Tips Aman dan Selamat Naik Bis

Foto Pribadi
Tips aman dan selamat naik bis, apalagi saat akan mudik Lebaran. Pasti deh uyel-uyelan di dalam karena mereka kadang tak peduli dapat tempat duduk atau tidak yang penting mereka bisa sampai kampung halaman. Pengalamanku juga pernah berdiri selama berjam-jam didalam bis karena aku ingin segera sampai rumah. Nggak peduli capek, asalkan sampai rumah dengan cepat dan selamat. Aku yakin, dari pembaca juga pernah merasakan sensasi naik bis. Yuk kita simak tips aman dan selamat saat naik bis. Berikut aku berikan tips agar aman dan selamat selama dalam perjalanan.
  1. Baca Basmalah sebelum naik, berdo'a dan meminta perlindungan kepada Allah agar diberi keselamatan.
  2. Duduk di deretan kursi paling tengah.
  3. Jaga dan pegang erat barang bawaan. Jika ada barang berharga, seperti hape, uang, dokumen pribadi, perhiasan, dan laptop hendaknya jangan sampai jauh dari jangkauan kita.
  4. Pilih tempat duduk dengan perempuan, tapi tetep diwaspadai karena perempuan belum tentu aman juga.
  5. Jangan memakai perhiasan. Seperti cincin, kalung, dan gelang secara berlebihan. Ini bisa mengundang perampokan atau gendam.
  6. Waspadai jika ada yang mengajak bicara, kalau sekiranya nggak nyambung nggak usah diterusin, takutnya sih motif gendam.
  7. Sekiranya mengantuk tahan dulu, itupun jika kita pergi sendirian. Namun jika ada keluarga atau teman hendaknya secara bergantian saja jika akan mau tidur.
  8. Banyak berdzikir dan mengingat Allah.
  9. Ucapkan Alhamdulillah ketika bis sudah sampai di tempat tujuan.
Nah, gimana tips aman dan selamat naik bis. Kalau ada tambahan, silahkan ditambah ya. Dengan senang hati Si Mimin ucapkan banyak-banyak terima kasih. Oke berhubung si Mimin membuka berbagai pendapat dari teman-teman untuk menambahkan tips-tips aman dan selamat naik bis, berikut ini adalah beberapa tambahannya :

  1. Mas Fiu menambahkan : kaki kanan melangkah terlebih dahulu.
  2. Mas Ilham Fauzi menambahkan : pakaian yang dikenakan perempuan hendaknya yang sopan dan jangan terlalu mencolok warnanya, agar tidak menjadi tameng kemaksiatan.
  3. Kang Asep menambahkan : kalo di film-film barat biasanya perempuan selalu membawa semprotan merica karena bisa digunakan untuk mematahkan tindak kejahatan

No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)