Thursday, June 25, 2015

Ibu hamil VS Seafood

Assalamualaikum...
Alhamdulillah sudah memasuki hari ke 8 puasa di bulan Ramadhan ini. Dan Alhamdulillah masih kuat-kuat saja puasa sejauh ini bersama si janin. 13 minggu sudah untuk minggu ini #elus2perut, seperti biasa tidak ada kendala apapun dengan kehamilan ini seperti mual, muntah, pusing, dan penyakit-penyakit lainnya masih belum terasa. Cuma yang terasa adalah pengen makan ini itu seperti sebelum hamil dulu. Semoga selalu sehat dan lancar sampai nanti. Aktifitas dikantorpun alhamdulillah lancar, wira wiri sana sini ke barat ke timur masih tetap kuat. Walaupun sama temen-temen disuruh istirahat, tapi raga masih kuat dan tak ingin berleyeh-leyeh :)

Setiap dua minggu sekali biasanya kontrol ke bidan dan si bidan memberiku pridikat ibu hamil "istimewa" soalnya saat ditanya pernah mual, muntah, pusing, nggak mau makan dan aku menjawab nggak pernah. Dan, dari situ si bidan menjulukiku ibu hamil "istimewa". Alhamdulillah...

Untuk ke dokter kandungan, aku rutin sebulan sekali. Selain untuk konsultasi masalah kehamilan aku juga ingin melihat perkembangan janinku lewat USG. Maklum cyint, selalu penasaran...maunya malah tiap minggu USG, tapi nggak boleh, nggak baik juga buat janin :)

Nah, di lain sisi cerita ini. Aku mau cerita tentang makanan yang aku makan selama ini selagi hamil. Aku kan emang dari dulu doyan makan ya, makanan apapun aku makan kecuali ayam, karena emang aku nggak suka ayam. Yang paling demen itu ama yang namanya seafood. Ulala semuanya aku makan tanpa terkecuali, kerang, kepiting, cumi, udang, hmmm apa lagi ya... oh lorjuk, siput pokok'e semuanya deh.

Kerang di lontong balap :P
Dokumen Pribadi

Udang dan ikan :)
Dokumen Pribadi
Cumi-cumi, tahu dan sambelannya :)
Dokumen Pribadi
Ini nih minimnya ketidak tahuanku dengan kehamilan. Ternyata setelah searching di google dan nasehat teman-teman makanan seafood nggak boleh terlalu banyak. Dikhawatirkan mengandung merkuri yang nggak baik buat janin T_T nangis guling-guling dan sedih pastinya aku. Pastinya aku langsung berdo'a dan meminta kepada Allah agar semuanya baik-baik saja. Sempurna lahir bathin saat lahiran nanti.

Parahnya lagi, katanya keluargaku nggak boleh makan cumi takutnya anaknya hitam legam T_T plis deh...itu kan mitos. Mosok yo nakut-nakutin seperti itu....

Kepiting saos merah :P
Dokumen Pribadi
Lorjuk di kuah campornya :)
Dokumen Pribadi
Saat aku linglung mengenai makanan ini itu yang nggak boleh aku makan dan teman-teman juga memberi saran untuk minum air degan/kelapa buat penetralnya. Selain itu, air kelapa emang sangat baik dikonsumsi untuk ibu hamil. Langsung deh cap cus buat beli air degan/kelapa sebanyak-banyaknya :)

Saat jadwal periksa ke bidan akhirnya aku konsultasi mengenai masalahku ini. Aku cerita kalo saat usia kehamilan 0-12 minggu aku doyan banget ama seafood. Si bidan sih menjawab oke-oke aja, boleh kok makan begituan asalkan seafoodnya memang bener-bener masak dan dimasak secara benar. Yang ditakutkan adalah kandungan merkurinya memang, biasanya ikan-ikan permukaan lebih banyak mengandung merkuri, jadi memang disaranin makan ikan laut yang memang tinggal/hidup jauh dari permukaan laut. Seperti ikan tongkol...

Tapi lebih baiknya lagi kalau mau konsumsi ikan mendingan ikan laut saja daripada ikan yang hidup di air tawar, soalnya ikan yang hidup dilaut memiliki protein yang jauh lebih tinggi.

Nah, dari situ deh...sedikit ada petunjuk dan sedikit pencerahan mengenai makananku. Begini nih akibat hamil kebo, makan apa aja semuanya masuk. Nggak ada yang ditolak...semoga semuanya baik-baik saja. Ternyata ibu hamil emang harus banyak cari tau atau istilah kerennya "kepo" ama hal-hal yang dilarang dan diwajibkan dikonsumsi selagi hamil. Semoga curhat tentang ibu hamil vs seafood ini banyak yang merespon dan sudah berpengalaman sebelumnya. Yuk bagi-bagi ilmu kalian disini, siapa tau membantu ibu-ibu hamil lainnya. Terima kasih.


Related Posts

Ibu hamil VS Seafood
4/ 5
Oleh

80 komentar

Kalau seafoodnya di masak sendiri gak masalah, tapi kalau di warung sepertinya harus di kurangin deh. Kalau dari sepupu aku yang kebetulan dua orang dokter, di anjurkan untuk mengurangi makanan begituan. Emang gak dilarang sih, cuma antisipasi aja.

Kalau ikan ada ikan tertentu yang banyak kandungan merkurinya, seperti tuna. Entah itu yang kecil maupun besar dan yang besar lebih banyak kandungan merkurinya. Makanya ikan tuna paling jarang di konsumsi di eropa dan kebanyakan mereka gak mau makan ikan yang satu ini.

Sepertinya ngidam pas hamil ga bisa dihilangin yah mba :D

Tdk mau komentarin seafood dan hubungannya dengan kandungan. Soalnya masih ilmu saya masih dangkal untuk yg masalah gituan. Cuma mau doain semoga nanti anaknya ketika lahir bisa sehat wal afiat. Dan bisa menjadi anak yang sholeh(ah)

adek ipar dulu jg gt, rajin bgt minum air kelapa..tp air degan hijau :)
btw sehat2 ya bumil, smoga dilancarkan semuanya hingga persalinan aamiin ya Rabb
met puasa yaaaah

Mbak, masalah cumi itu hanya mitos kok. Malah cumi bagus soalnya banyak proteinnya. Tapi ya itu tadi sesuatu yg berlebihan malah nggak bagus.

Oya, pas hamil usia muda saya juga suka sekali beli kelapa muda. Eh eh eh pas hamil tua gini ternyata nih kaki nggak kuat mbak.Jadi keram. Makanya kalau minum kelapa muda sekatang dikurangi. Dan katanya yg air kelapa muda itu bisa buT mulus baby hanya mitos mbak.

ya, karena laut sekarang kan sudah banyak yang tercemar, Mak. Makanya dikhawatirkan tercemar merkuri, terutama kerang. Tapi kalau untuk seafood yang hidup di perairan laut dalam katanya masih aman dari pencemaran. Saya juga waktu hamil hampir tiap hari makan ikan laut melulu :D

Semoga sehat selalu, ya :)

iya nih kalo lagi hamil pasti segala di masukin pengen ini pengen ituh :D

Mbak dwiii..selamaaaatttt..ikut senennngggg...
Alhamdulillah..sehat selalu y mbak dwi, jg si janin, amiiinnn
:)

semoga anak dalam kandungannya sehat mba :)

Aku dulu doyan banget makan seafood mak :D hihih yang penting ibu dan bayi sehat ya

Waaa lagi hamilllll.. Toss kita, maaaak!
Alhamdulillah yaa
kalau aku bukan takut anaknya item, tapi tintanya itu suka bikin ari-ari ngga nempel katanya.
So, aku sndiri ikutin aja dah nggak makan cumi dulu. Tapi makan makanan seafood yang lain , teteeuup.

Eh asyiknyooo yang hamil keboooooo :)
Sehat terus yah Makk dan dede bayinyaaa :*

Paling nikmat itu memang hamil tanpa mual2 mak akupun dulu gitu..ga da rasa apapun...mo mkn apa aja juga hayuk hehehe...
Yg penting diati2 aja mak jangan yg mentah2 dulu trs katanya daun pepaya jg ga blh klo pas trimester pertama..jgn lupa banyakin makanan yg mengandung asam folat jg ya :)

Hehehe...
Kaalau aku sih bukan krn mitosnya, Kak. Tapi lebih ke fresh apa ngganya si sea food itu. Takut udah lebih dari dua hari di frezeer. *parno* hahaha

Usia kehamilan kita selisih 3 minggu ya, Mbak. Sehat yaaa. . .

Lha, kok bissa seafpod mengandhng merkuri? Merkuri dari mana mbak?

Itu lagi mitos cumi, anak jadi hitam, hahah

Walaupun saya ga hamil *eh, saya ga boleh makan seafood banyak2, kolesterol soalnya

Selamat ya, Dwi... sehat2 terus sampe lahiran...

ibu yang hamil memang perlu berhati-hati terhadap makanan apapun tidak hanya seafood, tetapi jika menurut perasaan sehat dan dokter pribadinya mengatakan bahwa makan seafood bagi ibu hamil ngga dilarang mah...icip-icip sesekali mah kayanya ngga apa-apa juga dong.

senengnya hamil kebo.. aku kapan yaa kaya gitu? tiap hamil selalu opname.. semoga nanti yang ke 3 deh.. hihihi.. aamiin.. bener2 istimewa dikau mamake.. semoga anaknya kelak juga istimewa *peluk*

terkait seafood, iya sih berhati2 itu perlu.. tapi kalo udah terlanjur dan taunya belakangan ya gapapa.. hahaa.. yang pasti banyak doa ajah.. sehat selalu yaa lancar sampai melahirkan..

Semangaaat! Nyenengin hamil begini, kayak anak sulungku. Sehat selalu ya :D

Segala sesuatu memang gak boleh berlebihan, kan. Semoga ibu dan janinnya sehat selalu yaa...

semoga sehat selalu maaak...ikan bagus untuk perkembangan otak bayi..semoga sehat selalu ya bumil mwah...

iya mas...emang harus dimasak yg bener ya sepertinya...ikan tuna ya...beda jauh kan dengan ikan tongkol..untungnya belum makan ikan tuna mas...makasih ya sharenya...

amiien..makasih loh Kang atas do'anya...

Amiien..makasih mbak nining...iya mbak ini aku lagi rajin minum air degan :)

iya mbak ika...cuma mitos ternyata...loh air kelapa berpengaruh ya...bisa membuat kaki kram..jangan2 kakiku kram karena kebanyakan minum kelapa...hahaha

amiien...seep makasih mak chi sharenya..bermanfaat sekali... :)

maklum..kan lagi hamil :)

Amiien..makasih mbak Inda :)

Amiien..makasih ya... :)

iya mbak..bener sekali..yg penting sehat :)...makasih mbak Lusi :)

yeee...tosss..lagi hamil jugakah...yess...Alhamdulillah...
Oalah..iya ta? bikin ari2 nggak nempel...heem..enak banget mbak hamil kebo..amiien makasih banyak mbak...

Alhamdulillah...jadi Nadia adalah gadis cantik yg dulunya kena hamil kebo ya mbak...oke..catet..daun pepaya ya mak...seep deh kalo asam folat jalan terus :)

wah..beda 3 minggu ya...tua siapa nih aku apa mbak idah...hehehe...hahaha kok bisa parno loh..padahal yg masuk frezer masih seger :)

dari air lautnya, air laut sekarang kan kebanyakan udah tercemar mas...
iya..yg cumi bikin anak hitam itu mitos...hahaha
waduh kolesterol ya...ngurangi seafood nih...

amiien..makasih mbak Orin...

hahaha..boleh ya mang lembu..incip2 dikit selagi belum dilarang..hehehe

Amiien..semoga nantinya hamil kebo ya mbak...amiien,,makasih atas do'anya mak..semoga anak2 kita semua istimewa ya...
bener, kalo udah terlanjur masak mau dimuntahin lagi..hahaha..yg penting do'a ya mak..ibadah jangan lupa..minta pada Allah :)

kalo saya malah disuruh suami makan ikan2an waktu hamil katanya sih biar anak pinter mungkin itu karena kandungan omega nya ya?

amiien makasih mak Lusi..pastinya tetep semangat deh...

amiien Ya Allah...makasih mbak Leyla Hana :)

amiien makasih do'anya mbak dedew..iya nih suka ama ikan...

iya mak..aku sih doyan ikan teri sebenarnya...seneng banget :)

hamil kebo yaa... slamat makan apa ajaaaa.. aku dulu ga bisa makan sampe usia kandungan 7 bulan.. makan apapun pasti lgsg muntah..huhuhu

itu kelapa muda yg ijo, biasanya diminum sering2 menjelang lahiran (7 bulan), biar baby dan ketubannya bersih

iya mabk hamil kebo...wah...7 bulan ya mbak eda ...lama banget ya...berarti kelapa ijonya diminum pas lagi hamil tua ya mbak...oke deh...

kalo menurut saya gpp mak, asal jgn berlebihan dan terlalu sering. semoga sehat terus ya...

Wah..enak banget mbak..hamil tanpa mengalami mual dan muntah. Bisa makan apa saja ya... Dulu, hamil yang pertama, 3 bulan pertama, saya sampai gak bisa makan nasi..mual terus..:(

beuhhh mantab ini asupan gizi si dede janin, kalo dulu saya mual muntah mak, yang paling gampang masuk itu mie ayam hehe, sehat selalu ya dek

toloooong aku kepingin banget lihat fotonya :)

Ini ngidam apa doyan mba?
menu'a lengkap 4 sehat 5 sempurna 6 kenyang nih mba hahaha :D

bumiiiil, waaah selamat yaaa...seafood emang enak, waktu aku hamil pertama aku suka nongkrong di seafood daripada lele. Aku suka udang ama cumi tapi, kalau ikan gaaaak, heheee.

aduh mba makanan seafood, aku doyan

Lagi puasa eh baca blog mbak dwi yang tentang makanan, bikin batal puasanya nggak iya???? :))

Halllooooo.... apa kabar? Wah maaf lama ga mampir kesini, ternyata aku ketinggalan berita besar. Selamat ya atas kehamilannya... semoga dimudahkan sampai melahirkan kelak. Aamiin...

Memang, makanan laut dikhawatirkan banyak mengandung merkuri (yg kalau ga salah bisa menyebabkan anak autis). Tapi jangan terlalu dipikirlah... nanti malah mempengaruhi kandungan. Yang penting bumil harus happy selalu dan makan makanan yg bergizi ya.... Buang segala perasaan galau dan kuatir yg akan mempengaruhi si debay. OK?

Semoga janinnya tetap baik-baik saja, Mbak Dwi. Kan selama ini belum tahu, insyaAllah nggak ada indikasi buruknya. Yang penting baca basmallah, kan?

Aduh itu seafoodnya sukses bikin saya ngiler. Aku ngidam seafoooooood..
Btw, izin follow blognya, ya Mak :)

Hebat banget ga pernah mual dan muntah. *iri hihi. Semoga sehat terus sampai lahiran. Selagi enak makan, cuuus terus makanan-makanan bergizi untuk janinmu, Dwi. Btw, kalo dulu aku hamil itu ngidam duren. Pernah kalap makan duren, terus perutku kram. Ga bisa bangun dari tempat tidur, bahkan miring aja ga bisa. Sakiiit. Kalo bisa, jangan makan duren banyak-banyak. :D

kalau saya, wkt hamil dulu cmn puasa makan kerang...

Selalu berdoa mba buat kesehatan janin, insyaallah yg beginian gk terlalu ngaruh hehe

Selalu berdoa mba buat kesehatan janin, insyaallah yg beginian gk terlalu ngaruh hehe

amiien..iya mbak..makasih sarannya :)

iya ALhamdulillah...masih bisa makan ini itu mbak...kadang kalap juga makannya :)

amiien makasih mbak evrina..Alhamdulillah...semua makanan saya doyan mbak :)

hahaha..jangan dilihat gambarnya mbak :)

iya..harus lengkap donk...

makasih mbak astin...berarti kita doyan seafood ya mbak...sehat2 terus deh si dedek...

nggak donk...kan cuma ngelihat bukan mencicipi :)

Halooo mbak..Alhamdulillah baik...termakasih banyak mbak Reni..atas do'a2nya :*
Iya mbak...ini semua dimakan kok..pokoknya nggak berlebihan..terimakasih atas sarannya mbak Reni :*

amiiien..iya...baca basmallah pastinya..terimakasih shofi atas saran dan telan mengingatkan :*

silahkan mbak nia, dengan senang hati...hehehe..hahaha..semuanya gagal fokus sama gambarnya ya...

Amiien..makasih banyak mak Haya..iya mak..asline aku pengen duren tapi takut soale katanya panas..e..yasud mending makan buah lain aja deh...

cuma 2 kali makan kerang dan berhenti mbak...hehe

amiiien...makasih ya sarannya... :)

amiiien...makasih ya sarannya... :)

Semoga sehaaat terus ya maak..memang orang hamil beda-beda, yang penting hati-hati selalu maaak :)

Aduuh jaman sekarang kandungan kimianya macem-macem ya Mbak. Jadi pusing deh kudu makan apa.

iya mak...makasih banyak mak indah...

iya..macem2..ada boraks formalin dll..hati2 pokoknya...

Sehat terus ya, Mbak Dwiiii :*

Yuk berkomentar :)