5 Kegiatan Yang Saya Lakukan Di Bulan Ramadan

Alhamdulillah bulan Ramadan yang selalu saya tunggu, karena vibes Ramadan memang berbeda dengan bulan-bulan lainnya. Ramadan tahun lalu masih dengan 2 anak namun Ramadan tahun ini bersama 3 anak yang masih kecil, lucu, menggemaskan dan kadang bikin saya jadi singa. Hahaha... Ya maklum ya, kalau boleh jujur kadang saya ada ditingkat rasa capek dan kewarasan saya diuji. Eh, maaf curcol...

Ramadan tahun ini nggak kemana-mana, dirumah saja dan walaupun jalan-jalan nggak jauh-jauh dari rumah. Dirumah sudah banyak sekali kesibukan dan nggak ada selesainya. Sebelum Ramadan pun persiapan dilakukan adalah bersih-bersih rumah agar nyaman saat digunakan beribadah dirumah. Merapikan taman depan rumah dengan memangkas beberapa ranting pohon yang terlihat tidak rapi, mencabut rumput dan membuang beberapa tanaman yang mulai lebat. Istirahat sebentar sambil scroll media sosial untuk mendapatkan berita viral. Maklum jiwa kekepoan saya meronta-ronta. Hahay....

Btw, kegiatan lainnya yang hampir setiap hari saya lakukan di bulan Ramadan adalah :

1. Memasak Menu Buka dan Sahur Untuk Keluarga

Wajib banget menyediakan menu berbuka puasa dan sahur untuk keluarga di bulan Ramadan. Menu dan sahur harus bervariasi setiap hari agar anggota keluarga tidak bosan dan agar semangat sahurnya bertambah. Menu yang sehat dan bergizi sangat penting saat berbuka dan sahur agar menjalankan puasa tetap semangat dan tidak mudah capek, lemas, dan letih.

Di keluarga saya sendiri saja menu berbukanya berbeda, saya dan suami biasanya suka menu berkuah sedangkan anak-anak suka menu krispi, seperti ayam krispi, tempe krispi, telor krispi. Saya harus menyediakan menu-menu kesukaan mereka tersebut agar sahur dan berbuka puasa menjadi berselera dan bersemangat.

2. Ngabuburit Bersama Anak-anak di Sore Hari

Saya akan mengajak anak-anak jalan-jalan di komplek perumahan pada sore hari setelah urusan dapur selesai seperti memasak nasi, memasak sayur dan lauk. Jadi tinggal nunggu adzan Maghrib berkumandang sambil ngabuburit bersama anak-anak. Jalan-jalan santai menikmati sore yang syahdu bersama anak dengan mendorongnya memakai stroller dan anak satunya lagi jalan kaki. Dua anak kecil yang menemani hari-hari saya sehingga penuh warna warni.


3. Membuat Konten Untuk Kerjasama Dengan Brand

Waktu luang di bulan Ramadan kadang saya gunakan membuat konten kerjaan. Alhamdulillah di bulan Ramadan ini ada saja kerjaan dari klien, tidak sepi-sepi banget jadi fee-nya bisa untuk hari raya nanti. Bersyukur banget masih bisa produktif walaupun riweh sama anak-anak. Kerjaan bikin konten selama bulan Ramadan ini penuh tantangan apalagi jika kontennya tentang makanan. Adalagi konten yang bikin video sama bocil, kalau bocilnya lagi mood sih oke kerjaan cepat kelar tapi kalau si bocil lagi rewel beuh kadang harus nunggu besoknya. Emang butuh kesabaran yang ekstra ya kalau sama si bocil.


4. Mencari Menu Takjil yang Viral di Sosmed

Jika gabut dan anak-anak pada tidur, biasanya saya akan scroll media sosial mencari inspirasi makanan, kue, dan juga menu takjil yang viral. Biasanya langsung dieksekusi jika menu takjilnya mudah banget cara membuatnya dan bahannya sudah tersedia. Misalnya membuat puding atau es cappucino cincau. Di bulan Ramadan ini banyak sekali menu takjil yang lagi viral, yah namanya juga sedang berpuasa pasti menu takjilnya yang seger seperti es buah, es teler, es campur dan masih banyak lainnya.

Berita viral



5. Tarawih dan Tadarus Bersama Keluarga

Saya sendiri melaksanakan tarawih dirumah bersama dua bocil, sedangkan si kakak dan Ayahnya di masjid komplek perumahan. Tadarus pun demikian, kadang kami tadarus bersama dirumah dan yang paling rajin tadarus adalah si kakak. Alhamdulillah, rezeki terbesar bagi keluarga kami adalah bisa beribadah bersama dan bertemu bulan Ramadan. Nikmat rezeki yang tiada tandingannya adalah keluarga yang lengkap, sehat dan bahagia.

Kegiatan di bulan ramadan

Nah, itulah 5 kegiatan yang saya lakukan di bulan Ramadan. Jangan lupa perbanyak ibadah ya, karena pahalanya berlipat-lipat.

Salam,
Dwi Puspita

1 comment:

  1. setuju banget nih dengan 5 kegiatannya, dan tentunya akan sangat bermanfaat, dan juga memberikan informasi buat saya nih, tapi sayang baru ketemu artikelnya eeeh ramadhannya sudah pergi, jadi sedih deh, tapi izin di bookmark yaa artikelnya..

    ReplyDelete

Yuk berkomentar :)