Mau Buat Produk Frozen Food Sendiri? Ini Tipsnya

Apa kamu ingin menggeluti bisnis frozen food? Jika iya mungkin membuat produk frozen food sendiri merupakan ide yang bagus. Dengan menggunakan pinjaman KTA kamu bisa mulai membangun merek produk frozen food sendiri.

Tips membuat frozen food

Sumber gambar :https://www.pexels.com/photo/inside-the-meat-products-production-line-7163987/


Frozen food tidak hanya berupa produk olahan daging tapi juga bisa berupa ice cream, cake, yogurt, risol mayo, dan jenis makanan lain yang bisa dibekukan. Untuk membuat produk frozen food sendiri kamu membutuhkan modal yang lumayan besar, setidaknya harus menyiapkan modal sekitar Rp100 – Rp150 juta.

Tips Membuat Merek Produk Frozen Food Sendiri

Ibu-ibu jaman sekarang lebih suka membeli produk frozen food karena dinilai lebih praktis karena tinggal digoreng atau dikukus. Berkat produk frozen food menu sarapan keluarga bisa dibuat dalam waktu singkat.

Tentu hal ini bisa dijadikan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan karena permintaan produk makanan beku terus meningkat dari hari ke hari. Lalu bagaimana cara memulai bisnis frozen food dengan membuat merek sendiri?

Sebenarnya mudah jika tahu langkah-langkahnya, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti.

1. Mempersiapkan Modal

Untuk membuat merek frozen food sendiri kamu membutuhkan modal yang lumayan besar. Setidaknya harus mempersiapkan modal sekitar Rp100 juta hingga Rp150 juta tergantung skala produksi yang dipilih.

Jika belum memiliki modal sebesar itu, mungkin kamu bisa menggunakan pinjaman KTA dari bank. KTA merupakan salah satu produk pinjaman yang bisa diajukan untuk memperoleh modal usaha tanpa memerlukan jaminan.

2. Menentukan Target Konsumen

Supaya kamu bisa menentukan target konsumen yang tepat sebaiknya lakukan riset pasar secara mendalam sebelum memulai langkah-langkah selanjutnya. Dengan melakukan riset kamu bisa mengetahui siapa target konsumen yang tepat dan produk frozen food apa yang mereka butuhkan.

Sebagai contohnya, kamu ingin menyasar konsumen dari kalangan ibu-ibu muda. Berdasarkan hasil riset mereka cenderung membutuhkan produk makanan beku untuk menu sarapan keluarga.

Itu artinya kamu perlu membuat produk frozen food yang bisa dijadikan sebagai lauk, contohnya seperti sosis, nugget, chicken katsu, dan produk sejenisnya.

3. Membuat Resep Produk yang Tepat

Setiap pengusaha frozen food pasti memiliki resep rahasia untuk menghasilkan cita rasa produk yang berbeda dari kompetitornya. Supaya cita rasa produkmu lebih enak sebaiknya buatlah racikan resep khusus.

Jika tidak memiliki pengalaman atau keahlian dalam membuat resep produk frozen food sebaiknya buatlah tim R&D. Dengan begitu, kamu dan tim bisa menciptakan citra rasa yang lebih lezat dari produk kompetitor.

4. Ciptakan Keunikan

Meskipun harus berpatok pada keinginan pasar kamu tetap harus membuat sesuatu keunikan tersendiri agar bisa dijadikan sebagai pembeda. Seorang pengusaha harus bisa menghadirkan unique selling point (USP) pada produk yang dia tawarkan.

5. Gunakan Sistem Pengemasan yang Aman

Produk frozen food tidak bisa dikemas secara sembarangan terutama yang terbuat dari olahan daging contohnya seperti sosis, nugget, bakso, dan sejenisnya. Sistem pengemasan yang paling umum digunakan pada produk frozen food adalah kemasan vacuum.

Sistem pengemasan tersebut dinilai lebih efektif untuk mencegah pertumbuhan bakteri, sehingga produk bisa bertahan lebih lama dan tidak cepat basi. Selain memperhatikan sistem pengemasan jangan lupa memilih desain kemasan yang unik untuk menarik konsumen.

6. Melakukan Pengadaan Peralatan Produksi

Sosis frozen food

Sumber gambar : https://www.pexels.com/id-id/foto/makanan-sosis-lezat-fotografi-makanan-12488360/

Selain membeli bahan baku pilihan kamu juga perlu menyiapkan alat-alat produksi, contohnya seperti:
  • Mesin pembeku
  • Alat untuk memvakum kemasan
  • Mesin press kemasan
  • Alat atau mesin pencampur adonan produk
  • Penggiling daging
  • Dan lain sebagainya

Dengan pinjaman KTA mesin dan alat-alat produksi canggih tersebut bisa dibeli dengan mudah tanpa perlu mencari investor terlebih dulu.

7. Mengurus Perizinan

Untuk membuat merek produk frozen food sendiri diperlukan badan hukum yang terdaftar di instansi terkait. Badan hukum tersebut juga berguna untuk mengurus izin edar makanan. Setiap produk makanan yang dipasarkan di Indonesia harus lolos uji laboratorium BPOM.

Jenis-jenis Produk Frozen Food Paling Laris di Pasaran

Di pasaran banyak beredar produk makanan beku yang cukup laris namun belum tentu sehat dikonsumsi. Hal ini bisa kamu jadikan celah untuk membuat produk frozen food yang lebih unggul dari kompetitor.

Berikut ini jenis makanan beku paling laris di pasaran yang bisa kamu kreasikan menjadi produk makanan sehat:
  • Sosis
  • Nugget
  • Aneka bakso (sapi, ikan, udang)
  • Fish cake
  • Tempura
  • Chicken katsu
  • Siomay

Jenis makanan beku tersebut bisa kamu variasikan menjadi produk baru yang lebih sehat. Contohnya dengan membuat nugget vegetarian, siomay sayur, bakso jamur, dan inovasi lainnya.

Buat Merek Produk Frozen Foodmu Sendiri dengan Pinjaman KTA

digibank KTA menawarkan pinjaman online bunga rendah dengan limit mencapai Rp200 juta, cukup besarkan? Kamu bisa mengajukan pinjaman modal di sana untuk membuat produk frozen food sendiri.

Mau tahu apa saja keuntungan menggunakan digibank KTA? Berikut ini beberapa keunggulan yang ditawarkan:

  • Ajukan KTA kapan saja dan dimana saja secara online lewat Aplikasi digibank by DBS atau website go.dbs.com/kta ( online 24 jam)
  • Cukup menunggu selama 60 detik untuk mendapat notifikasi persetujuan.
  • Jika pengajuan disetujui, dana pinjaman pasti langsung dikirim ke rekening digibank-mu hingga Rp200 juta
  • Pilih sendiri jumlah pinjaman yang kamu inginkan
  • Pilihlah angsuran hingga 36 bulan
  • Proses pengajuan dan pencairan pinjaman tidak membutuhkan dokumen fisik
  • Persyaratannya cukup mudah, di antaranya harus berdomisili di area cakupan digibank KTA yaitu Jabodetabek, Bandung, Surabaya, atau Semarang. Kamu juga harus berpenghasilan minimal 5 juta, mempunyai NPWP dan e-KTP untuk melakukan pengajuan.

DBS Indonesia berkomitmen menghadirkan digibank sebagai digital banking terbaik. Salah satu produk digibank by DBS adalah digibank KTA. Keunggulan pinjaman ini sangat menarik bukan? Jika berminat mengajukan pinjaman, kamu bisa melihat langkah-langkah pengajuannya di sini:


Yuk segera ajukan pinjaman KTA di digibank by DBS dan dapatkan pinjaman modal usaha hingga senilai Rp200 juta. Kapan lagi bisa mendapatkan pinjaman modal sebesar itu dengan persyaratan mudah dan bisa dilakukan secara online. Tunggu apalagi jangan sia-siakan kesempatan ini untuk membuat merek produk frozen food sendiri.

Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a Comment

Yuk berkomentar :)