Hidup terjamin dengan menabung

Sejak kecil aku diajari ibuku untuk menabung, beliau memberiku celengan ayam dari tanah liat agar aku bisa menyisihkan uang jajanku setiap hari. Ibuku selalu mengajariku cara menabung, beliau selalu mengingatkanku agar uang jajanku tidak aku habiskan semua. Menyisihkan separuhnya dan segera masukkan ke celengan setelah pulang sekolah, itulah pesan ibu. Alhamdulillah, aku bisa dan menjadi kebiasaanku setiap hari. Selain itu ibu selalu membawakanku bekal makan dan minum ke sekolah, dari bekal itu aku bisa kenyang dan malas untuk jajan. Uang di saku baju terselamatkan dan bisa aku masukkan ke celengan ayam dari tanah liat pemberian ibu.
Sumber gambar dari sini
Ibuku selalu memberikan tips menabung yang super. Ibu selalu berpesan agar kalau keluar rumah kita nggak banyak jajan atau "kalap" kata orang sekarang. Hendaknya sebelum bepergian/keluar rumah kita dalam kondisi kenyang, udah makan dan minum hal ini agar terhindar dari jajan atau kuliner yang berlebihan. Selain itu bawa uang secukupnya, biasanya kalau masih ada uang lebih di dompet, kebanyakan dari kita lupa dan biasanya kalap. Nah, dari situ ibu selalu berpesan agar uang yang dibawa cukup dan catat apa saja yang nantinya bakalan kita beli saat keluar rumah.

Kebiasaan itu berlanjut hingga aku dewasa dan sampai menjadi seorang istri. Aku suka sekali menabung, tiap bulan menyisihkan 50% dari gajiku ke rekening pribadiku. Hal ini aku biasakan mulai dari kerja pertama kali diperusahaan manufacture. Dengan menabung, pastinya aku mempunyai simpanan yang sewaktu-waktu bisa aku gunakan saat aku butuh untuk keperluan yang sangat mendesak/urgent. Toh, nyatanya dengan uang tabungan itu bisa aku buat sebagai uang muka membeli kendaraan. Sebelum berkeluarga, memang aku sudah mempersiapkan tabungan untuk pernikahan dan untuk keluargaku kelak.
Menabung buat apa?
Sumber gambar dari sini
Nah, untungnya aku bisa memilah dan memilih bank mana yang cocok denganku. Ya cocok pada saat setoran awal, cocok bonusnya, cocok bunganya, pokoknya semuanya mantap dihati. Di cermati.com aku bisa memilih bank yang nantinya bisa buat menyimpan duitku ini. Yach, nabung tiap bulan dan pastinya aman.

Di cermati.com kita bisa memilih 103 tabungan yang cocok bagi kita, mulai dari tabungan biasa, tabungan bisnis, tabungan untuk anak, tabungan pensiun, tabungan pegawai, dan tabungan untuk haji. Pilih-pilih tabungan sesuai yang kita inginkan, yang sekiranya kita mampu dan menjadi dasar keinginan kita buat apa sih kita menabung nih duit.
Macam tabungan yang bisa kita pilih di cermati.com
Jika kita ingin menabung, dimana nantinya uang tersebut digunakan untuk berangkat Haji, silahkan pilih bank yang sesuai dengan setoran awal dan syarat lainnya yang sekiranya tidak memberatkan kita. Di cermati.com ada 5 bank dari 103 bank yang bisa kita pilih untuk tabungan haji kita kelak. Yuk, dipilih-dipilih bank mana yang sesuai dengan kemampuanmu :)

Tabungan Haji
Bagi kalian yang menjadi pegawai/karyawan, kalian juga bisa menabung loh. Nggak perlu cemas duit gaji kalian kalap seketika di tanggal muda. Segera masukkan dan buat tabungan pegawai yang cocok dan sesuai dengan kemampuan kalian. Di cermati.com telah ada 6 tabungan pegawai dari total jumlah 103 bank yang memnuhi kriteria. Yuk kita pilih-pilih tabungan pegawai yang pas di hati :)


Tabungan Pegawai
Untuk yang merencanakan masa depan yang cerah dengan tetap punya uang walaupun sudah usia lanjut dan masih bisa bersenang-senang dengan jerih payah diwaktu muda, boleh loh buka tabungan pensiun. Tabungan Pensiun nih manfaatnya besar banget buat kita, walau usia tua kita masih bisa menikmati duit yang kita kumpulkan selagi muda dulu. Di cermati.com kalian tinggal pilih jenis tabungan pensiun mana yang sekiranya cocok dan pas :)
Tabungan Pensiun
Bagi yang udah punya anak, nggak ada salahnya donk anak-anak kita diajari nabung. Sekarang zamannya bukan pake celengan ayam dari tanah liat, sekarang udah zaman moderen. Jadi yuk kita ajak anak-anak kita untuk menabung di Bank,  5 tips ini sangat membantu kita memilih tabungan untuk anak.

Pilihlah tabungan anak yang sesuai dengan pendapatan dan kemampuan kita, serta syarat yang sekiranya tidak memberatkan kita. Di cermati.com kita bisa memilih 10 tabungan anak yang bisa dijadikan alternatif oleh para orang tua dan lebih baiknya lagi jika kita tau 6 strategi menyimpan uang untuk pendidikan anak.
Tabungan Anak
Tabungan Anak
Tabungan bisnis juga perlu bagi pelaku usaha ataupun yang bukan pelaku usaha. Dengan adanya tabungan ini akan mempermudah bagi pelaku bisnis dalam menjalankan usaha/bisnisnya dan dalam transaksi bisnisnya. Ada 9 tabungan dari 103 tabungan yang bisa kita pilih untuk tabungan bisnis kita. Kita intip-intip 9 tabungan bisnis tersebut di cermati.com, yuk mari :)
Tabungan Bisnis
Tabungan Bisnis
Setelah melihat macam tabungan di atas, sekarang terserah kita mau memilih jenis tabungan yang mana. Intinya... agar ekonomi rumah tangga kita tetap stabil dan naik secara perlahan paling nggak kita harus memiliki sifat gemar menabung. Secara garis besar orang yang suka menabung hidupnya akan aman dan pastinya bahagia di masa depan. Mulai sekarang, ubah kebiasaan menghambur-hamburkan uang dan rajinlah menabung.


Masih bingung bank apa yang harus dipilih? Silahkan langsung cap cus ke cermati.com ya, disana kita akan menemukan banyak pilihan bank untuk menyimpan uang kita. Jika masih bingung perbedaan deposito dengan tabungan, silahkan langsung mampir kesini.

Yuk gapai cita-cita kita dengan cinta menabung sejak dini. Dengan menabung, hari tua kita Insyaallah bahagia :)

No comments:

Post a Comment

Yuk berkomentar :)