Kesempatan Emas Investasi Obligasi untuk Siapkan Dana Masa Depan

Dana untuk masa depan adalah suatu hal yang harus dipersiapkan sejak dini. Dana ini bisa Anda gunakan ketika kondisi keuangan sedang tidak stabil. Jenis Obligasi yang tepat bisa mendukung Anda untuk menyiapkan dana tersebut.

Emas obligasi

Sumber gambar : https://unsplash.com/photos/Dc2SRspMak4

Namun sebelum membahas dana untuk masa depan lebih lanjut, Anda juga perlu mengetahui hal-hal apa saja yang perlu disiapkan mulai sekarang demi masa depan yang lebih baik. Simak ulasannya di bawah ini.

Hal-Hal yang Perlu Disiapkan untuk Masa Depan

Masa depan adalah hal yang belum pasti. Namun, Anda dapat menyiapkan beberapa hal untuk mengantisipasi masa depan agar Anda tidak kesulitan nantinya. Inilah penjelasan mengenai hal-hal tersebut.

1. Berunding dengan Pasangan

Ketika Anda memilih untuk menjalani hidup bersama seseorang, Anda perlu menyelaraskan berbagai pemahaman dengannya. Hal ini untuk meminimalisir pertikaian yang bisa terjadi di masa depan.

Salah satu aspek yang perlu dirundingkan adalah masalah keuangan seperti apakah suami dan istri harus sama-sama bekerja, bagaimana strategi keuangan untuk masa depan, dan lain sebagainya.

2. Utang dan Cicilan

Jika kini Anda mempunyai hutang atau cicilan, maka segera selesaikan kedua hal tersebut. Utang dan cicilan yang menumpuk bisa menyulitkan kondisi keuangan Anda nantinya. Di samping itu, anak juga akan terkena imbasnya bila Anda tak mampu menyelesaikannya hingga masa tua datang.

Oleh sebab itu, alokasikan dana Anda untuk segera menyelesaikan hutang. Selain itu, meskipun Anda memiliki cicilan dengan jatuh tempo yang masih lama, pastikan Anda sudah mempunyai cara untuk menyelesaikannya.

3. Rumah

Tidak semua orang ingin tinggal di tempat yang sama di masa depan karena berbagai faktor. Maka dari itu, Anda perlu memastikan apakah Anda tetap ingin tinggal di tempat yang sama di masa depan atau ingin pindah.

Bila Anda ingin pindah demi kenyamanan hidup, maka Anda bisa mulai memikirkannya sejak dini. Pikirkan di mana Anda ingin hidup di masa tua beserta berapa dana yang dibutuhkan untuk mencapai keinginan tersebut.

4. Asuransi

Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Maka dari itu, Anda perlu menyiapkan asuransi untuk mengantisipasi kemungkinan hal-hal buruk yang bisa terjadi.

Salah satu asuransi yang penting adalah asuransi jiwa. Asuransi ini dapat membantu kondisi keuangan keluarga Anda bila terjadi sesuatu yang tidak terduga.

5. Ilmu

Ada pepatah mengatakan bahwa belajar adalah proses seumur hidup. Pepatah tersebut benar karena Anda tetap perlu belajar untuk menambah ilmu Anda meskipun sudah tidak lagi bersekolah.

Ada beragam hal yang bisa Anda peroleh ketika mendapatkan ilmu baru. Contohnya adalah Anda bisa memperoleh pekerjaan sampingan. Selain itu, Anda juga dapat membuka bisnis di masa depan dengan ilmu tersebut.

Ketika sudah pensiun, Anda bisa menerapkan ilmu-ilmu yang dimiliki agar otak Anda senantiasa terlatih dan Anda pun bisa menjadi lebih produktif di usia senja.

Dana masa depan

Sumber gambar : https://unsplash.com/photos/lUaaKCUANVI

  • Pentingnya Dana untuk Masa Depan

Selain hal-hal yang perlu disiapkan di masa depan, kita sudah membahas di atas bahwa dana juga penting untuk masa depan. Ada berbagai cara untuk menyiapkan dana tersebut seperti beli Obligasi Pemerintah. Namun, mengapa menyiapkan dana penting untuk masa depan?

  • Mengantisipasi Kesulitan Keuangan

Dana yang disiapkan mulai sekarang bisa digunakan ketika kondisi keuangan Anda tidak stabil. Dana tersebut juga dapat digunakan ketika Anda tiba-tiba mengalami musibah yang membutuhkan dana lebih untuk penanganannya.

  • Persiapan Ketika Tidak Bekerja

Ada beberapa faktor yang membuat seseorang memutuskan untuk tidak bekerja terlebih dahulu, seperti melanjutkan pendidikan. Dana inilah yang bisa Anda gunakan untuk hidup selama Anda menempuh pendidikan tersebut.

  • Membangun Bisnis

Bila di masa depan Anda ingin membangun suatu bisnis, tentu Anda akan memerlukan modal. Dana ini bisa Anda gunakan sebagai modal bisnis tersebut.

  • Dana Pensiun

Dana yang disiapkan mulai sekarang juga dapat membantu keuangan Anda ketika sudah tidak bekerja lagi atau pensiun. Bila Anda mempunyai dana yang cukup, maka Anda dapat menjalani masa pensiun dengan tenang.

  • Bekal untuk Keluarga

Bila Anda memiliki asuransi jiwa, maka keluarga Anda akan mendapatkan sejumlah dana untuk membantu keuangan jika Anda tak ada. Namun, tidak ada salahnya untuk menyiapkan sejumlah dana yang juga ditujukan untuk keluarga Anda bila peristiwa tersebut terjadi.

Demikian penjelasan mengenai pentingnya persiapan dana untuk masa depan. Kini pilihan bagaimana menyiapkan dana tersebut berada di tangan Anda. Namun, disarankan agar Anda memilih cara dengan resiko yang minimal demi kesehatan keuangan Anda. Cara tersebut adalah beli Obligasi Pemerintah.

Investasi Jenis Obligasi Pemerintah Bersama DBS Treasures

Obligasi Pemerintah adalah surat utang yang dikeluarkan oleh pemerintah. Selain resiko yang minimal, Obligasi ini juga dijamin oleh undang-undang. DBS Treasures siap menjadi mitra Anda untuk berinvestasi Obligasi Pemerintah.

Perbankan prioritas DBS Treasures adalah pilihan yang tepat dalam berinvestasi karena ada berbagai keuntungan yang akan Anda dapatkan seperti pilihan Obligasi yang aman karena diterbitkan oleh pemerintah. Di samping itu, Anda akan mendapatkan kupon reguler secara berkala sebagai pembayaran kepada Anda.

Beberapa jenis Obligasi dapat dijual kapanpun sebelum jatuh tempo dan memperoleh potensi keuntungan dari kenaikan harga Obligasi. Obligasi di DBS Treasures juga memberikan tingkat kupon yang kompetitif di atas rata-rata bunga Deposito berjangka.

Anda juga cukup menggunakan Aplikasi digibank by DBS untuk mengakses ragam transaksi dan produk Obligasi yang dapat diperjualbelikan. Anda juga tidak akan diminta biaya tambahan karena hanya ada spread atau selisih antara harga jual dan harga beli (bid dan offer).

Demikian berbagai keunggulan yang Anda dapatkan bila berinvestasi dengan jenis Obligasi yang tepat, Anda cukup yakin berinvestasi Obligasi Pemerintah bersama DBS Treasures. Klik di sini untuk memperoleh informasi lebih lanjut.

Salam,
Dwi Puspita

1 comment:

Yuk berkomentar :)