Tentang Ibu Hamil

Rezeki itu nggak harus berupa uang atau benda, rezeki itu bisa berupa memiliki teman yang care dan baik pada kita, teman yang memang bener-bener tulus dan ikhlas sama kita tanpa membeda-bedakan. Apalagi membedakan ras, suku, dan bisa-bisa karena nggak sependapat dan sepaham ama kita.
Menghubungi saat membutuhkan dan ada perlunya saja, habis itu lose kontak seperti nggak kenal.

Kapan hari saat posting artikel Ibu hamil VS Seafood Alhamdulillah banyak teman-teman yang merespon. Amazing, ini membantu sekali selain itu ketakutanku tiba-tiba hilang karena beberapa diantaranya memberikan semangat.

Nah, diartikel tersebut aku bercerita kalau saat trisemester pertama kehamilanku aku doyan banget ama yang namanya seafood. Aku butuh banyak penjelasan tentang makanan yang satu ini, nggak hanya dari dokter atau bidan namun aku butuh dari teman-teman yang sudah berpengalaman hamil sebelumnya dengan makanan. Alhamdulillah respon baik datang dari mereka semua dan ada yang mendo'akan pula.


Sumber gambar dari sini

Ini...nih berapa komen para teman blogger yang juga memberikan pengalaman baik itu pengalaman sendiri ataupun pengalaman dari keluarganya saat lagi hamil.

Ibu hamil boleh makan seafood asal dimasak sendiri dan bahaya kandungan merkurinya.

Mas Timur Matahari : "Kalau seafoodnya di masak sendiri gak masalah, tapi kalau di warung sepertinya harus di kurangin deh. Kalau dari sepupu aku yang kebetulan dua orang dokter, di anjurkan untuk mengurangi makanan begituan. Emang gak dilarang sih, cuma antisipasi aja. Kalau ikan ada ikan tertentu yang banyak kandungan merkurinya, seperti tuna. Entah itu yang kecil maupun besar dan yang besar lebih banyak kandungan merkurinya. Makanya ikan tuna paling jarang di konsumsi di eropa dan kebanyakan mereka gak mau makan ikan yang satu ini."

Mak Reni Judhanto : "Memang, makanan laut dikhawatirkan banyak mengandung merkuri (yang kalau nggak salah bisa menyebabkan anak autis). Tapi jangan terlalu dipikirlah... nanti malah mempengaruhi kandungan. Yang penting bumil harus happy selalu dan makan makanan yang bergizi ya.... Buang segala perasaan galau dan kuatir yg akan mempengaruhi si debay. OK?"

Keke Naima/ Mak Myra Anastasia : "ya, karena laut sekarang kan sudah banyak yang tercemar, Mak. Makanya dikhawatirkan tercemar merkuri, terutama kerang. Tapi kalau untuk seafood yang hidup di perairan laut dalam katanya masih aman dari pencemaran. Saya juga waktu hamil hampir tiap hari makan ikan laut melulu :D"

Mang Cilembu thea : "ibu yang hamil memang perlu berhati-hati terhadap makanan apapun tidak hanya seafood, tetapi jika menurut perasaan sehat dan dokter pribadinya mengatakan bahwa makan seafood bagi ibu hamil ngga dilarang mah...icip-icip sesekali mah kayanya nggak apa-apa juga dong."

Mak Uswah : "terkait seafood, iya sih berhati2 itu perlu.. tapi kalo udah terlanjur dan taunya belakangan ya nggak apa-apa... hahaa.. yang pasti banyak doa ajah.. sehat selalu yaa lancar sampai melahirkan..."

Mak Windi Teguh : "Kalo kata dokterku makan apapun selama hamil gpp yg penting masak dan nggak mentah"

Sumber gambar dari sini


Ibu hamil minum degan atau kelapa muda.

Mbak Nining : "adek ipar dulu juga gitu, rajin banget minum air kelapa...tapi air degan hijau :)"

Mbak eda : "kelapa muda yg ijo, biasanya diminum sering2 menjelang lahiran (7 bulan), biar baby dan ketubannya bersih."

Mbak Ika Hardiyan Aksari : "Oya, pas hamil usia muda saya juga suka sekali beli kelapa muda. Eh eh eh pas hamil tua gini ternyata nih kaki nggak kuat mbak. Jadi keram. Makanya kalau minum kelapa muda sekatang dikurangi. Dan katanya yg air kelapa muda itu bisa buat mulus baby hanya mitos mbak."



Sumber gambar dari sini

Ibu hamil nggak boleh makan yang mentah-mentah.

Momtraveler/ Mak Muna Sungkar : "Paling nikmat itu memang hamil tanpa mual-mual mak akupun dulu gitu...nggak ada rasa apapun...mau makan apa aja juga hayuk hehehe...Yang penting diati2 aja mak jangan yang mentah-mentah dulu terus katanya daun pepaya juga nggak boleh kalo pas trimester pertama...jgn lupa banyakin makanan yang mengandung asam folat juga ya :)"


Mak Windi Teguh : "Iyaaa soale aku juga makan nggak pilih-pilih nih selama hamil. Tapi aku memang menghindari sate sama salad. Soale mentah. Salad sih nggak apa-apa asal nggak pake mayones tapi mana enak salad tanpa mayones."


Mak Myra Anastasia : "Karena Mayo terbuat dari telur mentah, Telur mentah dikhawatirkan masih mengandung bakteri salmonella. Saya juga gak berani makan mayones ketika hamil muda. Tapi setelah trimester terakhir, mulai berani walopun gak sering."



Sumber gambar dari sini

Ibu hamil dan mitos tentang cumi.

Mak Anesa Nisa : "kalau aku bukan takut anaknya item, tapi tintanya itu suka bikin ari-ari ngga nempel katanya. So, aku sendiri ikutin aja dah nggak makan cumi dulu. Tapi makan makanan seafood yang lain , teteeuup."

Mbak Ika Hardiyan Aksari : "Mbak, masalah cumi itu hanya mitos kok. Malah cumi bagus soalnya banyak proteinnya. Tapi ya itu tadi sesuatu yg berlebihan malah nggak bagus.

Mbak Idah Ceris : "Kalau aku sih bukan karena mitosnya, Kak. Tapi lebih ke fresh apa ngganya si sea food itu. Takut udah lebih dari dua hari di frezeer. *parno* hahaha"


Sumber gambar dari sini

Yang berlebihan emang nggak baik.

Mak Leyla Hana : "Segala sesuatu memang gak boleh berlebihan, kan."

Mak Santi Dewi : "kalo menurut saya gpp mak, asal jgn berlebihan dan terlalu sering."

Mak Haya Aliya Zaki : "Selagi enak makan, cuuus terus makanan-makanan bergizi untuk janinmu, Dwi. Btw, kalo dulu aku hamil itu ngidam duren. Pernah kalap makan duren, terus perutku kram. Ga bisa bangun dari tempat tidur, bahkan miring aja ga bisa. Sakiiit. Kalo bisa, jangan makan duren banyak-banyak. :D"

Mak Myra Anastasia : "makan apa aja boleh. Asal jangan berlebihan."


Ikan bagus buat perkembangan otak janin.

Mak Dewi Rieka : "ikan bagus untuk perkembangan otak bayi."

Mak Kania Ningsih : "kalo saya malah disuruh suami makan ikan2an waktu hamil katanya sih biar anak pinter mungkin itu karena kandungan omega nya ya?"

Mak Tian Lustiana : "Aku dulu doyan banget makan seafood mak :D hihih yang penting ibu dan bayi sehat ya."

Sumber gambar dari sini
Terima kasih banyak teman-teman telah memberikan banyak ilmu dan do'a kepadaku. Semoga ilmu kalian dibaca oleh ibu hamil lainnya. Dan aku do'akan juga semoga yang masih belum memiliki keturunan segera memiliki keturunan secepatnya. Mumpung bulan Ramadhan dimana do'a mudah sekali diijabah. Wallahua'lam...

No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)