Tips Menjalani Kehamilan Sehat Dengan Cara yang Tepat

Assalamualaikum pembaca www.dwipuspita.com, dalam artikel kali ini saya mau berbagi pengalaman seputar kehamilan. Mungkin beberapa pembaca setia sudah tahu kalau saya pernah menunggu masa kehamilan tersebut hampir tiga tahun lamanya dan Alhamdulillah berhasil dengan ikhtiar dan juga mungkin sudah diatur oleh Allah.

Kehamilan sehat

Eits, tapi kondisi saya saat hamil dulu jangan disamakan dengan kondisi ibu ya karena pastinya antara kehamilan saya dengan ibu-ibu lainnya sudah pasti berbeda.

Nah, kali ini saya mau sharing tentang kehamilan sehat agar ibu dan janin yang dikandung sama-sama sehat, bahagia, dan pastinya sesuai dengan harapan kita sebagai orang tua nantinya dari anak-anak kita.

Tahu nggak, kalau hamil itu harus sehat. Tidak hanya sehat fisik namun juga mentalnya loh. Para ibu hamil harus mengetahui banyak hal tentang kehamilan, mulai dari persiapan kehamilan, makanan yang dikonsumsi, usia rentan bagi ibu yang boleh hamil dan tips saat hamil lainnya agar kehamilan ibu tetap sehat dan bahagia.

Agus jatmika soegiarto


Pak Agus Jatmika Soegiarto, selaku pendiri PT Kehamilan Sehat Sejahtera (Klinik Kehamilan Sehat) akan menjelaskan kepada para perempuan khususnya ibu hamil. Beliau sangat care sekali terhadap ibu hamil, tidak hanya bisnis semata namun juga perlu mengedukasi ibu hamil secara langsung. Oleh sebab itu antara dokter kandungan dan pak Agus saling berkolaborasi sebaik mungkin agar keduanya sama-sama berjalan. Tidak hanya memikirkan bisnis semata namun juga edukasi pada ibu hamil sangat utama dan penting dalam hal ini.

Pak Agus menjelaskan bahwa Klinik Kehamilan Sehat sudah memiliki 15 cabang di Indonesia. 11 cabang di Jabodetabek, 2 cabang di Palembang, 1 cabang di Bandung dan 1 cabang di Surabaya.

Pastinya banyak sekali tantangan yang dihadapi pak Agus, salah satunya adalah ibu yang mengalami kehamilan pertama kali dimana mereka hanya mencari informasi di media sosial tanpa mendalaminya lebih lanjut. Memang informasi tersebut penting namun setiap ibu hamil pastinya unik, ibu hamil yang satu akan berbeda dengan ibu hamil lainnya. Mulai dari pola makannya, pola tidurnya, pola kesehatannya sehingga tidak bisa ditarik kesimpulan bahwa setiap ibu hamil memiliki masalah yang sama.

Program hamil


Di Klinik Kehamilan Sehat pastinya memberikan solusi tersebut, mulai dari pengecekan ibu hingga janinnya dengan konsultasi langsung pada ahlinya yaitu dokter kandungan yang berpengalaman.

Untuk cek USG selama hamil disarankan oleh WHO dan Kemenkes dilakukan pemeriksaan USG minimal 4 kali. 1 kali pada trimester pertama, 1 kali pada trimester kedua dan 2 kali pada trimester ketiga. Namun jika mampu, pada usia 9 bulan kehamilan biasanya harus di cek setiap minggu untuk mengetahui keadaan janin lebih detail lagi.

Alat USG juga sangat menunjang, semakin mahal alat USG semakin bagus hasil yang akan diperoleh saat mendeteksi janin.

Tips kehamilan diatas usia 40 tahun adalah kita siap dengan resiko yang akan terjadi yaitu harus tenang. Hamil di usia 40 tahun ke atas termasuk kategori resiko tinggi oleh sebab itu diusahakan jika memang hal ini terjadi harus segera dikonsultasikan pada dokter kandungan untuk mendapatkan edukasi dan penanganan yang tepat.

Kehamilan sehat pastinya harus dijalankan oleh para ibu yang sedang hamil. Terutama masalah stunting, hal ini bisa dicegah saat janin masih dalam kandungan dengan cara si ibu harus cek keadaan janin melalui USG dan juga ibu hamil harus mempersiapkan gizinya saat masa hamil. Tidak hanya karbohidrat, vitamin, mineral dari makanan saja namun kita butuh asam folat, vitamin lainnya selain dari makanan.

Nah, bagaimana dengan program hamil bagi pasangan yang sudah siap secara lahir batin? Tentunya program hamil ini antara pasangan suami istri yang satu dengan pasangan suami istri lainnya akan berbeda, perlu pengecekan pada tahap program hamil ini dari dokter kandungan. Konsultasi secara tatap muka dan melihat keadaannya langsung untuk mengetahui keadaan pasangan suami istri tersebut. Apakah hanya dilakukan dengan cara inseminasi, bayi tabung atau cara lainnya.

Cek usg di kehamilan sehat ngagel


Saya sendiri sudah berpengalaman memeriksa janin ke klinik Kehamilan Sehat Ngagel di Surabaya yang ditangani oleh dokter kandungan yang pastinya berpengalaman. Selain mendapatkan edukasi dari dokternya pun saya dijelaskan secara rinci tentang kondisi janin saya di layar USG.

Nah, buat para ibu hamil dipastikan jika mencari informasi tentang kehamilan sehat di media sosial jangan asal langsung disamakan dengan kondisi ibu ya. Lebih baik konsultasikan dulu pada dokter kandungan apalagi sekarang kehamilan sehat sudah ada aplikasinya yang bisa memudahkan ibu-ibu untuk mendapatkan jadwal konsultasi dengan dokter kandungan atau bisa kunjungi websitenya di www.kehamilansehat.com.

Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a Comment

Yuk berkomentar :)