Rak Buku Dari Barang Bekas

Barang-barang bekas yang tak terpakai ternyata masih bisa saya pakai. Kalian juga bisa memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di rumah kalian juga loh. Punya kayu bekas, sisa dari kursi rusak, meja rusak, tempat tidur rusak harap jangan di buang dulu. Siapa tau barang-barang tersebut bisa kita gunakan menjadi barang yang bermanfaat. Kalau barang bekas milik saya adalah kayu dan triplek sisa atap (plafon) yang sudah tak terpakai lagi.

Kemarin sempat woro-woro dan terlaksana juga, satu keinginan saya yaitu mempunyai rak buku. Rak buku ini bukan rak buku biasa, namun rak buku luar biasa karena terbuat dari barang bekas. Iya, dari barang bekas.



Rak buku yang terbuat dari bahan bekas ini terbuat dari kayu yang sudah tak terpakai dan triplek sisa plafon. Selain itu dari sisa kalender bekas untuk penutupnya agar terlihat cantik. Agar tambah manis bisa juga memakai kertas kado yang sudah tak terpakai lagi. Saya tidak memakai kertas kado karena saya tidak mempunyai kertas kado bekas, adanya cuma kalender bekas.

Mau beli kertas kado, eman-eman uangnya karena kan niatnya ingin membuat rak buku dari barang bekas. Jadi semua barang yang dipakai harus barang bekas.

Ya sudah akhirnya pakai kalender bekas saja, toh sama saja cantiknya.

Alat dan bahan yang diperlukan sangat mudah sekali. Apa saja alat dan bahan itu.
  1. Kayu/triplek bekas
  2. Palu
  3. Gergaji
  4. Kalender bekas atau kertas kado bekas
  5. Paku
  6. Siku-siku besi
  7. Solasi
  8. Gunting

Ini adalah penampakan barang-barang bekas yang sudah tak terpakai. Ada kayu bekas, triplek bekas, palu, dan beberapa alat yang telah saya sebutkan di atas.


Kalender bekas membantu sekali untuk penutupnya, agar lebih manis, kalo ada boleh juga pakai kertas kado agar tampak terlihat manis dan berwarna. Jangan lupa disolasi agar nempel antara kertas dan tripleknya, bisa juga paku-paku tersebut ditutup dengan solasi agar tidak mengganggu dan terlihat manis.


Suami saya meletakkan rak buku ini tepat di dekat tempat tidur, agar saya bisa mengambil dan mengembalikan buku dengan mudah. Selain itu agar saya bisa membaca buku saat bete, saat mau tidur, saat lagi pengen me time, saat yang asik buat baca buku pokoknya. Hehehe...


Rak buku akhirnya selesai juga, dengan modal 12 ribu rupiah hanya untuk membeli siku-siku besinya. Bahan yang lainnya sudah tersedia tanpa harus mengeluarkan uang lagi. Solasi dan gunting sudah punya, paku sudah ada lengkap dengan palunya, apalagi barang-barang bekas seperti kayu, triplek, dan sisa kalender.



Kemudian menyusun buku-buku bacaan yang saya punya. Mulai dari buku bacaan pengantar tidur, novel, buku ilmu pengetahuan, dan buku catatan harian. Susun sesuai selera kita agar kita mudah mengambilnya. Tidak hanya buku sebenarnya, namun barang-barang lainnya bisa kita letakkan di rak ini seperti piala, pigura foto, vas bunga, alat-alat make up, dan masih banyak printilan kecil lainnya yang bisa kita tata di rak ini.


Gimana rak buku bikinan saya dan suami, mudah sekali bukan?

Salam,
Dwi Puspita


90 comments:

  1. Wah desainnya bagus mbak, btw ada acra narsisnya juga yah hehe, andai saya dekat pasti saya bantuin komen hehe..

    Salam blogging dari Pulau Dollar

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha..iya..itu suamiku aku ajari narsis kok mas fiu :)

      Delete
    2. Eh ... itu yg bilang narsis bkn sy mb dwi ....hehehe

      Delete
    3. xixixixix, ih mbak dwi piye toh ,,, :D :P

      Delete
    4. bhahaha..ingat mas fiu terus berarti :)

      Delete
    5. caelaaaah ... iya tuh brrt ingta sy trus ,,,,hihihihihi

      Delete
    6. ow ow ... mbk dwi ketahuan ... hayooo ...hehe :P

      Delete
    7. Ya mbk dwi atuh yg ketahuan ..hehehe :P

      Delete
  2. dulu waktu sy di pondok juga bikin rak mdel kek gtu mb dwi ...hehehe dengan penyangga yg sama tapi sy pake kayu lempeng ,,,hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus dikasih kayu penyangga mas biar agak kuat seharusnya :)

      Delete
    2. Iya penyangganya ampe tiga ... biar kuat ....hehe

      Delete
    3. busyet, ya kuat bener jadinya :)

      Delete
    4. iya donk mbk biar kuaaaat hehehe :P

      Delete
    5. ya kuat penyangganya mbk dwi .... masa kuat yg lainnya sih ,,,, upsss ...hehehe

      Delete
    6. hehehe, klo yg kuat penyengga ya itu ... tpi mbk dwi nanya yg mana, brrt kuat yg itu tuh ,,,hehehe :P

      Delete
    7. Apa tuh kemproh ? Hehehe

      Delete
  3. Kalo udah keliatan hasilnya gini, jd berasa deh... banyak barang di sekitar kita yg sebetulnya bs disulap jd benda manfaat.Thanks sdh berbagi ide ... Habis ini barang apa lagi yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha..ntar kira2 sepatu ama sandal deh mak yg aku sulap...makasih kunjungannya mak mutia :)

      Delete
  4. Kreatif bgttt hehe....kl bikin senditi lbh hemat ya mbk dan suka2 kita.mksh idenya^^
    Maaf baru bisa bewe lagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, bisa sesuka suka kita...nggak papa mbak yg penting silaturahmi terjaga :)

      Delete
  5. Replies
    1. Waah kreatif sekali mak. Kereen

      Delete
    2. Ayo mbak ika, abinya panggil suruh buatin yg lebih keren :)

      Delete
    3. makasih mbak Lia, ini mah memanfaatkan barang bekas aja mbak :)

      Delete
  6. wahhh idenya inspiratif banget neh mbak ;)

    ReplyDelete
  7. Wii keren mak, alhamdulillah bisa dimanfaatkan yaa

    ReplyDelete
  8. Wih keren.. lebih rapih dan hemat...
    sayangnya kalau di Kos saya maku-maku begitu, bisa didepak deh :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha..iya sih kalo kamar kos..masih nggak berani ya :)

      Delete
  9. Wihihihi, cakeppp. Semoga bermanfaat bagi semua, Mbak :D

    ReplyDelete
  10. Waaah, kreatif ni mbak dwi... satu harapan terwujud. Alhamdulillah...

    ReplyDelete
  11. hu..hui...Indonesia memang hebat mbak... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. haahhaha..hebat mengolah barang bekas ya mbak :)

      Delete
  12. Bagus idenya
    Bisa jadi lahan bisnis loch
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  13. Asiiik bikin perkakas sendiri Aku suka banget sama DIY project ^^

    ReplyDelete
  14. keren! saya jg kepingin mak, tp jgn yg nempel d tembok... *berasa mau dibikinin* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, kalo yg nggak nempel sulit bget menurutku :)

      Delete
  15. kayu2 yang bekas yang tak terpakai jadi tampil cantik setelah dibungkus kalender bekas..luarbiasa :-)

    ReplyDelete
  16. kereeen lhoooo...mau aah dicontoh untuk rumah di jakarta ..di sini ngg boleh bolongin tembok hehehe :)

    ReplyDelete
  17. Wah itu Tweety ya yang Nukang mbakyu?
    Wow super sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya kang asep, dia yg maku doank ke tembok...kalo yg buat mah saya :)

      Delete
  18. WAAH kreatiftas yang perlu dikembangkan,,,dan siapa tau jg jd bahan produk yg di pasarkan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya..harus kreatif orang indonesia :)

      Delete
  19. Keren, Mbak.. Kreatif tuh namanya :D

    ReplyDelete
  20. Aku juga mau beaksi, makasih ispirasinya

    ReplyDelete
  21. Aku juga mau beaksi, makasih inspirasinya

    ReplyDelete
  22. Sep dech, makasih sharingnya yaa mbak, siap2 tak tiru dech.. hemaaat

    ReplyDelete
  23. Ooh udah lama toh ditulisnyaa... susah jg ya mesti butuh bantuan suami :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya...tapi kalo bisa maku sendiri nggak perlu bantuan suami mbak :)

      Delete
  24. bagus mbak raknya, sangat kreatif.

    ReplyDelete
  25. mirip dgn rak buku di rumah.. bednaya papa ngebuat pakai kayu panjang.. jadi rkanya cuman sattu aja ehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, buat sendiri emang bisa berkreasi. Mau diapain aja bentuknya

      Delete
  26. kalau kitanya kreatif mah apapun bisa disulap jadi barang yang cantik yah

    ReplyDelete
  27. wah, paling suka aku dengan yang seperti ini terus berkarya mbak, tunjukkan merahmu hhhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...oke2 pasti akan selalu berkarya

      Delete
  28. praktis dan ekonomis yahh
    btw, nama depan kita sama kak, dan aku jgua suka sama kucing dan berkebun :D hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai...salam kenal mbak Dwi...hahaha berasa manggil nama sendiri :)

      Delete
  29. Masya Allah, kreatif banget yah, bisa bikin rak buku dari barang-barang bekas, unik banget deh

    ReplyDelete
  30. Wah jadi dapat ide nih, nanti mau buat rak buku anak saya ah..

    ReplyDelete
  31. Bisa gak jatuuh bukunya dikasih siku juga, Dwi?

    ReplyDelete

Yuk berkomentar :)