapan orang tua bisa membelikan laptop baru untuk saya yang bisa saya buat belajar dan mengerjakan tugas lainnya. Alhamdulillah... orang tua saya pengertian setelah saya jelaskan maksud mengapa saya ngebet sekali pengen punya laptop di semester tiga saat itu.

Selain itu tumpukan foto kopi berbagai mata kuliah bikin saya pusing, berlembar-lembar yang harus saya pelajari dan saya bawa saat mata kuliah berlangsung. Berhadapan dengan dosen dan menyimak secara seksama tulisan dosen di white board. Di salin secara rapi di buku jika saya tidak malas, jika malas tinggal foto kopi punya teman.

Saya pun berjuang keras demi mendapatkan nilai terbaik di mata kuliah yang mengulang tersebut, Alhamdulillah nggak sia-sia karena pada akhirnya nilai saya berubah menjadi bagus. Senang dong pastinya, karena berharap mendapatkan IPK yang sesuai agar bisa mengambil SKS yang diinginkan semester depan.
UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Nah, ngomongin cyber university atau cyber campus ternyata sudah mulai dilakukan oleh kampus-kampus di Indonesia salah satunya Universitas Tanjungpura (UNTAN). UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University merupakan salah satu bentuk kepedulian UNTAN dalam era teknologi ini. Mungkin teman-teman pembaca sudah mengerti makna dari cyber university ini. Cyber University salah satu upaya dalam menjadikan perguruan tinggi berbasis teknologi informasi dengan menerapkan berbagai sistem pembelajaran, kurikulum, pelayanan, fasilitas, maupun sarana dan prasarana lainnya yang dikembangkan dengan basis teknologi. Misalnya saja pada sistem pembelajaran, menggunakan power point dalam pembelajaran maupun presentasi di depan kelas, sehingga presentasi di depan kelas menjadi lebih menarik dan menyenangkan. 

Nah sekarang ada perkuliahan online atau bisa disebut perkuliahan daring dimana mahasiswa tak perlu masuk kelas nih. Tugas pun hanya melalui email atau chatting pun dikumpulkan kepada dosennya demikian. Hal ini membuktikan bahwa dengan adanya teknologi maka semakin mudah mereka mendapatkan dan mencari informasi pembelajaran tanpa harus bertatap muka langsung dengan dosen.

Universitas Tanjungpura (UNTAN) salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang pastinya sudah menyiapkan diri menghadapi revolusi industri 4,0 seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang kian pesat. Dengan mengikuti langkah Cyber University ini diharapkan para mahasiswa dan mahasiswi UNTAN tidak ketinggalan zaman dalam menghadapi revolusi industri 4,0 ini. Untuk itu kampus ini perlahan namun pasti sudah mulai mengenalkan kampus siber kepada para mahasiswanya. Dukungan berbagai pihak pun pastinya menjadi salah satu kunci kampus ini bisa menerapkan kampus siber.


UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Universitas Tanjungpura Membangun Ekosistem Digital Menuju Universitas Siber merupakan dedikasi UNTAN untuk dunia pendidikan khususnya muda mudi Pontianak maupun di luar Pontianak yang ingin sekali melangkah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Dengan adanya website UNTAN sudah membuktikan bahwa universitas ini sudah mulai memberikan informasi terhadap kampusnya melalui internet dan bisa di akses oleh siapa saja yang ingin mengetahui informasi lengkap tentang Universitas Tanjungpura.

Para calon mahasiswa Universitas Tanjungpura pun tidak perlu bingung mendapatkan berbagai informasi dari kampus ini, karena di website UNTAN sendiri sudah sangat jelas. Contohnya jika ingin mencari fakultas yang ada di UNTAN maka kita tinggal mencari di websitenya.


UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Dengan adanya ekosistem digital yang dimiliki oleh UNTAN saya berharap universitas yang ada di Pontianak - Kalimantan Barat ini semakin mendunia dan pastinya go internasional. Inilah harapan besar dari Universitas Siber yang sudah digalakkan pemerintah Indonesia beberapa tahun belakangan ini. Pemerintah menginginkan metode pembelajaran yang serba digital yang mana setiap kampus harus bisa berkreasi dan berinovasi contohnya seperti yang saya jelaskan tadi yaitu dengan metode perkuliahan online.

Pastinya semuanya butuh dukungan dari pemerintah dalam memfasilitasi hal misalnya infrastruktur, regulasi, dan menyiapkan untuk pengembangan perkuliahan. 

Namun, sebagai mahasiswa pun tetap dituntut aktif dalam menyampaikan visi dan misinya. Jangan karena semuanya online maka kita malas untuk melakukan kegiatan belajar lainnya. Mahasiswa tetap harus mendukung Universitas Siber demi kemajuan kampusnya di mata dunia dimana kampus akan siap bersaing dalam dunia yang serba digital ini.

Pastinya dengan adanya internet dan akses dalam mencari informasi yang semakin mudah bisa mendorong mahasiswa maupun mahasiswi tetap aktif dalam kegiatan kampus.

UNTAN akan selalu menjadi pelopor Universitas di Kalimantan Barat yang akan selalu berinovasi dan berkreasi agar bisa go internasional mengharumkan nama Indonesia.

Jadi, sudahkah muda-mudi yang ingin melanjutkan kuliah sudah memilih kampus yang tepat guna mendukung Universitas Siber ini. Universitas Tanjungpura akan selalu menjadi pelopor kampus di Kalimantan Barat dengan Ekosistem Digital. Yuk, kita bersama-sama mendukung kemajuan pendidikan di Indonesia dengan sistem digital ini.


Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)