Memanfaatkan Libur Nasional Untuk Family Gathering

Assalamualaikum sahabat Dwipita,
Siapa disini yang selalu mantengin kalender melihat dan menerka tanggalan merah mau kemana dan ama siapa? Hayooo....
Liburan akhir tahun kemarin sangat membahgiakan sekali bagi saya karena bisa berkumpul dan jalan-jalan dengan keluarga.

Ngomongin mantengin kalender, saya dong, saya suka sekali mantengin kalender nih buat jadwal liburan keluarga. Paling banter liburan weekend tapi selalu mepet banget waktunya. Iya enggak? Kalau kalian perhatikan liburan nasional tuh banyak banget loh, mulai yang nggak kecepit sampai yang kecepit alias harpitnas. So, kalau sudah harpitnas nih bakalan membludak kek mau liburan sepekan aja.


Liburan Nasional tuh bagaikan nyawa dan bikin damai sih kalau menurut saya pribadi. Masalahnya saya bisa enjoy apalagi yang pekerja kantoran ya. Happy banget tuh pastinya, saya aja yang freelance bahagianya minta ampun kalau sudah beremu dengan liburan nasional, soalnya suami libur dan pastinya bisa jalan-jalan.

Nah, liburan nasional kali ini saya berkesempatan ikut acara suami di kantor. So, pasti happy banget dong bisa jalan-jalan gratis apalagi bisa ngajak anak. Karena bisa belajar mengenal hewan di Taman Safari Prigen Pasuruan. Yesss bener, kami akan FamGath ke salah satu tempat satwa yang alami di daerah Pasuruan.

Usia anak saya pada saat itu masih 2 tahun 4 bulan. Giginya sudah tumbuh banyak dan pastinya sudah mengenal banyak kosakata baru. Senangnya lagi, anak saya ini suka banyak tanya tentang apa saja yang dilihatnya. Walaupun kadang saya capek ngeladeninya tapi sebenarnya hal tersebut enggak boleh saya lakukan. Saya harus sabar karena artinya anak saya sehat dan ini bakat kecerdasannya.

Beruntung banget waktu itu ada acara Family Gathering dari kantor suami. Family Gatheringnya ke Taman Safari Prigen Pasuruan. Namanya juga Family Gathering, pastinya boleh dong mengajak seluruh anggota keluarga. Mau berapapun jumlah anggota keluarganya dipersilahkan ikut. Asalkan jangan bawa tetangga apalagi pelakor atau pebinor. Hehehe...

family gathering ke Taman Safari Prigen Pasuruan

Sampainya di Taman Safari Prigen Pasuruan bikin saya ndeso banget. Masalahnya ini kali pertama saya masuk Taman Safari Prigen. Luas banget areanya. Yang bikin luas sih sebenarnya karena wilayah/jalanan disana dibikin seperti spiral. Jadi muter-muternya yang bikin jauh dan enggak sampai-sampai.

Pertama kali saat memasuki wilayah Taman Safari Prigen Pasuruan akan tampak deretan penjual buah dan sayur. Yang saya lihat dari balik kaca bus adalah penjual buah pisang dan wortel. Kemudian akan memasuki tempat pembelian tiket, nantinya akan ada petugas yang akan masuk menghitung banyaknya orang didalam bis. Jujur, saya enggak tahu harga tiket perorangnya dan kalau kolektif bayarnya juga berapa saya nggak tahu. Hehehe... ini semua karena kantor suami yang nanggung. Jadi saya terima duduk manis saja.

berbagai jenis hewan di Taman Safari Prigen Pasuruan

Setelah itu kami mulai memasuki daerah seperti hutan. Kanan kiri banyak pegunungan dengan jalan yang menanjak. Yah, wilayah Taman Safari Prigen adalah wilayah pegunungan, jadi maklum saja jika jalanannya menanjak. Mulai tampak memasuki wilayah hewan dimana setiap wilayah ada plakat bertuliskan nama hewan tersebut. Patuhi setiap peraturan disini, seperti jangan pernah mengeluarkan anggota badan atau membiarkan kaca mobil terbuka.

berbagai jenis hewan di Taman Safari Prigen Pasuruan

Nah, hewan-hewan yang kami lihat adalah hewan-hewan dibawah ini. Hewan-hewan yang biasanya hanya dilihat dibuku atau televisi kini bisa dilihat dengan mata kepala sendiri. Ayman saja sampai teriak-teriak saking bahagianya. Dia tak hentinya memanggil nama saya berusaha ingin menunjukkan bahwa hewan yang dilihatnya pernah ia lihat dibuku. Hahaha...

Jadi sekarang bisa lihat dan tahu bentuk sebenarnya ya.

berbagai jenis hewan di Taman Safari Prigen Pasuruan

Taman Safari Prigen Pasuruan bener-bener menjadi daya tarik sendiri pada mereka yang ingin belajar dan mengetahui hewan. Terutama anak kecil yang sedang belajar mengenal hewan. Ilmu langka nih bagi saya, jalan-jalan sambil belajar. Tidak setiap sekolah melakukan hal ini. Bersyukur bagi mereka yang masih bisa mengajak anak belajar secara langsung. Saya aja dari dulu pengen ke Taman Safati Prigen tapi nggak keturutan. Baru keturutan setelah kantornya suami ngadain Family Gathering.

berbagai jenis hewan di Taman Safari Prigen Pasuruan

Didalam bis saya tak hentinya berdzikir. Hahaha...ndeso. Nggak papalah ndeso demi keselamatan saya. La wong jalannya berkelok-kelok, muter dan menanjak. Depan belakang sudah diapit mobil semua. Saya sarankan kalau kesini kondisi kendaraan harus prima terutama rem-nya. Semoga tidak ada cerita rem blong ketika melihat indahnya satwa ini.

berbagai jenis hewan di Taman Safari Prigen Pasuruan

Para wisatawan pun tetap diingatkan untuk tidak membuka kaca mobil saat melintasi hewan buas, seperti singa dan harimau. Ini semua demi keselamatan para wisatawan. Hendaknya juga para wisatawan harus patuh terhadap peraturan tersebut. Ada beberapa tempat satwa dimana kaca mobil bisa dibuka seperti saat melewati satwa rusa, jerapah. Saya ingatkan untuk tetep waspada dan selalu mematuhi peraturan yang ada.

berbagai jenis hewan di Taman Safari Prigen Pasuruan

Jika ada beberapa hewan yang berada di tengah jalan, diharapkan kendaraan berhenti dan menunggu sampai hewan minggir dan pergi sendiri. Jangan sampai ada yang keluar dari mobil dan mengusir hewan tersebut. Pengalaman saya saat di Taman Safari Prigen Pasuruan saat keliling melihat satwa menggunakan bis, antri kendaraan sangat panjang. Penyebabnya karena ada beberapa kawanan Zebra yang duduk-duduk santai dengan kawanan Zebra lainnya. Hahaha...

berbagai jenis hewan di Taman Safari Prigen Pasuruan

Kerbau, tanduknya bener-bener kuat ya. Tampak kokoh sekali. Salah satu alat untuk menjaga dirinya dari musuh yaitu tamduknya. Saya saja baru tahu dengan bentuk kerbau dengan tanduknya yang super kokoh pada saat Family Gathering ini. Hahaha... dari dulu kemana aja?

berbagai jenis hewan di Taman Safari Prigen Pasuruan

Kalau hewan satu ini sudah tahu sebelumnya. Wajahnya lucu dan imut-imut. Jerapah... hewan berleher panjang yang bikin anak kecil juga pengen gelantungan dilehernya. Banyak yang memberikan makanan pada hewan ini dengan menyodorkan wortel dengan kaca mobil seperuh terbuka. Mereka tak berani memberi makan dengan full kaca mobil terbuka takut kepala Jerapahnya nyosor ke dalam.

jerapah di Taman Safari Prigen Pasuruan

Dan akhirnya setelah muter-muter melihat satwa sampai jugalah kami di puncak Taman Safari Prigen Pasuruan. Tempat parkir bis dan kendaraan lainnya. Tersedia banyak permainan di tempat ini. Permainan yang bisa dinikmati setiap wisatawan yang ingin mencoba tantangan baru. Tempat parkir yang super luas, baik parkir bis ataupun mobil pribadi.

peta lokasi Taman Safari Prigen Pasuruan

Oh ya, kalau yang namanya Liburan Nasional so pasti ramai banget ya tempat wisata ini. Walaupun ramai tetap aja happy karena bisa jalan-jalan bareng dan ramai-ramai. Apalagi hari libur nasional 2019 ini banyak banget loh. Tinggal pilih aja tuh hari yang cocok buat liburan bareng keluarga. Kalau kalian biasanya liburan nasional dipakai acara apa nih temana-teman? Share yuk...


Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)