Inilah Sederet Manfaat Jinten Hitam yang Tidak Boleh Disepelekan

Habbatussauda atau yang lebih populer dikenal sebagai jinten hitam termasuk salah satu jenis rempah yang umum dipakai sebagai bumbu masakan. Karena memang ia berfungsi untuk membuat cita rasa dari masakan menjadi semakin nikmat. Namun tak hanya itu saja, ia juga dikenal sebagai tanaman herbal yang banyak digunakan untuk beragam jenis pengobatan. Umumnya memang dengan racikan jinten hitam ditambah dengan beberapa bahan lain memberikan banyak sekali manfaat. Manfaat jinten hitam ini sendiri bahkan juga sudah teruji.

Manfaat jinten hitam untuk kesehatan

Ia sudah dikenal sejak ribuan tahun sebagai bahan obat herbal. Tanaman yang banyak tumbuh di kawasan Eropa Timur, Timur Tengah dan juga Asia Barat ini sendiri memang tak begitu sulit untuk ditemukan. Nyatanya kalian bisa dengan mudah mendapatkannya dan juga memanfaatkannya sebagai obat-obatan herbal. Metode pengobatan dengan menggunakan jinten hitam ini sudah dikenal sejak lama, karena bagus dan tanpa efek samping berbahaya.

Manfaat jinten hitam untuk kulit

Berikut ini diantaranya sederet manfaat jinten hitam yang patut untuk kalian ketahui, yaitu:

1. Membantu turunkan berat badan

Bagi kalian yang memiliki masalah dengan berat badan, seperti diantaranya mengalami kegemukan atau obesitas maka bisa konsumsi jinten hitam ini. karena berdasarkan sebuah study ternyata ia sangat membantu dalam menurunkan indeks massa tubuh.

2. Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit

Beberapa orang dengan penyakit atau gangguan yang terjadi pada kulit mereka, sebut saja diantaranya adakah eksim, maka bisa mencoba menggunakan bahan herbal ini. Karena ternyata dalam sebuah penelitian ditemukan jinten hitam mampu untuk meredakan gejala eksim, khususnya adalah yang terjadi pada tangan. Begitu juga untuk kalian yang bermasalah dengan kulit berjerawat. Ia memiliki sifat antimikroba dan juga antiradang yang mampu membantu untuk memulihkan atau menyembuhkan kondisi tersebut.

3. Mampu mengatasi infertilitas pada pria

Mengkonsumsi jinten hitam secara rutin, ternyata sangat bermanfaat bagi pria yang mengalami infertilitas atau tidak subur. Ia dapat membantu meningkatkan produksi jumlah sperma, juga membuat geraknya menjadi lebih aktif.

4. Membantu untuk mengobati rheumatoid arthritis

Jinten hitam yang sudah diolah dalam bentuk minyak ini ternyata juga sangat efektif dijadikan sebagai obat untuk penyakit rheumatoid arthritis. Dimana penyakit ini menyebabkan terjadinya peradangan pada sendi yang membuat aktivitas juga semakin terbatas, karena rasa sakit ketika berjalan.

5. Mampu untuk redakan gejala alergi yang terjadi pada saluran napas

Jinten hitam dapat dipakai sebagai obat untuk mengurangi efek alergi, seperti diantaranya adalah penyumbatan hidung, hidung yang gatal, berair sampai dengan bersin-bersin. Ini merupakan gejala alergi yang terjadi pada saluran pernapasan.

6. Mengendalikan penyakit diabetes melitus

Diabetes melitus ini sendiri pada dasarnya adalah sebuah kondisi dimana gula darah mengalami peningkatan, sehingga rentan untuk menyebabkan komplikasi atau gangguan dengan beberapa masalah kesehatan lain. Itulah mengapa penderita diabetes ini harus mampu untuk mengendalikan kadar gula yang ada dalam darah mereka. Jinten hitam ini ternyata juga berkhasiat untuk membantu menjaga gula darah agar tetap stabil.

Manfaat jinten hitam


Hanya saja dari segi konsumsinya juga harus tetap dalam takaran normal, sehingga tidak menyebabkan efek samping pada ginjal maupun hati. Manfaat jinten hitam ini bisa didapatkan tentunya dengan rutin mengonsumsinya. Tak perlu khawatir karena nyatanya sekarang ini sudah ada ekstrak dari jinten hitam murni yang bisa kalian dapatkan dari herbana.

Salam,
Dwi Puspita

Keterangan : Sumber gambar dari website www.herbana.id

No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)