5 Tahapan Basic Skincare untuk Pemula yang Lengkap dan Benar

Merawat kulit dengan menggunakan produk skin care perlu memperhatikan tahapannya dengan benar, sehingga Anda perlu mengetahui tahapan basic skin care yang lengkap dan benar bagi pemula. Dengan memahami tahapan tersebut, maka kulit wajah bisa lebih sehat dan cerah.

Tahapan skincare yang benar


Sekarang ini sudah banyak produk skin care yang bisa disesuaikan oleh kebutuhan Anda dan disesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Berikut ini terdapat tahapan basic skin care untuk pemula yang benar, antara lain:

1. Double Cleansing

Anda perlu melakukan double cleaning dengan mencuci wajah yang menggunakan dua produk pembersih wajah yang memiliki tekstur berbeda. Pertama, Anda perlu menggunakan produk yang berbahan dasar minyak atau bisa gunakan micellar water agar bisa menghapus makeup, SPF, hingga sebum dengan bersih.

Kemudian Anda lanjutkan dengan menggunakan produk kedua yaitu sabun wajah atau fasial wash agar bisa membersihkan kulit wajah hingga ke dalam, serta bisa membersihkan keringat, bakteri, hingga sel-sel kulit mati.

2. Toning

Selanjutnya Anda melakukan tahap toning dalam rangkaian basic skin care, yaitu menggunakan toner. Fungsi toner bisa membersihkan pori-pori dan sel-sel kulit mati setelah Anda melakukan cuci wajah sebelumnya.

Selain itu, penggunaan toner juga bisa membantu menyeimbangkan pH kulit dan membantu penyerapan tahapan skin care selanjutnya agar lebih maksimal. Anda juga perlu memilih toner yang sesuai dengan kondisi kulit atau sesuai dengan jenis kulit Anda.

3. Serum

Anda perlu menggunakan produk serum ke dalam tahapan basic skin care agar perawatan wajah lebih maksimal. Biasanya serum yang berfungsi untuk mencerahkan kulit hingga menyamarkan noda hitam digunakan di pagi hari ataupun malam hari tergantung instruksi dari produk.

Serum


Tetapi lebih baik gunakan serum di malam hari, karena bahan aktifnya bekerja sesuai ritme sirkadian tubuh yang bisa memperbaiki dan mengganti kulit. Terdapat berbagai kandungan bahan aktif dalam produk serum, seperti vitamin, retinol, dan antioksidan.

4. Moisturizing

Tahapan basic skin care dilanjutkan dengan moisturizing atau melembapkan kulit wajah Anda. Seluruh jenis kulit perlu melakukan tahapan ini agar kulit tetap lembap, serta perlindungan kulit Anda atau biasa disebut skin barrier bisa lebih terhidrasi sehingga bisa melawan radikal bebas.

Dalam memilih pelembap yang cocok, Anda bisa lihat kembali kondisi wajah Anda, apakah wajah Anda berminyak, kering, kombinasi, dan lainnya. Dengan memperhatikan jenis kulit, produk pelembap yang digunakan pun akan bekerja dengan baik.

5. Protecting

Tahapan terakhir yang sering dilupakan dan dilewatkan oleh banyak orang yaitu penggunaan produk protecting seperti sunscreen agar kulit Anda terlindungi dari paparan sinar UV A dan UV B ketika melakukan aktivitas di luar ruangan.

Jika Anda tidak melakukan basic skin care hingga tahapan ini, maka dikhawatirkan wajah yang terus terkena paparan sinar matahari akan membawa dampak negative, seperti kusam, keriput, hingga timbulnya berbagai tanda-tanda penuaan. Jadi, para pejuang pemakai basic skin care, jangan lupa gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30, ya!

Anda bisa menemukan produk-produk basic skin care yang sesuai dengan jenis kulit Anda di Beauty Haul Indonesia sebagai ecommerce yang menjual beragam kosmetik dan skin care secara online, serta sudah bekerja sama dengan banyak brand terkenal dari Indonesia hingga luar negeri.

Itulah ulasan tentang tahapan basic skincare yang lengkap dan benar sehingga bisa diikuti oleh pemula agar wajah Anda tampak bersih dan sehat. Apakah Anda akan mengikuti tahapan basic skincare agar kulit terasa bersih?

Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a Comment

Yuk berkomentar :)