Thursday, October 22, 2015

BATIK

Batik...siapa sih yang nggak kenal dengan batik. Kain Indonesia yang sudah mendunia dan dulunya sempat diakui oleh negara lain. Tetap saja, kain batik milik negara kita tercinta, Indonesia. Bangga donk tentunya memakai batik, nggak hanya acara resmi, kondangan, ngantor, ataupun acara-acara formil tapi sekarang batik bisa dipakai dirumah oleh ibu-ibu.

Bangganya kita dengan kain batik juga harus ditunjukkan, bukan hanya omongan semata bahwa kita mencintai batik. Batik harus menjadi salah satu kain nusantara yang terkenal di mata dunia. Kadang para pejabat memakai baju batik di acara kenegaraan di Luar Negeri, mereka bangga dengan jati dirinya bahwa mereka adalah warga Indonesia dengan mengenalkan batiknya kepada para pejabat negara lainnya.

So, daripada ngomong banyak cincong tentang kain batik. inilah bukti-bukti historisku dengan kain batik yang selalu aku pakai di acara apapun, kapanpun dan dimanapun. Perjalanan kurang berkesan tanpa ada balutan kain batik.

1. Acara Resmi

Aku selalu pakai baju batik di acara resmi, baik itu acara resmi pernikahan teman, saudara, tetangga, atau apalah. Baju batik sangat membantuku, karena memang cucok dipakai di acara apa saja. Pilihan motifnya yang sangat banyak tak membuat kita saltum (salah kostum) dalam suatu acara. Malah kita merasa pede dengan mengenakan baju batik. Saat aku wisuda, aku mengenakan baju batik yang mana batiknya asli dari Madura.


Saat Wisuda : Kain Batik Madura
Saat menghadiri Wisuda : Kain Batik Pekalongan

Ini aku dan baju batikku, baju batik yang aku pakai di acara resepsi pernikahan teman kuliahku dan saat dia wisuda. Baju batik ini memiliki kenangan tersendiri, yaitu aku beli dari gaji pertamaku. Pastinya aku puas banget saat memakainya. Memiliki baju batik yang bisa aku pakai diresepsi pernikahan temanku dan membelinya dari hasil keringatku. Selain acara resepsi, ke acara wisuda teman-temanku aku juga selalu pakai baju batik warna hijau ini.

Nggak hanya acara wisuda atau menghadiri wisuda. Tapi saat ada undangan istimewa kain batik selalu membantuku membaur dengan para tamu undangan. Nggak takut salah kostum donk pastinya,karena kain batik sudah umum dipakai siapa saja, dimana saja, dan acara apa saja.


Kain batik selalu aku pakai di berbagai acara :)

Narsis bareng Cak dan Ning Surabaya...duh siapa yang nggak mau. Pastinya mau banget donk, dengan modal tubuh segar alias gendutan tak menyurutkan hasratku berfoto dengan Cak dan Ning Surabaya yang tingginya bak model iklan. Tentunya dengan baju batik warna cerah agar menambah cerah saat aku difoto. Baju batik yang aku kenakan sampai saat ini masih aku simpan, buat kenang-kenangan saat berfoto dengan Cak dan Ning Surabaya.


Saat berdarma wisatapun masih tetap setia dengan batik :)
Darma wisatapun harus tetap pakai batik, bangga donk pastinya dengan kain asli Indonesia ini dan inilah bukti kami bahwa kami ingin menunjukkan batik bisa dipakai pada acara dan keperluan apa saja. Intinya kita tetap pede, selama perjalanan jangan lupa memakai kain batik yang bahannya bisa menyerap keringat. Agar kita tetap enjoy selama dalam perjalanan.


2. Ngantor

Ngantorpun wajib donk pake baju batik, walau gaya sok imut bin narsis didepan kamera tapi namanya kerja ya harus kerja dengan serius. Dikantorku pakai baju batik hanya 3 hari saja yaitu dari hari Rabu, Kamis, dan Jum'at. Pakai baju batik melambangkan bahwa kita mencintai kain asli Indonesia, tentunya dengan memakai baju batik kita sudah membuktikan bahwa kita cinta dengan produk buatan Indonesia.
Ngantorpun pakai batik :)

3. Hang Out
Kulineran aja pake baju batik, sampe rela nunggu makanan datang sambil main hape. Baju batik selalu aku pake kemana-mana. Baik itu makan, jalan dan di hotel. Iya di hotel masih sempat pake baju batik, maklum habis perjalan jauh. Kan aku sudah bilang kalau kemana-mana aku pake baju batik. Baik itu kulineran, travelling, hingga nginep di hotel.






Biasanya kain batik yang selalu aku pakai adalah kain batik dari Madura. Selain aku berasal dari Madura, maunya secara tidak langsung aku ingin mengenalkan motif kain batik Madura. Kain batik dari Madura banyak jenis dan motifnya, biasanya untuk warna kain ini biasanya memiliki warna yang amat mencolok dan terang. Itulah ciri khas dari kain batik Madura. Pilihan kainnya juga dari kualitas terbagus hingga kualitas terendah, untuk warna sendiri tergantung banyaknya celupan. Semakin bagus warna maka celupan yang dilakukan juga semakin sering. Jadi tak heran jika harganya juga tambah mahal, namun kualitasnya tak perlu diragukan lagi.

Ciri khas kain batik Madura adalah warnanya yang mencolok dan terang


Jadi...sudahkah kalian memakai batik hari ini disemua kegiatan dan aktifitas yang dilakukan? Ataukah1 dalam perjalanan bersama keluarga atau teman-teman masih setia dengan batik?


Related Posts

BATIK
4/ 5
Oleh

38 komentar

apapun bajunya mb dwi selalu manis dg senyumnya, aseegg

Ternyata mbak kita yang satu ini pinter juga milih Baju batik yang pas....

Batik NEVER DIES!

Sukaaaak ya mbak, ama motf batik Indonesia raya :)

batik memang sedang naik daun ya, bukan hanya baju, rok, celana maupun souvenir sekarang sudah 'berbatik' :) saya bangga memakai batik :)

aku hari2 pakai batik mbak,daster hehehe...

aseggg..makasih..hehehe

mana sih mang..hehehe

makasih mbak Nurul...

aku juga..bangga ama batik...

sama mbak..daster batik juga aku :)

Aku suka banget batik apalagi yg warnanya cerah ceria

Batik memang luar biasaaa syaa...cantik dan banyak nilai filosofis di dalamnya...you look great with batik :)

bener2 pecinta batik nih, sering pake batik ya mbak, aku paling waktu2 tertentu aja

tos dulu qt mak dwi, sesama pencinta batik :)

iya mak..sama..yg cerah ama baguss..

iya mbak...kalo kerja emang pake batik...

wah makin cucok deh Mbak Dwi berselfie ria dengan baju batik itu, keren deh pokoknya :)

manis banget mbak..
yang baju kedua saya suka tuh

aku juga suka banget pake batiik mbak...berasa seksi gitu..#eaaaaaak

hehehe..makasih mas...

yang mana mas..hehehe

hehehe..pecinta batik ya...

Cinta batik berarti cinta produk Indonesia :D

batik selalu pas, kalau dipakai di mana saja. lirik daster

Batik dan kegiatan sehari-hari ya Mba

iya donk..cinta banget :)

sama mbak..paling suka pakai daster dgn bahan adem ya pastinya...

Makin cantik dan keren kalau pakai baju batik, mbak Dwi...

Batik bikin orang tambah cakep & anggun.

yupz...betul sekali mbak...

Yuk berkomentar :)