Cara Merawat Tas Selempang Pria Agar Terlihat Selalu Baru

Merawat tas selempang pria tidaklah sulit. Pada dasarnya Anda hanya perlu memerhatikan cara penggunaan yang tepat. Perawatan juga akan lebih maksimal jika disesuaikan dengan bahan dari tas selempang yang Anda gunakan. Selengkapnya simak tips-tips berikut!

Cara merawat tas selempang pria

Tips Merawat Tas Selempang Pria

1. Simpan barang sesuai fungsi tas

Agar tidak repot memperbaiki, bagaimana kalau mencegahnya saja agar tas selempang pria tidak cepat rusak?

Salah satu alasan klasik yang menyebabkan tas rusak adalah kelebihan beban. Sebaiknya jangan memasukan barang melebihi kapasitas tas. Terlebih jika tas yang Anda gunakan tidak dilengkapi jahitan double. Benda seperti laptop memiliki bobot yang cukup berat sehingga tidak semua tas selempang mampu menahan beban tersebut.

Selain itu, cobalah tidak memasukan benda-benda tajam seperti pisau, gunting, atau silet sekalipun. Tanpa pelindung khusus, benda-benda ini mudah merobek tas. 

Untuk tas yang sudah dilengkapi banyak saku. Masukkan barang sesuai ukuran saku yang sudah disediakan. Misal, meletakkan botol minuman ke saku yang ukurannya sesuai. Jangan di tempat handphone atau charger.

2. Simpan di tempat yang tepat

Saat singgah di suatu tempat, beberapa pria memilih meletakkan tas selempang di bawah meja. Hal ini menyebabkan tas mudah kotor ataupun rusak jika terkena benda tajam. Padahal, tas selempang didesain sedemikian rupa agar mudah Anda bawa dan tidak akan mengganggu saat digunakan dalam kondisi duduk.

Bagi Anda yang masih risih menggunakan tas saat duduk. Tas selempang bisa Anda gantungkan di sandaran kursi. Apabila kursi di samping Anda kosong, tidak ada salahnya meletakannya di sana.

Menyimpang tas selempang di rumah juga tidak boleh sembarangan. Misalnya menyimpan tas dalam kondisi bertumpuk dengan barang atau tas lain, dapat menyebabkan bentuk tas berubah dan mudah rusak.

Di ruang suhu rendah kebanyakan tas dari bahan apapun akan lembab dan berjamur. Jadi posisi menggantungkan tas masih menjadi opsi yang tepat agar tas yang Anda miliki tetap awet. Cara ini juga efektif agar tas tidak berbau apek.

3. Lakukan perawatan sesuai bahan tas

Setiap tas memiliki bahan-bahan berbeda sehingga perawatannya pun berbeda. Berikut tips merawat tas sesuai bahannya:

  • Tas berbahan dasar kanvas. 
Untuk membersihkannya, Anda dibolehkan untuk mencuci tas ini. Akan tetapi, sebaiknya tidak dicuci terlalu sering. Cukup sebulan sekali jikan Anda rutin menggunakannya. Tas yang terbuat dari kanvas juga mudah kering sehingga Anda tidak perlu menjemurnya di bawah terik panas matahai yang justru dapat menyebabkan tas semakin mudah rusak.

  • Tas berbahan dasar kulit.
Tas berbahan dasar kulit tidak perlu dicuci. Apabila tas tersebut kotor, Anda hanya perlu membersihkannya dengan krim pelembut khusus tas dari kulit. Jika tidak ada, Anda bisa menggunakan baby oil. Untuk menjaga tas tetap terlihat baru, Anda perlu menyemir tas. Cukup 1 atau 2 kali saja dalam setahun.

  • Tas denim
Jangan mencuci tas denim menggunakan deterjen apapun. Cukup menyikatnya secara perlahan dengan air bersih. Mencuci tas berbahan denim membuat warna tas menjadi luntur.

  • Tas berbahan dasar polyester
Bahan ini banyak digunakan karena mudah didesain. Akan tetapi, perlu diperhatikan agar tidak merendam tas berbahan polyester. Apabila ingin membersihkannya cukup dengan lap atau sikat perlahan bagian yang kotor. Air dapat mengikis lapisan dari tas yang berbahan polyester.

Sekarang, Anda bisa menjaga tas selempang pria yang Anda miliki agar tetap terlihat baru. Jika begitu, tips-tips di atas akan membuat Anda lebih hemat sehingga dapat menambah koleksi tas selempang tanpa takut mudah rusak. Selamat mencoba!


Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)