Lakukan Investasi Obligasi untuk Persiapan Persalinan Buah Hati

Bagi pasangan yang sedang menanti kelahiran buah hati, orang tua bukan hanya perlu menyiapkan mental saja. Tetapi memikirkan biaya persalinan sangat penting dilakukan. Caranya bisa bervariasi dan salah satunya lewat investasi obligasi. Investasi dalam bentuk instrumen surat utang ini dianggap tepat untuk dijadikan pilihan jika Anda ingin mengumpulkan dana persalinan yang memadai.

Investasi obligasi
Sumber gambar : https://www.pexels.com/id-id/foto/tampilan-jarak-dekat-dari-tangan-yang-memegang-kaki-bayi-325690/

Strategi Mempersiapkan Dana Persalinan Buah Hati

Sepertinya semua orang setuju kalau biaya persalinan di zaman sekarang ini tidak bisa dibilang murah. Jadi memang penting sekali untuk mempersiapkannya sedini mungkin jika tidak ingin kebingungan saat waktu persalinan tiba. Berikut ada beberapa strategi dalam menyusun dana persalinan yang bisa Anda terapkan:

1. Buat Rencana Persalinan secara Rinci

Pertama-tama, Anda perlu membuat rencana persalinan terlebih dahulu. Susunlah rencana persalinan secara rinci. Anda bisa mengetahui perkiraan waktu persalinan dari HPL atau Hari Perkiraan Lahir. Kemudian Anda juga dapat mulai menentukan dimana lokasi persalinan yang diinginkan.

Semua rencana ini akan berpengaruh pada besar biaya yang harus dipersiapkan. Jika tidak ada rencana yang jelas, maka sulit juga bagi Anda untuk mengetahui perkiraan biaya dan mempersiapkannya.

2. Lakukan Survei Biaya Persalinan

Selanjutnya cobalah untuk melakukan survei terlebih dahulu. Cari tahu berapa biaya persalinan di beberapa rumah sakit atau klinik bersalin. Ini dilakukan agar Anda bisa mengetahui berapa sebenarnya uang yang harus dipersiapkan agar bisa melewati persalinan yang nyaman.

Survei biaya ini bisa dilakukan di beberapa tempat yang memang sebelumnya sudah masuk ke list lokasi pilihan bersalin. Jangan lupa, pastikan tempat-tempatnya mudah dijangkau dan dekat lokasi domisili. Selain bisa lebih praktis dan lebih cepat sampai ke tempat melahirkan juga biaya transportasinya lebih terjangkau.

3. Siapkan Dana untuk Keperluan Si Buah Hati

Terkadang terlalu fokus dengan biaya persalinan, keperluan sang buah hati pun luput dari pengamatan. Padahal pada dasarnya urusan baju, pampers dan popok adalah tiga hal yang cukup penting yang harus dipersiapkan oleh kedua orang tua. Baik saat bayi lahir maupun setelahnya yang pastinya keperluan sang buah hati akan menjadi pengeluaran rutin.

Selain tiga hal tersebut, orang tua juga perlu memikirkan bagaimana cara perawatan anak. Apakah nanti dirawat sendiri, dititipkan orang tua, atau mungkin dengan menyewa jasa pengasuh. Tentunya setiap pilihan punya anggaran yang berbeda-beda, bukan?

4. Mulai Menabung Berinvestasi

Jika ingin persiapan biaya persalinan lebih matang maka sangat disarankan untuk mulai menabung dan berinvestasi. Ini bisa Anda lakukan setelah mulai dinyatakan hamil atau bahkan jauh sebelum itu. Tujuannya agar Anda bisa punya waktu lebih leluasa untuk menabung dan berinvestasi.

Jika ingin berinvestasi, pilihlah instrumen yang tepat. Investasi obligasi atau surat utang bisa jadi pilihan yang tepat karena memberi profit yang cukup menjanjikan. Lebih dari itu instrumen ini juga bisa menawarkan penghasilan yang sifatnya tetap karena ada sistem bonus di dalamnya. Apalagi untuk jenis obligasi atau surat utang pemerintah yang memiliki jaminan lebih aman.

Tips Optimalkan Obligasi untuk Biaya Persalinan Buah Hati

Investasi obligasi
Sumber gambar : https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-yang-memegang-tangan-bayi-2721581/

Apakah obligasi ini bisa jadi pilihan instrumen investasi yang tepat untuk mempersiapkan biaya persalinan? Sebenarnya semua jenis instrumen investasi memang punya peluang yang berbeda-beda. Namun tidak ada salahnya untuk memakai investasi obligasi sebagai aset untuk mempersiapkan biaya persalinan karena peluang profitnya cukup menjanjikan.

Supaya hasil investasi obligasi ini bisa lebih optimal, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan. Pertama-tama, Anda harus paham dulu mengenai konsep obligasi. Pahami cara investasi obligasi yang benar dan platform investasi apa yang paling pas untuk digunakan. Jangan lupa, pastikan untuk selalu melakukan analisis mendalam sebelum melakukan langkah investasi apapun di instrumen ini.

Obligasi punya 2 sumber profit yang bisa Anda optimalkan. Pertama adalah profit dari kupon atau bunga yang diberikan oleh pihak penerbit secara berkala dalam periode waktu tertentu. Kemudian ada profit dari capital gain atau selisih antara harga jual dan beli sebuah instrumen surat utang. Cari tahu baik-baik mana peluang profit yang nominalnya paling besar dan menguntungkan.

Jangan lupa, Anda juga perlu memperhatikan suku bunga karena ini berpengaruh pada harga obligasi. Pahami prinsip hubungan antara suku bunga dan harga obligasi yang selalu berbanding terbalik. Jadi saat suku bunga tinggi maka harga obligasi akan rendah dan begitu juga sebaliknya.

Manfaatkan Investasi Obligasi untuk Persiapkan Persalinan Sang Buah Hati

Kini Anda bisa melakukan investasi dengan mudah lewat Aplikasi digibank by DBS. Investasi obligasi melalui platform ini benar-benar terasa menguntungkan dan jadi jauh lebih praktis. Berikut adalah beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh digibank by DBS sebagai platform investasi dalam instrumen surat utang atau obligasi:

  1. Investasi di digibank by DBS menawarkan transaksi terjangkau mulai dari Rp1 Juta dan USD minimal $1000
  2. Ada banyak produk surat utang yang ditawarkan di Pasar Perdana dan Sekunder
  3. Praktis dengan 1 Aplikasi untuk semua transaksi

Apapun pilihan Anda dalam menghadapi persiapan lahiran nantinya, rencanakanlah semuanya dengan baik untuk kesejahteraan anak. Investasi obligasi memang solusi yang tepat sebagai dana persiapan persalinan. Apalagi jika cara investasi obligasi dilakukan di Aplikasi digibank by DBS yang pastinya lebih praktis dan keamanan pun terjamin. Anda bisa menikmati beragam kemudahan dan keuntungan dalam berinvestasi. Pastikan untuk tetap melakukan analisis yang matang agar semua langkah investasi yang diambil bisa menghasilkan keuntungan. Nah, untuk info lebih lengkap terkait keunggulan investasi obligasi, Anda bisa cek di link berikut http://www.dbs.id/digibank/id/id/investasi/produk-investasi/sbn.

Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a Comment

Yuk berkomentar :)