Punya Usaha? Yuk Kembangkan Dengan Membuat Website atau Toko Online Sendiri

Tak dipungkiri, dunia digital kini semakin maju dan laris. Para UMKM pun kini mulai menyadari pentingnya teknologi untuk perkembangan dan kemajuan usahanya. Bagaimana tidak, semuanya dipromosikan melalui media digital seperti Facebook, WhatsApp, website, dan masih banyak lainnya.



Dengan adanya promosi diberbagai platform pastinya semakin banyak yang mengenal sesuatu yang dijual, misalnya kuliner. Untuk itu banyak yang berlomba-lomba untuk membuka usaha yang pastinya digemari masyarakat saat ini dan akan mempromosikannya di media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.

Beberapa ada yang memilih memasarkan melalui website, bagi pemilik usaha dengan memiliki website maka akan mempermudah para target pembeli lebih tertarik dengan produk milik kita.

Membuat website sebenarnya bisa kita lakukan sendiri dengan mudah. Tak perlu biaya mahal karena kita yang akan membuat website atau toko online milik kita sendiri. Apalagi sekarang sudah ada berbagai tool website builder praktis seperti Zyro yang mudah digunakan, tanpa perlu memiliki pengalaman coding dan mendesain web. Kalau kalian tertarik mencobanya, bisa klik disini.

Dengan punya website ataupun toko online, saya rasa semua jadi lebih mudah. Mudah melihat produk apa saja yang dijual dengan harga yang dicantumkan di halaman website maupun toko online tersebut.

Jika website maupun toko online yang sudah kita buat selesai maka hal selanjutnya yang kita lakukan adalah mempromosikannya. Ada banyak cara mempromosikan website maupun toko online yang kita punya antara lain :

1. Promosi melalui sosial media.

Promosi melalui sosial media bisa kita lakukan dengan cara membagikan link website ataupun toko online ke Facebook maupun Instagram. Jika website/toko online ingin mendapatkan pemirsa yang lebih banyak maka gunakan Facebook/Instagram ads. Keuntungan menggunakan fitur ini adalah dapat membuat target orang yang dituju sesuai dengan usia, jenis kelamin, kebiasaan, dan lainnya. Sehingga, situs web dipromosikan ke orang yang tepat.

Di dalam facebook Ads, terdapat fitur custome audience dimana anda dapat mengunggah daftar email customer ke facebook dan email tersebut akan dicocokkan dengan akun facebook milik Anda. Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan website kepada customer dengan cara yang cepat dan efektif. Hal ini sangat berpengaruh sekali untuk promosi dan branding website maupun toko online.

2. Promosikan melalui artikel review

Banyak dari blogger yang mereview website maupun toko online di blog pribadinya. Dengan cara promosi seperti ini sebenarnya memberikan nilai tambah bagi website dan toko online untuk semakin dikenal oleh masyarakat. Ada beberapa dari artikel review yang ditulis oleh blogger adalah pengalaman pribadi saat menggunakan sebuah produk.

3. Melakukan email broadcast

Cara ini akan lebih mudah dilakukan ketika kalian memiliki database dari alamat email customer. Promosi bisa dilakukan dengan membuat broadcast ke semua alamat email customer, sehingga semakin banyak alamat email yang dituju maka semakin banyak orang yang akan menerima informasi mengenai website milik kalian. Mengirimkan email ke customer membuat kesan lebih pribadi dan meningkatkan ketertarikan akan website yang dipromosikan, sehingga kunjungan website akan terus meningkat.

4. Menggunakan mesin pencari Google

Cara promosi website berikutnya adalah menggunakan mesin pencarian Google. Tidak bisa dipungkiri, bahwa Google adalah mesin pencarian paling populer saat ini. Oleh karena itu, banyak blogger maupun webmaster yang menggunakan mesin pencarian Google untuk mempromosikan webstienya.
Cara yang dilakukan adalah dengan menggunakan SEO (Search Engine Optimization), sebuah upaya untuk mengoptimasi website agar disukai Google dan ditampilkan di halaman pertama Google untuk setiap frasa kata target yang dimasukkan.


Nah, pastinya para pengusaha dan UMKM terbantu sekali jika barang yang mereka promosikan di sosial media bisa dikenal dan dibeli oleh masyarakat. Untuk itulah pentingnya promosi di zaman yang serba canggih seperti ini karena tak perlu banyak tenaga dalam hal mempromosikannya. Yuk para UMKM segera membuat website maupun toko online sendiri untuk memperkenalkan produk yang kalian jual agar semakin luas jaringan konsumennya.

Salam,
Dwi Puspita

1 comment:

  1. Nahh bener nih, drpd numpang di ecommerce teruss mending bikin sndiri (y)

    ReplyDelete

Yuk berkomentar :)