Manfaat Olahraga Bersepeda dan Lari Untuk Kesehatan Jiwa Raga Jangka Panjang

Sebenarnya olahraga bersepeda dan lari bisa dilakukan siapa saja. Baik pria, wanita, maupun anak-anak. Bersepeda dan lari adalah olahraga yang sangat menyenangkan jika dilakukan bersama-sama keluarga, teman, maupun komunitas. Sendiri juga bisa dan agar tidak bosan pastikan dengarkan musik dengan volume kecil agar bersepeda tetap aman, nyaman dan tidak membahayakan.

Perlengkapan bersepeda

Bersepeda dengan istilah kerennya gowes adalah salah satu cara untuk menyalurkan hobi olahraga di luar rumah. Dengan bersepeda pastinya semua anggota badan akan bergerak terutama daerah kaki. Kayuhan demi kayuhan akan membakar banyak kalori yang akan membuat tubuh menjadi berkeringat. Saya kadang melakukan gowes di hari libur bersama suami. Manfaat bersepeda sudah saya rasakan sendiri, tubuh terasa lebih fit dan bugar.

Manfaat bersepeda untuk para tubuh pastinya banyak sekali, antara lain meningkatkan kekuatan kaki, melatih otot inti, meningkatkan kesehatan mental, meningkatkan kemampuan seks, meningkatkan kekuatan otak, menurunkan resiko kanker, menstabilkan diabetes, mencegah resiko darah tinggi, mencegah resiko jantung dan masih banyak lagi manfaatnya untuk tubuh.

Bersepeda setiap hari minimal 20 menit akan melatih pernafasan dan mengontrol detak jantung. Dengan cara ini akan mencegah resiko mudah lelah dan mencegah obesitas. Buat teman-teman tetap semangat ya olahraganya, jangan mager karena mager itu berbahaya sekali salah satunya bisa menyebabkan obesitas.

Perlengkapan lari yang dibutuhkan


Jika kalian tidak memiliki sepeda namun ingin tetap berolahraga, lari bisa menjadi solusi yang tepat. Olahraga sederhana yang tidak mengeluarkan biaya ini ternyata manfaatnya juga sangat besar bagi kesehatan sama halnya dengan bersepeda. Membiasakan olahraga setiap hari baik lari maupun bersepeda menjadi gaya hidup yang semestinya harus dilakukan oleh setiap orang untuk investasi kesehatannya di masa depan.


Perlengkapan lari di luar ruangan hendaknya diperhatikan demi kenyamanan, contohnya menggunakan sepatu lari anti slip, ringan dan pas dengan ukuran kaki. Selain sepatu, oufit lainnya adalah pakaian yang dapat menyerap keringat dengan baik. Walaupun sederhana, namun perlengkapan lari harus benar-benar dipikirkan agar selama lari kita tetap enjoy.

Manfaat olahraga lari untuk tubuh

Membiasakan tubuh bergerak aktif sepanjang hari pastinya akan membuat tulang, sendi, dan otot terbiasa terlatih dan lentur. Mengangkat barang berat pun tak akan menjadikan otot kaku malah sebaliknya luwes bergerak, badan lebih fit dan bugar.

Lakukan gerakan sederhana dan mudah yang mampu teman-teman lakukan. Misal jalan ditempat, lari ditempat, lompat-lompat. Durasinya pun disesuaikan dengan kemampuan kita, tak perlu waktu lama untuk olahraga. Cukup 10-15 menit untuk pemula dan lakukan secara konsisten dan bertahap. Jika sudah mampu olahraga dalam waktu tersebut bisa ditambah waktunya lebih lama lagi.

Jika teman-teman forsir untuk berolahraga raga, tubuh akan memberikan sinyal yaitu sakit semua. Pernah mengalami hal ini? Saya pernah, ini karena saya terlalu memforsir diri untuk olahraga. Lama vakum untuk berolahraga dan tiba-tiba dipaksa bergerak aktif dengan durasi lama membuat otot saya kaku dan badan sakit semua. Seharusnya untuk pemula gerak ringan terlebih dahulu dengan durasi bertahap perharinya. Kalau teman-teman ada pengalaman serupa dan olahraga apa yang teman-teman suka?

Salam,
Dwi Puspita

1 comment:

  1. Iya kerasa banget kalau abis lari pikiran jadi leboh fresh bawaanmua gak mumet

    ReplyDelete

Yuk berkomentar :)