Ciptakan senyuman terindah dengan kebiasaan sederhana

Punya gigi sehat, putih, dan bersih adalah dambaan setiap orang. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa pasti akan mengidamkan memiliki gigi yang cantik dan pastinya sehat. Sebenarnya sederhana sekali untuk memiliki gigi idaman bisa terwujud, semua orang pasti bisa melakukannya dengan menerapkan kebiasaan menjaga gigi dan mulut yang diterapkan sejak dini.

Dokumen Pribadi

Beberapa waktu lalu saat aku ikutan acara Sweet Tooth, Treat Tooth di JW Marriot Surabaya, yang diselenggarakan oleh Femina dan Systema si nara sumber drg. Taufan menjelaskan bahwa 60-90 persen masyarakat Indonesia rusak giginya dan ada pula di suatu daerah, sebut saja daerah X yang pernah diteliti oleh drg. Taufan mengalami kerusakan gigi sebesar 100 persen. Bayangkan saja, berarti semua gigi dari masyarakat tersebut tidak sehat. Sebenarnya memprihatinkan sekali, seharusnya mereka semua bisa menjaga kesehatan giginya dengan baik karena kesehatan gigi sangatlah penting bagi diri kita sendiri.

Dokumen Pribadi

Untuk para pecinta manis tidak usah khawatir lagi dan tidak perlu takut untuk makan makanan yang manis-manis, justru makanan manis seperti gula bukanlah hal yang ditakuti. Justru gula pengganti lebih bahaya dari gula biasa. Jika memang terpaksa memakai gula pengganti, sebaiknya maksimal sehari menggunakan 2 sachet gula pengganti saja, karena jika berlebihan bisa berbahaya juga. Setelah makan yang manis-manis hendaknya kita membersihkan mulut, entah itu dengan cara minum air putih, sikat gigi, ataupun berkumur.

Perlu diwaspadai dan dijaga beberapa makanan dan minuman ini yang akan diam-diam menyebabkan gigi kita berlubang, makanan dan minuman itu antara lain :
  1. Permen keras, sudah keras banyak gula pula dan inilah yang akan memberikan makanan pada bakteri di mulut.
  2. Minuman ringan yang bersoda, sejenis cola atau sejenisnya.
  3. Minuman beralkohol karena alkohol menginhibisi jumlah produk air liur di dalam mulut padahal air liur mampu memberikan perlindungan asam yang dapat merusak gigi.

Pasta gigi yang disarankan disini adalah dengan memakai pasta gigi Systema Nano, karena kegunaan Nano Calciumnya bisa memperbaiki gigi yang kehilangan ion (lubang super kecil). Jadi dengan rajinnya kita menyikat gigi dengan menggunakan pasta gigi Systema Nano bisa memungkinkan menutup lubang super kecil tersebut.


Dokumen Pribadi

Untuk berkumur kita juga bisa menggunakan mouthwash dari Systema yang memungkinkan membuat nafas kita kembali segar. Cara yang tepat untuk berkumur adalah mengatupkan gigi dan mulutpun harus tertutup rapat.

Gigi dan mulut sehat pasti bakal pede buat tersenyum (Dokumen Pribadi)

Pasti kalian sudah tau kan ciri-ciri gigi yang sehat??? Ciri-ciri gigi yang sehat itu antara lain : bentuknya utuh, warna gigi putih sedikit kekuningan, gusi sedikit berwarna merah muda, dan adanya jarinyan tulang penyangga giginya. Sedangkan empat faktor perusak gigi sendiri antara lain : individu, waktu, bakteri, dan makanan.

Dokumen Pribadi

Mendapatkan gigi dan mulut yang sehat cukup dengan trik 3 S, berikut trik 3 S tersebut.
  1. sikat gigi 2x sehari setelah sarapan dan sebelum tidur
  2. sabar dan menikmati proses menyikat gigi
  3. suka minum air putih setelah makan makanan manis dan lengket

Nah, dengan adanya ke tiga trik tersebut aku selalu melakukan kebiasan-kebiasaan sehat untuk gigi dan mulutku pastinya dengan menggosok gigi sesudah sarapan. Berkumur-kumur atau meminum air putih setelah memakan makanan, entah itu makanan yang manis atau hanya camilan biasa, dan kembali menggosok gigi sebelum tidur pastinya dengan menggunakan Systema Nano dan rajin ke dokter gigi setiap enam bulan sekali untuk memeriksakan kesehatan gigi dan mulutku ke dokter gigi.

Pastinya aku akan mendapatkan gigi dan mulut yang sehat, aku bisa tersenyum lebar dengan gigiku yang sehat dan putih.

Kalau gigi dan mulut sehat, aku akan pede menunjukkan senyuman terindahku tanpa perlu repot-repot menyembunyikan senyum ini.



BEFORE
Dokumen Pribadi
Gigi diumpetin, tersenyum pun rada berat


AFTER
Fotografer by @Slametux
Gigiku sehat, gigiku kuat, aku bebas tersenyum dimanapun aku berada setiap saat dan setiap waktu memberikan senyuman terindahku

No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)