Ini Dia! Hal Penting yang Wajib Diketahui Sebelum Pasang Behel Gigi

Baik karena alasan kesehatan maupun kecantikan, ada banyak orang yang tertarik menggunakan behel gigi. Akan tetapi, sebelum kalian memutuskan menggunakan behel gigi dan agar hasil perawatan gigi sesuai ekspektasi, ada baiknya kalian menyimak dulu informasi penting seputar pasang behel gigi berikut ini.



Behel Gigi Tidak Hanya Untuk Anak dan Remaja Saja

Kawat gigi atau behel sering kali dikaitkan sebagai perawatan gigi untuk anak-anak atau para remaja. Hal ini dikarenakan bentuk gigi yang kurang rapi bisa terlihat jelas pada usia tersebut. Akan tetapi, nyatanya pemasangan behel gigi tidak ada kaitannya dengan batasan usia lho. Siapapun bisa menggunakan kawat gigi pada usia berapa saja dengan tujuan memperbaiki susunan gigi. Catatan pentingnya ialah gigi dan gusi masih dalam keadaan kuat dan sehat. Pasang behel gigi sangat tidak dianjurkan untuk kalian yang kondisi gigi dan gusi di dalam mulut tidak sehat karena ditakutkan akan memberikan tekanan berlebih.


Rata-Rata Orang Menggunakan Behel Gigi Selama 2 Tahun

Selanjutnya, perlu diketahui jika pada umumnya pemasangan kawat gigi memakan waktu hingga 2 tahun. Hanya saja durasi penggunaan behel pada masing-masing orang bisa juga berbeda lho. Sangat tergantung bentuk dan kondisi gigi pada masing-masing pengguna behel gigi. Selain itu, ada pula beberapa pilihan metode terapi gigi yang memakan waktu lebih ringkas sekitar 6 bulan saja, namun pilihan penggunaan metode tersebut tidak direkomendasikan kecuali kondisi gigi kalian benar-benar dalam kondisi yang baik. Beberapa terapi perawatan gigi ini juga diklaim lebih menyakitkan jika dibandingkan terapi pemakaian behel gigi pada umumnya.


Usahakan Konsisten Pada Satu Dokter Gigi

Tidak bisa dipungkiri, lamanya durasi pemakaian behel kerap kali membuat banyak orang mengganti dokter. Terlebih jika kalian harus pindah tempat tinggal ataupun karena beberapa alasan lainnya. Perlu diketahui, mengganti dokter gigi mengakibatkan biaya perawatan menjadi bertambah besar lho. Maka dari itu, sebelum memutuskan pasang behel ada baiknya kalian mempertimbangkan dulu konsistensi kalian pada seorang dokter dalam jangka waktu tertentu. Sebelum pemasangan behel, kalian juga diharuskan menandatangani kontrak dengan dokter gigi pilihan sehingga saat memutuskan berhenti dan beralih ke dokter lain, kalian wajib bernegosiasi untuk mengakhiri kontrak pasang behel gigi.


Nyeri Setelah Pasang Behel Itu Biasa

Banyak orang yang merasa enggan memasang behel gigi karena dihantui rasa sakit pasca pemasangan. Perlu diketahui, bagaimanapun juga kalian akan merasa tidak nyaman saat awal pemasangan kawat gigi. Selain itu, proses pemasangan behel juga kerap menimbulkan rasa nyeri yang tidak mungkin bisa dihindari. Tekanan kawat untuk memperbaiki susunan posisi gigi di dalam mulut akan memberikan efek nyeri dan tidak nyaman dan ini merupakan hal yang lumrah. Kalian tidak perlu khawatir, biasanya dokter gigi juga akan memberikan obat pereda nyeri untuk mengurangi rasa sakit tersebut. Efek nyeri biasanya juga akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu setelah pemasangan behel gigi.


Salam,
Dwi Puspita

1 comment:

  1. Dua tahun, durasi yang cukup panjang juga ternyata. Aduh takut ah, jika ada rasa nyeri juga.

    ReplyDelete

Yuk berkomentar :)