5 Cara Menabung Bikin Harimu Tambah Happy

Setiap orang tentu ingin mempersiapkan kehidupan yang lebih baik untuk masa depannya. Namun, untuk mempersiapkannya diperlukan berbagai cara, salah satunya dengan menabung. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu cara menabung yang efektif dan efisien. Dengan menabung kita dapat mempersiapkan segala kemungkinan seperti dana darurat, dana pendidikan dan berbagai keperluan lainnya dapat kamu persiapkan dari tabungan yang dimiliki. 


Tetapi bagaimana memiliki tabungan yang lebih tahan lama dan tabungan yang dapat menghasilkan. Karena itu, kita akan membahasnya cara menabung yang efektif.

Untuk yang Selalu Gagal, Ini Cara Menabung yang Paling Ampuh


1. Buat Rencana Tabungan

Pastikan mengetahui berapa banyak dana yang akan kita tabungkan, idealnya sisihkan 20% hingga 30% pendapatan bulanan untuk ditabung. Lalu, sekiranya kamu dapat menabung hingga memiliki dana untuk menutupi biaya hidup enam bulan kedepan untuk dijadikan dana darurat.




Kenapa harus 6 bulan? Apabila terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK) atau kita dalam tahap sedang tidak mampu untuk bekerja, waktu 6 bulan adalah waktu yang paling efektif untuk kita agar pulih kembali secara finansial.

2. Gunakan Sistem Debit Otomatis

Gunakan sistem menabung secara otomatis. Sistem debet otomatis ini sudah digunakan hampir seluruh Bank yang ada di Indonesia. Penggunaannya pun cukup mudah, biasanya saat memutuskan untuk menggunakan debet otomatis ini nasabah membuat sebuah kesepakatan terlebih dahulu dengan pihak perbankan terkait berapa nominal yang dipotong, berapa lama waktu debit otomatis ini dan beberapa kesepakatan lainnya

Dengan begitu untuk kamu yang boros akan terbantu agar lebih disiplin menabung karena sistem ini. Sistem ini juga biasanya tidak dapat melakukan penarikan dalam jangka waktu bulanan, setidaknya minimum penarikan ini 1 kali pengambilan dalam 1 tahun. Namun, ini kembali lagi kepada kebijakan setiap Bank.

3. Batasi Penggunaan Kartu Kredit

Penggunaan kartu kredit memang terbilang dapat membantu keuangan bulanan, tetapi memang penggunaan kartu kredit ini harus lebih bijak. Karena dengan menggunakan kartu kredit biasanya penawaran dan potongan harga jauh lebih besar dibandingkan melakukan pembayaran secara tunai. Ini yang tanpa kita sadari penggunaan kartu kredit menjadi bengkak dan menyebabkan keuangan terganggu.

Untuk terhindar dari jerat hutang ataupun pengelolaan keuangan yang berantakan, tutup akun kredit milikmu menggunakan pembayaran melalui tunai maupun debit.

4. Pilih Barang yang Memiliki Diskon

Hal yang paling utama membuat kita sulit menabung adalah dengan seringnya melakukan pembelian barang belanjaan. Memang untuk hal yang satu ini terbilang cukup sulit menahan keinginan untuk berbelanja, karena itu kamu dapat coba melakukan tips yang satu ini agar pengeluaranmu dapat lebih terjaga.

Cara mudahnya adalah dengan membeli barang yang memiliki potongan harga atau diskon. Dengan memilih barang-barang yang diskon, kamu dapat sisihkan dananya untuk menabung. 

5. Lakukan Investasi

Investasi adalah cara menabung terbaik untuk mengembangkan dana milikmu. Tidak hanya sekedar menyimpan dana, tapi dengan investasi kamu juga dapat menikmati imbal hasil dari kegiatan tersebut. Saat memilih investasi diperlukan yang benar-benar cocok untuk kebutuhanmu, seperti apakah tujuan menabung ini jangka pendek atau jangka panjang.

Lalu, seperti yang sudah kita katakan sebelumnya kamu dapat mulai menyisihkan 20%-30% pendapatan bulanan untuk investasi, dana tersebut itulah yang dapat kamu sisihkan untuk investasi secara bulanan. 

Seperti contoh jika kamu menabung secara bulanan dengan nominal Rp1 juta dalam kurun waktu 6 bulan, maka dana yang terkumpul senilai Rp6.000.000. Bandingkan jika kamu melakukan investasi dengan nominal dan jangka waktu yang sama di platform P2P Lending yang memiliki imbal hasil 20% per tahun, maka dana kamu akan menjadi Rp6.359.886. Lumayan, bukan?

Menabung memang penting, namun lebih penting lagi mengetahui cara menabung yang efektif dan efisien. Pilih dengan bijak tempat menabung yang paling cocok, sesuai dan dapat memberikan keuntungan untukmu.

Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Melalui Akseleran!

Bagi kamu yang ingin mengembangkan dana tabungan sekaligus membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai alternatif investasi pendanaan dengan imbal hasil hingga 21% per tahun kamu dapat mulai mengembangkan dana di platform P2P Lending Akseleran hanya dengan dari Rp100 ribu saja.

Sebagai platform P2P Lending, Akseleran pun sudah berizin resmi dari OJK, jadi semua transaksi diawasi oleh lembaga pengawas negara. Selain itu, dana yang kamu taruh pun mendapatkan proteksi asuransi. 


Yuk! Gunakan kode promo BLOGDWIPUSPITA saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran dan dapatkan dana awal sebesar Rp100 ribu yang bisa kamu coba kembangkan di platform P2P Lending Akseleran. 



Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke cs@akseleran.co.id.

Salam,
Dwi Puspita

2 comments:

  1. Aku udh lama nih invest di akseleran dan bbrp p2p platform yg lain. Krn utk skr ini, aku rasa p2p yg plaing lumayan dlm hal return dibanding Reksadana ato obligasi. IHSG LG jelek pula :D.kalo utk deposito, dr dulu aku memang ga tertarik Krn kegerus inflasi hasilnya. Makanya LBH suka main di p2p ato saham :D.

    ReplyDelete
  2. anak anak memanga sudah mulai dibiasakan untuk gemar menabung mulai dari menyisihkan uang jajan yang mereka dapatkan setiap hari. Aoalagi di saat menjelang penerimaan siswa baru SD-SMP/SMA pastilah dibutuhkan biaya yang tidak sedikit ya Mba Dwi

    ReplyDelete

Yuk berkomentar :)